Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 Rilis dengan Kamera 48MP dan Baterai 5.000mAh, Harganya?

Vendor Korea Selatan, Samsung pekan lalu merilis Galaxy A03 Core secara diam-diam. Dalam waktu yang tak berselang lama perusahaan itu juga mengumumkan Samsung Galaxy A03, tak lain penerus Galaxy A02 yang dirilis bulan Januari lalu. Artinya lengkap sudah Galaxy A03 Series mereka setelah A03s dan A03 Core telah lebih dulu mejeng.

Secara spek, Samsung Galaxy A03 mempunyai bodi berdimensi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Oleh karenanya ponsel ini masuk dalam kategori entry-level dengan harga murah. Layar membentuk persegi seluas 6,5 inci disuguhkan dengan resolusi HD Plus. Infinity-V display menjadi salah satu kualitas A03 yang tampak dari depan, dimana lubang kamera serupa huruf “V” yang nantinya digunakan sebagai wadah kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

Dibagian punggung smartphone, ada dua buah kamera yang terdiri dari 48 MP (kamera utama), dan 2 MP (depth sensor). Menariknya ada peningkatan yang diberikan pada seri kali ini dibandingkan pendahulunya. Jika Samsung Galaxy A02 dibekali dengan kamera utama 13 MP dan kamera makro dengan 2 MP, maka Galaxy A03 seperti yang sudah disebutkan. Tentu saja ini menjadi hal baik untuk pecinta Samsung semua, terkhusus mereka yang mengincar harga murah. Seperti yang diketahui bahwa Samsung merupakan brand berjaya yang menghadirkan perangkat berkualitas dengan banyaknya harga yang bisa di bilang tidak murah.

Dari segi hardware, sebagai ponsel entry-level A03 bertenaga dengan prosesor octa-core (2×1,6 GHz + 6×1,6 GHz) yang tidak disebutkan namanya. Disini terdapat tiga opsi konfigurasi memori yang tersedia, yakni kombinasi RAM dan ROM mulai dari yang rendah 3 GB/ 32 GB, 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB. Sayangnya informasi yang beredar tak menyebut akan sistem operasi yang dijalankan. Padahal publik tentu ingin mengetahui OS apa yang digunakan, sebagai penentu fitur-fitur terbaru.

Salah satu yang paling ditunggu berdasarkan dari kabar yang beredar, Samsung Galaxy A03 dibekali dengan kapasitas baterai besar yakni 5.000 mAh. Sekelas ponsel entry-level tentu itu suatu kelebihan besar. Belum lagi ponsel ini telah di lengkapi dengan dolby atmos sebagai sektor audio. Ada tiga pilihan warna cantiknya yaitu hitam, biru, dan merah, sebagaimana mengutip dari Kompas Tekno, Minggu (28/11/2021).

BACA JUGA  Kelebihan dan Kelemahan Oppo Reno 5 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Untuk sementara pihak Samsung belum membocorkan berapa harga Galaxy A03 sekalipun sebagai ponsel entry-level. Apabila melihat segmentasi pasarannya entry level maka kemungkinan besar harganya murah. Sepertinya Galaxy A03 tak butuh waktu lama lenggang di Indonesia, pasalnya kode nomornya sudah banyak bermunculan di media dari laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Disebutkan sertifikat itu bernomor 11061/SJ-IND.8/TKDN/11/2021 dan terbit pada Jumat, 26 November 2021. Di ketahui sebagai Samsung Galaxy A03 lantaran muncul pada kolom merk dan tipe, tertulis Samsung SM-A035F. Bahkan kode yang sama juga diketahui telah bereda di situs sertifikasi Bluetooth SIG pada laman smart price.

Adapun nilai TKDN yang dikantongi di Indonesia, disebut SM-A035F yakni 37,30 persen. Untuk itu mari kita tunggu kabar berikutnya.