fbpx

Cara Mempercepat Hp yang Lelet Wajib Untuk Dicoba

Smartphone menjadi benda elektronik yang bisa dikatakan sangat penting peranannya saat ini, apalagi di zaman yang serba teknologi ini membuat ponsel menjadi salah satu media untuk mendukung aktifitas manusia. Nah bagi pengguna smartphone mungkin pernah mengalami yang namanya ponsel lemot dan bahkan sampai hang tidak bisa digunakan.

Tentu hal ini sangat menyebalkan karena bisa saja menganggu pekerjaan nantinya. Sebenarnya ada banyak penyebab hal tersebut bisa saja terjadi, entah karena kondisi ponsel itu sendiri atau karena kesalahan dari pengguna yang terlalu memaksakan menjalankan banyak aplikasi didalam ponsel tersebut.

Apapun itu, jika kondisi ini pasti tidak ingin dialami oleh siapa pun. Namun jika anda kebetulan mengelaminya tidak perlu khwatir, karena berikut ini ada beberapa cara mempercepat hp yang lelet untuk anda coba nantinya. Penasaran seperti apa? yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mempercepat hp yang lelet yang pertama bisa anda coba adalah dengan menghapus aplikasi yang sekiranya sudah tidak penting dari dalam smartphone. Dengan semakin banyaknya aplikasi tidak penting yang ada didalamnya, pasti akan mengurangi kapasitas penyimpanan internal dari perangkat tersebut.

Dan kondisi ini juga bisa menjadikan kinerja dari ponsel melambat karena minimnya penyimpan yang tersisa dari smartphone itu. Buka menu Setting didalam ponsel, lalu pilh menu Apps, dan cari aplikasi yang tidak penting dan tidak pernah anda gunakan sama sekali dan hapus aplikasi tersebut jika memungkinkan.

Update OS Berkala

Dalam setiap smartphone pastinya memiliki sistem operasi untuk bisa digunakan, entah itu berbasis android atau iOS. Dan pastikan jika smartphone anda tersebut sudah menggunakan sistem operasi terbaru dariyang diberikan pada perangkat tersebut oleh sang vendor, karena biasanya hal ini juga bisa meningkatkan kinerja dari perangkat tersebut.

Untuk langkah-langkah memperbarui OS ini biasanya setiap perangkat memiliki caranya masing-masing, namun pada umumnya anda bisa membuka menu Settings >> About Phone >> Software Update. Setelah klik menu Check for Updates untuk memeriksa apakah ada pembaruan sistem operasi pada perangkat anda atau belum.

Jika tersedia, maka silahkan cari jaringan Wifi untuk mengupdate-nya supaya hemat data, dan pastikan jika kondisi baterai ponsel anda minimal masih 70% supaya proses update tersebut tidak terganggu gara-gara ponsel lowbat.

Restart Ponsel Secara Berkala

Cara mempercepat hp yang lelet selanjutnya yang dianjurkan adalah, silahkan anda restart smartphone secara berkala. Terdengar sepele namun cara ini sangat efektif untuk meningkat performa ponsel anda, karena bisa jadi penyebab lelet ponsel tersebut karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background atau karena ada banyak cache yang terkumpul.

BACA JUGA  Cara Mengubah Smartphone Jadi Webcam Untuk Video Call

Dengan melakukan restart ponsel ini, maka akan menghentikan aktifitas tersebut termasuk menghapus berbagai sampah cache yang tersimpan didalam ponsel anda. Untuk melakukan hal ini, anda bisa melakukannya setiap pagi hari atau dua hari sekali.

Matikan Animasi yang Ada

Didalam smartphone memang dibekali dengan fitur animasi didalamnya, fungsinya adalah agar tampilan dari ponsel tersebut makin menarik lagi nantinya. Memang betul, namun hal ini tidak berlaku pada ponsel dengan kapasitas penyimpanan minim dan hampir penuh.

Bukannya makin keren, yang ada membuat ponsel ini menjadi lemot dan mengganggu pekerjaan dari anda nantinya. Untuk itu lebih bijaknya anda bisa mematikan tampilan animasi ini dengan menggantinya ke tampilan biasa saja supaya kinerja ponsel bisa normal kembali.

Caranya silahkan pengi ke menu Settings >> About Phone >> Device information atau Systems. Selanjutnya silahkan anda cari kolom yang menampilkan ‘Build Number’, tap kolom tersebut sapai 7 kali untuk membuka menu Developer.

Setelah berhasil, buka menu Settings >> Developer Option. Cari menu Windows Animation Scale >> Transiton Animation Scale dan juga Animation Duration Scale, silahkan anda ganti angka menjadi 0.5x atau bisa juga anda matikan dengan pilih menu Animation Off.

Bersihkan Home Screen

Seringkali para pengguna ponsel ini memang berbagai shortcut aplikasi dibagian layar depan ponsel, tujuannya adalah memudahkan mereka dalam mengakses aplikasi tersebut atau mendapatkan infromasi. Cara mempercepat hp yang lelet selanjutnya, cobalah untuk menghapus atau minimal mengurangi shortcut yang terdapat di home screen tersebut.

