Tenaga Samsung Galaxy S22 Mulai Terungkap

Raksasa asal Korea Selatan yakni Samsung, disinyalir kini tengah menyiapkan smartphone premium terbaru mereka sebagai generasi penerus dari Galaxy S21, ya ponsel yang dimaksud ini adalah Samsung Galaxy S22 series. Kabar ini mencuat setelah mucul nomor model dari tiga smartphone baru Samsung yang disinyalir sebagai Galaxy S22 di laman Geekbench.

Smartphone tersebut memiliki nomor model SM-S90x yang diduga sebagai Samsung Galaxy S22, sementara untuk varian Galaxy S22 Plus memiliki nomor model SM-S906x, dan varian Ultra memiliki nomor model SM-S908x.

Dari laman Geekbench, ponsel dengan nomor model SM-S901U yang diyakini sebagai Samsung Galaxy S22 ini muncul dalam daftar listing. Dengan begini maka informasi mengenai sejumlah spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel itu pun terungkap.

Salah satu spesifikasi yang terungkap mengenai chipset yang bakal digunakan oleh smartphone tersebut. Disebutkan jika Samsung Galaxy S22 ini nantinya bakal ditenagai oleh chipset Snapdragon 895, hal ini terindikasi setelah ada kode nama ‘taro’ didalam kolom motherboard ponsel tersebut di Geekbench.

Diyakini jika kode nama ‘taro’ ini adalah untuk chipset Snapdragon 895, diyakini jika chipset tersebut merupakan suksesor dari Snapdragon 888 yang kini digunakan pada perangkat Galaxy S21 series. Dari rumor yang beredar, jika chip Snapdragong 895 ini nantinya juga bisa menggunakan nama Snapdragon 898 ketika dirilis.

Dilaporkan oleh laman Digital Chat Station, jika chipset yang akan digunakan oleh Samsung Galaxy S22 ini nantinya konon bakal didukung dengan konfigurasi CPU satu Cortex-X2 yang memiliki kecepatan 3 GHz, tiga Cortex dengan kecepatan 2.5 GHz, dan empat core Cortex dengan kecepatan 1.79 GHz. Sebagai chipset terbaru, nantinya Snapdragon 895 ini bakal dibangun dalam proses fabrikan 4 nm.

Jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, maka chipset terbaru dari Qualcomm ini kemungkinan bakalan dirilis pada akhir tahun 2021 ini. Menarik untuk ditunggu nama dan spesifikasinya seperti apa calon chipset dari Samsung Galaxy S22 series tersebut.

Selain membahas soal chipset yang digunakan, dalam listing Geekbench ini juga menyebutkan soal kapasitas RAM yang digunakan pada ponsel dengan kode nomor SM-S901U tersebut. Smartphone akal menggunakan RAM berkapasitas 6,82 GB, itu artinya jika dibulatkan maka ponsel ini bakal ditenagai oleh RAM berkapasitas 8 GB.

BACA JUGA  WhatsApp Siapkan Fitur Suara Baru

Tidak hanya itu, diyakini jika Samsung Galaxy S22 ini juga bakal menggunakan sistem operasi terbaru yakni Android 12 terbaru secara out of the box, atau tanpa perlu melakukan update software. Dengan begini maka sistem operasi ini benar-benar sudah ditanamkan didalam ponsel tersebut sejak pertama kali dirilis.

Sebelum muncul kabar dalam daftar listing Geekbench tersebut, bocoran mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S22 ini sudah banyak bermunculan di dunia maya. Mulai dari ukuran layar, kapasitas baterai, hingga konfigurasi kamera yang bakal digunakan pun juga sudah muncul.

Kabar ini diungkapkan oleh seorang leaker ternama yakni Ice Universe dan akun Twitter bernama @FrontTron. Kedua pembocor ini dikenal memiliki reputasi yang meyakinkan disetiap informasi yang diberikan mengenai bocoran gadget terbaru.

Disebutkan, jika Samsung Galaxy S22 series ini nantinya bakal menggunakan layar bervariasi tergantung dari jenisnya. Untuk Samsung Galaxy S22 reguler memiliki layar 6.6 inch, versi Plus memiliki layar 6.55 inch, dan versi Ultra dibekali layar berukuran 6.81 inch.

Untuk Samsung Galaxy S22 reguler dan Plus ini konon kabarnya bakal dibekali dengan konfigurasi triple camera belakang dengan ukuran lensa sama persis. Adapun untuk resolusi kamera yang dimilikinya ini masing-masing 50 MP lensa utama, 12 MP lensa ultra-wide, dan 12 MP telephoto (zoom optic 3X).

Semetara itu untuk Samsung Galaxy S22 Ultra yang menjadi varian paling tinggi bakal memiliki konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri lensa utama 108 MP, 12 MP ultra-wide, 12 MP telephoto (zoom optic 3x), dam 12 MP telephoto (zoom optic 10x). Rumor lain menyebutkan, jika nantinya ponsel ini juga bakal dibekali dengan sensor Olympus 200 MP.

Sementara untuk kamera depannya, banyak yang berharap jika Samsung Galaxy S22 bakal menerapkan teknologi kamera dibawah layar atau biasa disebut dengan Under Display Camera. Seperti seri sebelumnya, jika nanti trio Galaxy S22 ini bakal menggunakan kapasitas baterai yang berbeda-beda dari tiap serinya.

Seperti yang diungkapkan oleh Ice Universe dan @FrontTron, jika Samsung Galaxy S22 reguler memiliki baterai 3.800 mAh, varian Plus 4.600 mAh, dan varian Ultra memiliki kapasitas paling besar yakni 5.000 mAh. Bocoran lainnya, ketiga hp Samsung tersebut juga bakal memiliki fitur fast charging 65W dan memiliki sistem pendinginan Vapor Chamber didalamnya.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 di Indonesia!

Diprediksi, jika Samsung Galaxy S22 series ini bakalan dirilis direntang waktu sama seperti generasi sebelumnya yaitu Galaxy S21 pada bulan Januari 2022 mendatang. Meskipun begitu, perlu ditegaskan lagi jika hal ini masih sekedar rumor belaka yang diungkap oleh para leaker, sehingga soal kebenarannya pun masih tanda tanya.

Selain itu, Samsung yang merupakan sang vendor juga belum memberikan bocoran apapun soal Samsung Galaxy S22 series miliknya ini. Maka dari itu, menarik untuk ditunggu mengenai bocoran lain dari ponsel flagship terbaru Samsung penerus dari Galaxy S21 tersebut, tentang apa saja detail spesifikasinya dan yang paling penting mengenai kapan tanggal rilisnya ponsel tersebut.