Sederet Fitur Baru di iOS 15 yang Wajib Diketahui User iPhone

Pada bulan Juni 2021 lalu, perusahaan Apple telah secara resmi merilis sistem operasi terbaru mereka bernama iOS 15 di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021. Dan kini sistem operasi terbaru itupun sudah bisa digunakan oleh para pemilik ponsel iPhone yang mendukung OS tersebut.

Bagi anda yang menggunakan ponsel iPhone dan sudah upgrade ke iOS 15, ada sejumlah fitur baru didalam OS tersebut yang mungkin tidak banyak orang pahami. Nah berikut ini sejumlah fitur baru didalam iOS 15 yang wajib anda ketahui.

Kemampuan Melacak AirPods Pro dan AirPods Max yang Hilang

Fitur keren pertama didalam iOS 15 ini adalah kemampuannya dalam melacak dua aksesoris penting dari ponsel iPhone yang AirPods Pro dan AirPods Max yang kebetulan hilang. Ia bisa melacak lokasi terakhir dari perangkat tersebut dengan menggunakan koneksi Bluetooth, nantinya para pengguna bisa mencari lokasi aksesoris ini dengan bantuan suara.

Tampilan Baru Pada Notifikasi

Pihak Apple juga telah melakukan perubahan pada tampilan notifikasi pada iOS 15 ini, dimana ikon aplikasi nampak lebih besar dari sebelumnya. Yang menariknya lagi, pada bagian kontak didalam iPhone pengguna bisa menambahkan foto sehingga ketika ada panggilan atau pesan masuk dari nomor tersebut akan menampilkan foto yang anda pasang tadi.

Tampilan Baru Safari

Safari merupakan aplikasi browser yang dimiliki oleh Apple, dimana kini tampilan dari aplikasi tersebut juga telah diperbarui dalam iOS 15. Tab bar yang berada dibagian bawah tersebut diperkecil, dan tab ini juga bisa digeser secara cepat apabila pengguna ingin membuka sejumlah tab nantinya.

Pengguna juga bisa membuat grup tab yang nantinya bisa dimasukkan kedalam folder, hal ini bertujuan untuk mempercepat tindakan pengguna ketika ingin membuka kembali tab tersebut di lain waktu.

Fitur Focus Up

Didalam iOS 15 ini juga tersedia fitur bernama Focus Up, dimana dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa menyortir notifikasi yang masuk dalam perangkat iPhone miliknya seperti SMS, telepon, e-mail, dan lain sebagainya berdasarkan profil focus yang digunakannya. Sebelumnya anda bisa mengatur terlebih dahulu sejumlah notifikasi yang bisa ditampilkan atau ditolak di setiap profil focus.

Contoh sederhanannya begini, saat itu anda sedang mengaktifkan profil focus dalam mode ‘Personal’, dimana dalam pengaturan tersebut anda tidak memberikan izin notifikasi yang ada kaitanya dengan pekerjaan. Dengan begini, maka secara otomatis notifikasi yang ada kaitanya dengan pekerjaan anda tidak akan muncul didalam iPhone, namun masih diterima didalam perangkat anda.

BACA JUGA  Apple Usahakan Harga iPhone 15 Plus Bisa Lebih Murah?
FaceTime Pada Windows dan Android

Didalam iOS 15 ini juga tersedia fitur Facetime, fungsinya adalah memungkinkan para pengguna perangkat Non-iOS bisa bergabung dalam sebuah panggilan video FaceTime para pengguna iOS. Sebelumnya fitur ini hanya bisa digunakan para perangkat Apple saja, namun dalam pembaruan iOS 15 ini semua orang bisa bergabung.

Untuk cara kerjanya mirip dengan platform Zoom, dimana pengguna non-iOS bisa bergabung kedalam panggilan video tersebut melalui tautan (link) dari panggilan tersebut. Tautan ini nantinya bisa dibagikan melalui aplikasi Messages, Mail, Calender maupun aplikasi pihak ketiga.

Setelah membuka link tersebut, maka nantinya pengguna perangkat non-iOS seperti Android dan Windows bisa bergabung dalam video telekonferensi FaceTime dengan para pengguna iOS. Selain itu didalam fitur ini juga mendukung fitur Spatial Audio yang berguna untuk memberikan kualitas suara lebih mantap serta meredam suara bising di sekitar.

Sementara itu ada juga fitur Grid View serta Potrait Mode yang bisa digunakan untuk membuar blur bagian latar belakang video. Dengan begini maka privasi dari pengguna saat melakukan video conference pun lebih terjamin.

Kamus Bahasa India

Didalam iOS 15 ini juga tersedia fitur baru berupa kamus dwibahasa dalam bahasa India. Adapun untuk terjemahan yang ditawarkan pada OS baru ini diantaranya Urdu-English, Urdu-Inggris, Telugu-English, Tamil-English, serta Gujarati-English.

Apple Maps dengan Tampilan 3D

Aplikasi Apple Maps juga mendapatkan pembaruan pada iOS 15 kali ini, dimana sekarang tampilannya menjadi 3D sehingga membuatnya lebih segar. Detail lokasi, bangunan, serta berbagai tempat lain didalam layanan tersebut kini menjadi 3D.

