fbpx

Nokia T20 Rilis di Indonesia, Tablet Android Rp 3 Jutaan

Lama tak menampakkan wujud, sang legend kini kembali menyuarakan perangkat baru yang akan di rilis di Indonesia. Telah lama tak berkecimpung di dunia maya dengan kabar perangkatnya, kini Nokia mendadak muncul dengan kabar terbaik. Namun agaknya Indonesia memang bukan satu-satunya yang menuai kabar tersebut. Sebelumnya Nokia juga sudah siapkan di pasar Eropa pada oktober lalu. Lantas apa sih yang tengah disiapkan perusahaan asal Finlandia tersebut?

Ya, Nokia T20 adalah seri mutakirnya yang akan dirilis di Tanah Air. Ini merupakan tablet keren yang di produksi HMD Global selaku pemilik lisensi merek tersebut. T20 merupakan perangkat tablet kedua merek Nokia setelah sekian tahun vacum di pasar mobile. Kira-kira sudah lebih dari tujuh tahun perusahaan ini diam. Terakhir, mereka merilis perangkatnya bernama Nokia N1 pada 2014 lalu. Nokia di akuisisi oleh HMD Global baru pada 2016 lalu, sehingga tablet Nokia T20 menjadi perangkat pertama keluaran HMD Global tersebut setelah sebelumnya merilis smartphone.

Berbagai bocoran spek T20 juga mulai tampak mulai dari desain sampai hardware. Nokia T20 hadir dan mengusung panel IPS LCD diagonal 10,4 inci dengan resolusi 1.200 x 2.000 piksel serta rasio layar 5:3. Keberadaan layar tersebut juga di dukung dengan fitur playnack video hingga resolusi 2K dan mempunyai tingkat kecerahan hingga 400 nits. Sementara pada bagian bingkai atas terdapat kamera beresolusi 5 megapiksel untuk kegiatan swafoto. Lanjut di bagian belakang bodi tablet, T20 dibekali dengan satu kamera lagi dengan resolus 8 MP ditemani dengan modul LED flash guna membantu kegiatan foto pada kondisi minim cahaya.

Sedangkan bicara soal performa, Nokia T20 ditenagai chipset Unisoc T610 kecepatan 1.8 GHz. Sebagai otak smartphone, chipset tersebut dipadukan lagi dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Bahkan kapasitas tersebut masih bisa di perluas lagi hingga 512 GB dengan kartu microSD. Seolah tak ingin ketinggalan, tablet ini mempunyai kapasitas baterai cukup besar yaitu 8.200 mAh dengan dukungan fitur pengisian daya cepat 15 watt. Sayangnya untuk aspek konektivitasnya, tablet Nokia yang masuk Indonesia ini hanya mendukung jaringan internet melalui WiFi, bahkan tak menyertakan dukungan kartu SIM.

BACA JUGA  Update Android 13 Bisa Matikan Kartu SIM

Beberapa fitur yang dibawa kedalamnya meliputi biometrik face unlock, Google Kids Space untuk mode khusus anak-anak sampai dengan sertifikat tahan debu dan tahan percikan air yakni IP52. Dukungan output suara teknologi Ozo Audio, dual Stereo Speaker, dual microphone dan USB type C serta Audio Jack 3,5 mm. Untuk sofrwarenya, Nokia T20 berjalan dengan sistem operasi Android 11 yang dijamin bakal tuai tiga pembaruan keamanan dari Google dan dua tahun pembaruan dari Android. Artinya merek Nokia hadir tidak sekedar abal-abal guna memenuhi kebutuhan pengguna masa kini.

Soal warna dan harga, tablet tersebut hadir dengan satu varian saja yakni Ocean Blue yang sudah bisa di pesan melalui program Pre-Order di salah satu mitra e-commerce HMD Global Tanah Air pada periode 12-24 desember 2021. Jadi masih ada waktu buat kamu yang ingin mengikuti program Pre-Order tersebut. Satu unit tablet tersebut dilepas dengan harga Rp. 3,3 juta. Sebaiknya kamu mengikuti pembelian sistem pre-order, karena akan ada beragam hadiah gratis seperti Power Earbuds, program berlangganan paket premium Vision Plus, satu pohon yang bakal ditanamkan HMD Global atas nama pembeli dan disertai garansi perangkat untuk dua tahun kedepan.