Cara Mengatasi HP yang Terkena Air

Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air

Bicara persoalan HP memang tak ada habisnya, tentu ada saja kasus yang timbul mulai dari ngelag, mati dengan sendirinya sampai dengan masalah baterai. Nah, kali ini bicara tentang hp yang terkena air. Tentunya kamu bingung jika ponsel kesayangan rusak begitu saja saat terkena air. Padahal teknologi masa kini handphone sudah mengantongi IP68. Belum tentu! Ya, karena tidak semua ponsel mengusung sertifikat tahan air.

Pasalnya bukan menjurus pada perangkat pintar smartphone saja, melainkan hp jadul yang terkena air sudah pasti lebih sering tidak bisa digunakan lagi. Lalu apa solusinya?

Resah dengan smartphone atau ponsel yang terkena air, meski tidak sepenuhnya dapat diperbaiki setidaknya ada solusi yang bisa dicoba terlebih dahulu. Berikut cara memperbaiki HP yag terkena air bisa kamu simak:

  1. Angkat HP dari Dalam Air

Tidak semua orang menyadari saat kecelakaan ponsel masuk dalam air itu terjadi. Mengangkat ponsel dari dalam air tidak segampang yang dibayangkan jika ternyata ponsel sudah beberapa saat lebih dulu tenggelam tanpa diketahui. Namun apabila kamu menyadari jika ponselmu masuk kedalam air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan sigap mengangkat hpmu ke atas. Urusan bisa digunakan lagi atau tidak itu persoalan belakang. Dengan langsung mengangkat hp, maka belum terlalu lama juga air masuk pada celah-celah lubang jack earphone atau charger.

  1. Hindari Langsung Menyalakan HP

Ini yang harus diwaspadai, yaitu jangan langsung menyalakan hp saat terkena air. Saat perangatmu terkena air seperti tenggelam pada kedalaman maka sudah sangat pasti ponsel kemasukan air. Nah, disinilah kesalahan seseorang langsung menyalakan hp nya guna mengetahui apakah ponselnya masih bisa dinyalakan atau tidak. Padahal hal itu bisa saja malah merusak karena menimbulkan korsleting yang akan membuat hp rusak lebih jauh.

  1. Kibaskan HP

Bukan mengibaskan seperti halnya barang tidak penting, tetapi dengan mengibaskan hp fungsinya untuk mengeluarkan air yang kemungkinan belum masuk lebih dalam.

  1. Lepaskan Apapun yang Ada di Dalam

Kamu sebaiknya segera mengeluarkan baterai, SIM card atau jika ada memory card sekalian. Ini merupkan langkah paling penting berikutnya sebelum terlanjur jauh dan mengalami kerusakan lebih parah. Untuk HP biasa kamu sangat penting mengambil baterai dan kartu sim, tetapi jika pada HP mu terdapat memory maka besar kemungkinan tidak bisa digunakan jika tidak segera di ambil dari dalam hp.

  1. Gunakan Penyerap Kelembapan

Cara mengatasi HP yang terkena air selanjutnya adalah dengan menggunakan penyerap kelembapan. Disini kamu bisa memakai Silika Gel yang dipercaya untuk mencegah kondensasi atau pengembunan pada elektronik. Caranya adalah dengan menguburkan bagian-bagian ponsel yang telah dilepas pada tumpukan silika gel, kemudian diamkan untuk beberapa hari guna memastikan air sudah terserap semuanya.

BACA JUGA  Aplikasi OneDrive Kini Bisa Untuk Edit Foto

So, tidak perlu panik saat HP terkena air karena beberapa solusi di atas bisa kamu lakukan. Itulah beberapa cara memperbaiki hp yang terkena air.