Samsung Galaxy M52 5G Hadir dengan Body Ringan Tetap Bertenaga

Sudah satu bulan lamanya, terhitung sejak pada 22 Oktober 2021, Samsung resmi membawa ponsel seri M barunya masuk Indonesia, sebut saja Galaxy M52 5G. Perangkat ini merupakan  ponsel kelas menengah yang dibanderol dengan harga tidak murah yakni Rp 5,4 juta. Mengutip dari Kompas Tekno yang berkesempatan mencoba perangkat tersebut pada Senin (29/11/2021).

Dalam masa uji coba, dilakukan penggunaan perangkat selama dua minggu pertama sebagai smartphone kedua. Artinya perangkat kedua hanya digunakan seperlunya saja. Kemudian di minggu berikutnya Samsung Galaxy M52 5G sebagai perangkat utama. Salah satunya dimanfaatkan sebagai kegiatan bersosial media sehari-hari. Disinilah gambaran perbandingan performa Samsung Galaxy M52 5G di peroleh baik sebagai perangkat pertama maupun perangkat kedua.

Secara kemasan memang cukup simple, kotak di dominasi dengan warna putih, serta penambahan gambar perangkat bagian depan. Kala itu adalah varian RAM 8 GB yang tengah dilakukan uji coba dengan penyimpanan internal (ROM) 128 GB. Meskipun harganya Rp. 5 jutaan, tetapi aksesoris pelengkap yang menyertainya bisa di bilang cukup minimalis. Dalam kemasan box terdapat charger 15 watt, ejector tool, booklet panduan, SIM card, kabel USB A ke USB C.

Smartphone ini sendiri juga sudah mendukung fitur fast charging hingga 25 watt. Jadi pengguna bisa mengisi kapasitas daya dengan lebih cepat dan efisien. Sayangnya tak ditemukan softcase dan earphone dalam kotak kemasan. Selain itu Galaxy M52 5G juga tak mempunyai lubang jack audio 3,5 mm. Berikut kelebihan lain pada perangkat Samsung.

Tetap Ringan dengan Bodi Besar

Ukurannya yang cukup besar dengan layar 6,7 inci bisa dibilang cukup besar, apalagi dengan dimensi fisik 164,2 x 76,4 x 7,4 mm. Kendati demikian, ponsel Samsung terasa ringan, bobotnya hanya sekitar 173 gram saja. Bahkan bobot tersebut lebih ringan ketimbang ponsel sekelas lainnya. Salah satu perbandingannya, Galaxy A52s 5G yang mempunyai spesifikasi serupa, memiliki berat yakni 189 gram. Padahal, dimensi fisik dan ukuran layar dari Samsung Galaxy M52 5G lebih besar dibandingkan dengan Galaxy A52s 5G. Bobot inilah yang membuat M52 5G nyaman saat di genggam dan muat pada saku.

BACA JUGA  Pengguna MacBook Harus Hati-Hati, Update MacOS Bisa Bikin Laptop Mati Total

Ponsel ini sangat aman dan nyaman digunakan beraktivitas karena tidak merasa terganggu karena muat dalam saku celana. Seperti kalanya saat mengendarai motor, duduk sambil bekerja atau bahkan dibawa saat jogging sekalipun. Hanya saja dibagian belakang cukup licin, sehingga pengguna harus benar-benar berhati-hati atau bisa menggunakan softcare untuk menghindari jika ponsel jatuh.

LCD Super AMOLED 120 Hz

Samsung Galaxy M52 5G dibekali layar berteknologi Super AMOLED berdiagonal 6,7 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan resolusi Full HD Plus. Lalu pada bagian atas terdapat punch hole (poni) yang memuat kamera depan 32 MP. Mewahnya, layar Galaxy M52 5G dapat menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan serta kontras warna yang cukup menawan. Ketika digunakan dibawah sinar matahari, aplikasi atau fitur di dalam masih terlihat jelas.

