fbpx

Satu Fitur Spesial Untuk OPPO A95 di Indonesia yang Beda dari Tetangga

Masih dengan seputar A95 perangkat terbaru Oppo yang ramai di perbincangkan. Oppo memang secara resmi telah meluncurkan seri tersebut di pasar Indonesia pada Kamis (18/11/2021). Namun Indonesia bukan yang pertama menadah produk rilisan baru tersebut karena Malaysia sudah lebih dulu.

Spesifikasi Oppo A95 secara umum yang dipasarkan di Malaysia maupun Tanah Air terbilang sama. Hanya saja terdapat satu fitur istimewa yang ditambahkan pada Oppo A95 dan dijual di dalam negeri, yaitu Near Field Communication atau NFC. Hal itu di ungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia yakni Aryo Meidianto. Adanya penambahan fitur NFC pada smartphone barunya itu telah disesuaikan dengan permintaan pasar di dalam negeri. Selain itu Aryo juga menjelaskan bahwa masing-masing smartphone Oppo merupakan kewenangan dari tiap-tiap wilayah atau negara untuk mengubah serta menambahkan fitur-fitur baru ke ponsel yang ingin dipasarkan.

Jadi, Oppo Indonesia sendiri lebih memilih untuk menambahkan NFC pada Oppo A95, berbeda dengan Oppo A95 yang meluncur di Malaysia.

“Kenapa harus diubah? Karena itu harus disesuaikan dengan tuntutan dari konsumen di sini (Indonesia) atau target market konsumen di sini ,” ujar Aryo mengutip dari Kompas Tekno Sabtu (20/11/2021)

Dibenarkan olehnya jika target market Oppo A95 di pasar Indonesia menuntut keberadaan Near Field Communication.

“Ribut-ribut permintaan netizen itu juga kadang-kadang menjadi perhatian (Oppo). Mereka minta NFC dan lain-lainya, makanya Oppo A95 dilengkapi dengan NFC,” pungkas Aryo.

Tren Cashless

Sebagai informasi, NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat. Menurut Aryo salah satu hal yang menjadi pertimbangan penambahan fitur NFC ke dalam A95 versi Indonesia tak luput dari tren pembayaran cashless atau (non-tunai) yang semakin menanjak.

“Di Indonesia tren pembayaran cashless juga sudah sedikit merata. Mungkin itu yang dilihat oleh pusat juga, sehingga akhirnya menambahkan fitur NFC di produk ini,” imbuhnya.

Fitur NFC sendiri memang telah banyak dimanfaatkan guna keperluan pembayaran cashless. Lebihnya lagi untuk yang paling sering fitur tersebut digunakan dalam mempermudah pengisian saldo (Top Up) kartu uang elektronik. Artinya berkat keberadaan NFC, pengguna tak perlu repot lagi berhenti di ATM atau mini market hanya untuk isi ulang kartu uang elektronik. Selain itu pengguna juga pastinya akan lebih hemat ketika dalam perjalanan.

BACA JUGA  Desain Kamera Xiaomi 12 Ultra Keren Abis!