Cara Mengatasi baterai ponsel cepat habis

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Baterai menjadi masalah yang dominan untuk semua pengguna HP, baik itu ponsel genggam jadul atau smartphone. Meskipun sudah menjaga dan memelihara cukup baik, tetapi masalah ini seperti kasus yang umum dan muncul dengan tiba-tiba. Kerusakan sebuah baterai HP tidak melulu soal eror atau tidak bisa digunakan lagi, melainkan cepat habisnya juga menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Lalu bagaimana cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis tersebut?

Baterai HP mu cepat habis, jangan terburu-buru untuk membeli ponsel baru, baterai baru atau membawanya ke service. Cari solusi terlebih dahulu, karena ada beberapa cara untuk mengatasi baterai hp yang cepat habis sebagai berikut:

Ganti Charger

Permasalahan pertama mungkin terjadi lantaran adaptor charger terlalu kecil, atau memang sudah cukup lama sehingga memerlukan charger yang baru. Nah, dibandingkan jika kamu harus membeli baterai atau ponsel baru sebaiknya coba pakaikan dengan charger jenis lain. Jika hasilnya berbeda, maka kamu harus mengganti charger.

Jangan Instal Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang kamu instal sangat berpengaruh sekali terhadap awetnya baterai. Jika kamu terlalu banyak menginstal aplikasi, maka kemungkinan yang terjadi yakni baterai hp akan cepat habis. Hapus saja beberapa aplikasi yang memang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Atur Kecerahan Layar

Jangan abaikan hal ini, mengatur kecerahan layar sanbgat efektif menghemat baterai. Semakin cerah tampilan yang kamu gunakan akan lebih cepat memakan baterai. Sebaiknya gunakan senyaman mata saja karena terlalu cerah juga tidak bagus untuk mata.

Hindari Wilayah Susah Sinyal

Karena semakin susah sinyal akan membuat baterai mengeluarkan energi keras demi mendapatkan koneksi. Ini sebaiknya juga dihindari, karena sinyal buruk berpengaruh cukup signifikan pada daya HP.

Mode Hemat Baterai

Mungkin ada yang lupa kamu lakukan yakni mengaktifkan mode hemat baterai. Jangan sampai kamu sebagai pengguna melupakan hal ini. Seperti namanya, kemampuan mode ini adalah untuk meminimalisir penggunaan daya supaya tidak cepat habis. Sayangnya, banyak yang mungkin lupa untuk mengaktifkan mode tersebut. Nah, untuk sekarang coba deh perika kembali HP mu.

BACA JUGA  Harga Oppo Reno 3 Pro 2020 Harga dan Spesifikasi

Sebelum membuang uang untuk membeli baterai atau HP baru, sebaiknya cek terlebih dahulu smartphone kamu.