Layar tersebut sudah mendapat dukungan refresh rate 120 Hz, sehingga gerakan animasi saat menggeser layar, pindah aplikasi, ataupun tampilan animasi terlihat sangat mulus saat digunakan. Pada permukaan layar sudah dilapisi dengan antigores corning gorilla glass yang menjamin perangkat tetap baik-baik saja saat terbentur atau tergores.

Saat diperhatikan, layar Galaxy M52 5G menyisakan bingkai hitam yang ada di sekeliling layar. Meski usungan layarnya tak terlalu tebal serta tak mengganggu penggunaan.

Baterai yang Bersahabat

Satu nilai tambahan bagi smartphone Samsung jaringan 5G ini, bahwa kapasitas baterai yang diberikan pada perangkat tersebut adalah 5.000 mAh. Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk pemakaian sebagai perangkat kedua, daya tahan baterai Samsung Galaxy M52 5G bisa tahan sampai tiga hari hanya dalam sekali pengisian daya. Namun jelas berbeda cerita apabila pengguna menggunakan untuk bermain game dalam durasi cukup lama.

Lain cerita jika smartphone ini digunakan sebagai perangkat utama, karena jelas penggunaan akan lebih intensif yang lebih banyak menguras daya. Kapasitas daya akan sangat awet untuk penggunaan kegiatan seperti browsing dan bermedia sosial. Namun untuk kegiatan gaming seperti halnya PUBG New State dengan grafis standar, kapasitas baterai akan cepat terkuras, berkurang sebanyak 8 persen untuk satu permainan selama 20 menit lamanya.

BACA JUGA  Daftar Harga Hp Terbaru 2021 Dengan Jaringan 5G di Indonesia

Belum lagi jika pengguna mengubah setelan grafis menjadi “High” sudah pasti menguras daya baterai lebih cepat. Namun perlu diketahui juga bahwa tingkat kecerahan layar tinggi, sinyal yang susah juga bisa menguras baterai. Dibutuhkan waktu 1 jam 40 menit untuk mengisi baterai dengan menggunakan charger bawaan yang memiliki keluaran daya 5W. Sedangkan saat menggunakan charger 25W, waktu pengisian baterai dari nol hingga full dapat dipangkas lagi hanya 1 jam 15 menit.

Kamera Andalan

Sektor foto memang menjadi teka-teki pengguna sebelum bisa membuktikan. Seperti halnya Samsung Galaxy M52 5G bisa dibilang mempunyai kamera yang bisa di andalkan. Hadir dengan tiga buah kamera yang ditampung dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang, terdiri dari kamera utama dengan 64 MP (f/1.8, 26 mm) PDAF, kamera ultra wide dengan 12 MP (f/2.2, 123 derajat), dan satu lagi kamera macro dengan 5 MP (f/2.4). Pada kesempatan ini Samsung memang tidak terfokus pada kinerja fotografi. Namun, siapa sangka bahwa kamera smartphone tersebut sangat memuaskan untuk menjepret objek dalam kondisi pencahayaan baik outdoor maupun indoor.

Performa Mumpuni dari Gaming Sampai Video Editing

Smartphone Samsung dipacu chipset Snapdragon 778 5G dengan arsitektur 6nm. Chipset tersebut dikombinasikan dengan keberadaam RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Chipset tersebut digadang mampu memberikan kinerja epic. Saat dilakukan percobaan yakni membuka beberapa media sosial, bisa dibilang Galaxy M52 5G menjalankan tugas dengan sangat cepat, bahkan hampir tak ditemukan kendala. Saat membuka aplikasi seperti YouTube, TikTok, Facebook, dan Instagram semuanya tetap berjalan mulus.

Hal yang sama juga terjadi pada saat melakukan editing video. Samsung Galaxy M52 5G mampu melibas semua pekerjaan dengan sangat mudah. Adapun beberapa aplikasi yang digunakan yakni Picsart, InShot, Adobe Lightroom, KineMaster dan masih banyak lagi.