Selain akan menjadikan tampilan dari ponsel anda nampak bersih dan rapi, hal ini juga bisa memperlancar kinerja smartphone karen ia tidak perlu menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Selain aplikasi, hapus juga sejumlah widgets yang ‘tidak penting’ dari layar anda, dan rasakan perbedaannya nanti.

Stop Aplikasi yang Boros Baterai

Didalam smartphone pastinya ada fitur yang mampu mendeteksi aplikasi yang mengkonsumsi daya baterai cukup tinggi. Nah biasanya fitur ini bisa anda akses dibagian menu Baterai, periksa penggunaan baterai.

Disitu akan muncul presentase mengenai aplikasi mana saja yang mengkonsumsi baterai dari mulai yang paling banyak hingga yang paling rendah. Nah jika anda mendapati aplikasi yang tidak penting dan mengkonsumsi daya baterai besar, maka hentikan aplikasi tersebut atau jika perlu uninstall kalau bisa.

Karena jika dilihat dengan konsumsi daya baterainya yang besar, bisa jadi aplikasi tersebut juga membutuhkan tenaga yang besar untuk menjalankannya sehingga bisa membuat kinerja ponsel melambat.

Bersihkan Cache Secara Berkala

Cara mempercepat hp yang lelet yang bisa anda coba selanjutnya ialah dengan membersihkan cache dari dalam ponsel secara berkala. Cache ini bisa saja muncul dari setiap aplikasi yang anda gunakan atau saat anda membuka browser untuk berselancar di dunia internet.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi LG Bello 2 Maret 2022 Terbaru! Ponsel Pintar Klasik Desain Ciamik

Memang ukuran cache ini tidak terlalu besar pada umumnya, namun jika anda biarkan menumpuk maka bisa juga menjadi kendala dimana kinejar ponsel jadi melambat. Untuk membersihkan cache ini anda bisa membuka menu Settings >> Aplikasi, dan cari aplikasi yang sekiranya terlalu sering dipakai untuk membersihkan cache didalamnya.

Jika cara diatas dirasa terlalu rumit dan butuh waktu lama, anda bisa coba dengan menggunakan aplikasi Cleaning bawaan didalam ponsel seperti CC Cleaner salah satunya. Cukup dengan satu kali tap maka aplikasi ini akan mendeteksi seluruh cache pada aplikasi didalami ponsel, anda tinggal membersihkannya.

Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Terkadang sering kali para pengguna smartphone lupa mematikan fitur didalam ponsel mereka sesaat setelah digunakan. Hal ini cukup wajar karena mungkin mereka sedang terburu-buru, namun taukah anda jika hal tersebut bisa menyebabkan performa ponsel menurun alias lelet?

Nah beberapa fitur yang mungkin lupa dimatikan ini seperti Bluetooth, Wifi, GPS, NFC dan lain sebagainya. Meskipun tidak digunakan namun jika aplikasi ini menyala, maka sistem didalam ponsel pun juga melayani aplikasi tersebut sehingga bisa membuat lemot nantinya jika kebetulan deretan aplikasi tadi aktif semua.

Gunakan Aplikasi Versi ‘Lite’

Mungkin ini juga bisa jadi solusi tepat untuk anda gunakan, dimana banyak aplikasi sekarang yang memiliki versi ‘Lite’ atau lebih ramah untuk digunakan. Contohnya seperti Facebook, TikTok, Line, dan aplikasi lain yang memiliki versi tersebut.

Meskipun untuk fitur yang dimilikinya tidak se-komplit versi aslinya, paling tidak anda masih tetap bisa up to date tanpa harus membuat kinerja ponsel menurun nantinya.

Reset Smartphone

Dan cara mempercepat hp yang lelet terakhir untuk dilakukan adalah dengan me-reset smartphone,itu artinya anda akan membuat ponsel tersebut kembali lagi seperti pertama kali membelinya dulu. Dimana semua file media didalamnya maupun aplikasi tambahan itu bakalan hilang tak tersisa.

Jika anda melakukan ini, alangkah baiknya melakukan backup data terlebih dahulu agar data pribadi anda tidak ikut hilang nantinya. Cara ini cukup efektif dilakukan dan hasilnya pun bakal bisa anda rasakan nanti.

Untuk melakukannnya, anda bisa pergi ke menu Settings >> System >> Reset >> Reset All Data. Tunggu prosesnya beberapa detik, dan saat proses sudah selesai biasanya ponsel akan rebot nantinya. Setelah ponsel di reset, pastikan anda menggunakan ponsel ini secara bijak dengan tidak menginstall aplikasi kurang penting dan rajin membersihkan cache supaya kasus diatas tidak kembali terjadi.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara mempercepat hp yang lelet, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda nantinya. Selamat mencoba