Cara Memilih Hp Untuk Anak Sekolah

Hidup di zaman dengan perkembangan teknologi seperti ini memang dibutuhkan adaptasi yang lebih intens, suapaya nantinya anak-anak kita tidak ketinggalan khususnya dalam pelajaran. Pasalnya saat ini ada sejumlah yang juga menerapkan proses pembelajaran secara online sehingga para siswanya minimal memiliki smartphone agar nanti tetap bisa terhubung dengan guru.

Cara ini memang cukup efisien, terlebih dalam masa pandemic seperti ini yang memaksa semua orang untuk mengurangi mobilitas diluar rumah. Sebagai oran tua yang bijak, anda beberapa tips memilih hp untuk anak sekolah yang harus anda pahami.

Hal ini bertujuan agar nantinya anak-anak tetap bisa bersekolah dengan lancar tanpa ada kendala apapun selama proses belajar secara online tersebut. Nah berikut ini ada beberapa tips atau cara meilih hp untuk anak sekolah yang dianjurkan untuk anda, penasaran apa saja yang jadi bahan pertimbangan? Simak ulasannya dibawah ini.

Tidak Perlu Mahal

Tips memilih hp untuk anak sekolah yang pertama kali ini adalah tidak perlu yang memiliki harga mahal. Pasalnya saat ini sudah banyak sekali smartphone dengan harga yang relative ‘murah’ namun dibekali dengan spesifikasi yang lumayan menjanjikan.

Bukan berati pelit untuk mencukupi kebutuhan anak, namun saat ini menjadi orang tua harus lebih bijak dalam memberkan fasilitas untuk anak. Dengan budget sekitar Rp 1.5 jutaan, para orang tua sudah bisa membelikan smartphone untuk anak dengan spesifikasi yang lumayan tangguh untuk kebutuhan sekolah mereka.

Dibekali Layar Lebar dan Jelas

Karena tujuan membelikan hp untuk anak sekolah, maka fitur yang sangat penting dan patut untuk dijadikan bahan pertimbangan adalah pada bagian layarnya. Pasalnya layar ini menjadi bagian penting pada ponsel saat ini, sehingga anda harus benar-benar mempertimbangkannya.

Pastikan anda membelikan hp sang anak dengan ukuran layar yang luas, minimal 6 inch keatas, karena hal itu akan memudahkan mereka saat melakukan video call dengan guru atau melihat tugas yang diberikan oleh guru menjadi lebih jelas.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi OPPO Reno 5 di Indonesia

Gampang Digunakan Mengerjakan tugas

Dimasa sekarang dalam mengerjakan tugas hanya melalui buku saja, namun ada beberapa sekolah yang menggunakan sistem digital dalam memberikan tugas kepada para siswanya. Perangkat yang dgunakan biasanya bisa laptop maupun smartphone, maka dari itu ada baiknya anda membelikan hp untuk anak sekolah yang bisa menunjang kegiatan tersebut.

Sebaiknya ponsel yang anda belikan ini memiliki kemampuan untuk menginstall sejumlah aplikasi yang menunjang pembelajaran mereka. Termasuk salah satunya adalah untuk mengerjakan tugas dari tempat kursus yang mungkin kebetulan diikuti oleh anak anda, sehingga memori berukuran besar juga menjadi bahan pertimbangan nantinya.

Bisa Digunakan untuk Video Call Secara Jelas

Selain layar, memori, dan juga kapasitas baterai yang besar, kemampuan untuk video call dari ponsel tersebut juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Dalam belajar daring, biasanya para guru ini mengajak siswa untuk melakukan video conference, dan hal ini butuh kemampuan kamera depan yang mumpuni supaya gambarnya bisa jelas.

Meskipun sekedar butuh gambar yang jelas saja, namun hal ini juga cukup penting agar nantinya bisa lancar kegiatan belajar anak anda. Sebenanrnya tidak perlu yang memiliki resolusi tinggi, minimal ponsel dengan kamera depan berukuran 5 MP atau 8 MP sudah lumayan, apalagi harga ponsel dengan resolusi kamera tersebut juga masih terjangkau.

Dibekali Baterai Besar

Dalam sesi belajari daring (online), pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu agar kegiatan belajar anak anda tidak terganggu, maka tips memilih hp untuk anak sekolah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah mengenai kapasitas baterai dari ponsel tersebut.

Dengan memiliki baterai ponsel yang awet dan tahan lama, maka proses belajar anak pun tidak akan terganggug. Saat ini sudah banyak sekali smartphone dengan harga terjangkau dibekai baterai berkapasitas besar, mulai dari 4.500 mAh bahkan ada juga yang memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, maka smartphone tidak akan cepat habis baterainya dan bisa menemani proses belajar daring anak anda dengan nyaman dalam waktu yang cukup lama.

BACA JUGA  Mengatasi Tidak Dapat Login ke Apk Theme Store OPPO
Awet dan Tahan Banting

Tips memilih hp untuk anak sekolah selanjutnya adalah awet dan tahan banting. Terlebih jika anak-anak anda ini masih usia sekolah SD – SMP, dimana kemungkinan mereka menjatuhkan ponsel ini pun masih tinggi dan hal tersebut tentu sangat bahaya untuk layar ponsel tersebut.

Jika layar ponsel rusak atau pecah maka pastinya hp ini tidak akan bisa digunakan, karena saat ini mayoritas smartphone berbasis touchscreen yang mengandalkan layar sebagai media utama dalam beraktifitas. Biasanya beberapa hp tertentu menawarkan kelebihan tersebut, namun pastiya anda cari yang harganya terjangkau.

Jangan Lupa Berikan Pelindung

Saat membelikan hp baru untuk anak, jangan lupa untuk membelikan juga sejumlah aksesoris pelindung agar ponsel tersebut tetap awet nantinya. Sejumlah pelindung yang bisa anda belikan seperti tempered glass sebagai pelindung layar dan juga silicon untuk melindungi bodi layar.

Selain untuk mempercantik tampilan dari ponsel, namun adanya pelindung ini setidaknya meminimalisir kerusakan yang terjadi apabila secara tidak sengaja ponsel terjatuh ketika digunakan. Dengan adanya pelindung ini juga menjadi salah satu upaya untuk memperpanjang usia dari ponsel tersebut agar lebih awet dan tidak gampang rusak nantinya.

Yang pasti anda disarankan untuk lebih bijak dalam membelikan barang elektronik untuk, belikan sesuai kebutuhan saja jangan sesuai keinginan mereka karena saat ini yang terpenting adalah kegiatan belajarnya bisa tetap lancar tanpa kendala. Terlebih saat ini sudah banyak smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni namun dijual dengan banderol harga terjangkau dipasaran.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara memilih hp untuk anak sekolah secara tepat, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda nantinya.