Keren! Gerakan Wajah Bisa Digunakan Untuk Kendalikan Android 12

Google saat ini dirumorkan sedang menyiapkan sistem operasi generasi baru yang kemungkinan bernama Android 12. Ada banyak pembaruan yang akan dibawakan oleh Google pada OS tersebut, salah satunya adalah bahasa desain (UI) baru yang memiliki julukan ‘Material You’.

Tak hanya itu, dikabarkan nantinya Android 12 ini bakal dibekali dengan kemampuan atau fitur baru yang fokus untuk memudahkan pengguna dalam memakai perangkat smartphone. Dan salah satu fitur yang menjadi sorotan kali ini adalah memungkinkan pengguna bisa melakukan navigasi antar menu dalam ponsel hanya memakai gerakan wajah (facial gesture).

Dalam konsepnya, nanti fitur baru ini bakal bisa diakses oleh pengguna dengan dua cara. Yang pertama menggunakan aplikasi sistem terbaru didalam Android 12 yang memiliki Accesibility Suite (dari fitur Camera Witches), serta menggunakan aplikasi Project Activate.

Nantinya dalam aplikasi Accesibility Suite tersebut, para pengguna bisa memakai berbagai ekspresi wajah seperti senyum, membuka mulut, atau bahkan menggerakkan alis mata dalam menjalankan berbagai perintah umum didalam hp android.

Sementara itu pada aplikasi Project Activate, anda bisa menggunakannya untuk mengaktifkan berbagai aplikasi umum dari hp android seperti menyetel music, mengirim SMS, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sekedari fitur navigasi memakai gesture wajah, nantinya didalam Android 12 ini juga bakal tersedia fitur handwriting recognition yang disamatkan pada aplikasi Lockout.

Dalam update tersebut, nantinya aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi serta membacakan tulisan berbahasa latin dalam mode document maupun mata uang Rupee dan Euro. Yang lebih menarikya lagi, didalam Android 12 ini juga bakala membawakan sejumlah fitur eksklusif yang sebelumnya hanya tersedia didalam ponsel Pixel.

Dua fitur diantaranya adalah fitur Smart Compose yang terdapat didalam aplikasi Google Keyboard, beserta fitur Heads Up yang tersedia didalam aplikasi Digital Wellbeing. Aplikasi ini sangatlah bermanfaat dimana berguna sekali untuk mengingatkan para pengguna supaya tidak meleng ketika sedang berjalan.

Google Assistant pun juga tak ketinggalan mendapatkan update dalam Android 12 kali ini, dimana kini fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa melihat serta mengelola jadwal dengan mudah. Tersedia juga fitur baru bernama Nearby Share yang berfungsi untuk melihat dan mengontrol siapa saja yang bisa melihat ponsel anda.

BACA JUGA  Kecepatan Internet Indonesia Paling Bontot di ASEAN Loh, Segini Kecepatannya

Ingat, ini masih sekedar rumor belaka dimana masih ada kemungkinan jika Google beneran membawa fitur eksklusif di Pixel kedalam Android 12 apa tidak nantinya. Sejalan dengan itu, sampai kini pihak Google juga belum memberikan informasi apapun mengenai kapan sistem operasi terbaru mereka ini bisa dicoba oleh seluruh pengguna hp android di seluruh dunia, maka dari itu untuk detail fitur yang akan dibawah OS tersebut masih abu-abu.

Seperti yang dilaporkan oleh laman The Verge, jika konon kabarnya Google bakal meluncurkan Android 12 ini pada akhir tahun atau lebih tepatnya antara awal bulan September hingga akhir November 2021 mendatang. Namun mengenai tanggal pastinya masih belum diketahui kapan itu.

Jadi bagi anda yang penasaran dan tak sabar ingin menjajal Android 12, tunggu saja kabar terbaru dari pihak Google nantinya.