Selain itu ada juga fitur baru bernama Neaby Transit yang memungkinkan pengguna bisa melakukan navigasi secar amudah pada saat memakai kendaraan umum.

Memoji Kini Ada Pilihan Warna dan Aksesoris

Dalam iOS 15 kini para pengguna bisa memilih warna sesuka hati untuk mengganti warna mata didalam avatar Memoji. Ada sekitar Sembilan stiker Memoji baru yang ditambahkan dalam OS tersebut, mulai dari Shaka (dua jari), lampu, lambaian tangan, dan masih banyak lago.

Selain itu ada juga aksesoris lain terbaru yang bisa digunakan pengguna untuk menjadikan avatar memoji makin keren, mulai dari ikon hati, kacamata, dan masih banyak lagi.

Live Text Untuk Menyalin Teks Dari Gambar

Ya memang benar, fitur baru dari iOS 15 ini memang berguna untuk mengambil sebuah teks dari dalam gambar menggunakan bidikan kamera berkat teknologi AI. Setelah itu teks tersebut bisa disalin atau diterjemahkan nantinya, pengguna pun juga bisa memanfaatkan fitur Visual Look Up untuk mencari informasi detail dari gambar yang telah diambil tadi.

BACA JUGA  Wujud dan Fitur Samsung Galaxy S22 Mirip Note Series?
Highlight Serta Keterangan Foto di Photos

Pada iOS 15, didalam aplikasi Photos kini pengguna bisa membuat video highlight melalui fitur memories. Yang menariknya lagi, kini aplikasi tersebut juga bisa muncul dalam pencarian spotlight.

Nantinya keterangan dalam foto pun juga memiliki beragam informasi mengenai kamera yang digunakan, lensa, shutter speed, hingga ukuran file tersebut. Bahkan para pengguna juga bisa mengedit lokasi, memberikan keterangan didalam foto, atau menambahkan informasi lain didalamnya.

Musik Pada Slide Memory

Pada iOS 15 ini pihak Apple juga melakukan pembaran pada section memori pada aplikasi Photos. Nah dalam tayangan slide Memory ini, pengguna sekarang bisa menambahkan lagi karena adanya integrasi antara aplikasi Photos dengan Apple Music. Dengan begini maka kegiatan pengguna saat melihat foto didalam galeri pun jadi makin asik.

Simpan Kunci Mobil dan Rumah di Wallet

Bagi anda yang memiliki kunci digital pada mobil maupun rumah, sekarang bisa memanfaatkan aplikasi Wallet untuk menyimpannya. Nantinya perangkat iPhone berbasis iOS 15 bisa memiliki kunci secara otomatis untuk langsung digunakan dengan NFC.

SharePlay

Fitur baru didalam iOS 15 ini adalah SharePlay, dimana dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa menonton atau mendengarkan beragam konten dari aplikasi pihak ketiga seperti Disney+, TikTok, NBA, Twitch, HBO Max dan masih banyak lagi langsung dari FaceTime.

Tampilan Weather Berubah Menyesuaikan Cuaca

Dan pembaruan yang terakhir pada iOS 15 adalah tampilan dari aplikasi Weather yang kini mengikuti cuaca yang sedang terjadi di lokasi pengguna. Misalnya jika kondisi sedang hujan, maka aplikasi ini akan memberikan ilustrasi hujan dengan warna gelap.

Cara Melakukan Update iOS 15

Jika anda ingin melakukan update sistem operasi iOS 15 di perangkat iphone ini bisa dilakukan secara OTA (Over the Air). Untuk cara melakukannya bisa anda simak di bawah ini:

  • Buka menu “Settings” > “General” > “Software Update”
  • Langsung saja anda pilih “Upgrade to iOS 15” pada laman yang menampilkan ringkasan informasi tentang pembaruan iOS 15 tersebut
  • Setelah itu silahkan klik tombol “Download and Install” pada menu yang telah tersedia
  • Selanjutnya proses download iOS 15 ini akan segera dimulai
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai .
  • Pastikan sebelum melakukan update ini, baterai perangkat iPhone anda masih cukup sekitar 80% agar nantinya proses update tidak terganggu karena baterai iPhone habis.

Perlu anda ketahui, jika ukuran Update iOS 15 ini cukup besar yakni sekitar 3 GB sampai 5 GB, tergantung dengan jenis perangkat iPhone serta versi iOS sebelumnya yang digunakan pada perangkat tersebut. Selain daya perangkat yang masih cukup, pastikan juga ruang penyimpanan masih tersedia, dan koneksi internet yang anda dimiliki stabil supaya proses update bisa lancar nantinya.

Nah itu tadi sederet fitur baru di iOS 15 yang wajib anda ketahui bagi para pengguna iPhone, jika ponsel anda sudah mendapatkan notifikasi pembaruan ini maka segera langsung saja langsung update agar nantinya bisa merasakan fitur baru yang ada didalam OS tersebut. Namun jika anda masih belum kebagian, maka tunggu saja pembaruan ini hadir di perangkat iPhone anda.