fbpx

Inikah Alasan Apple Tetap Gunakan Poni di iPhone 13?

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar jika nantinya iPhone 13 ini bakalan tetap hadir menggunakan desain lama pada layar yakni masih mempertahankan desain notch. Dan rumor ini pun akhirnya terjawab dengan benar pada saat smartphone itu resmi dikenalkan oleh Apple beberapa waktu lalu.

Dimana ponsel ini masih hadir dengan menggunakan notch atau poni seperti sejak merilis iPhone X beberapa tahun silam. Namun untuk pertama kalinya sejak iPhone X dirilis tahun 2017 lalu, pihak Apple melakukan ‘sedikit’ perubahan pada desain notch dilayar tersebut, lebih tepatnya ukuran dari notch ini mereka perkecil ukurannya sekitar 20 persen.

Melihat dari banyaknya desain layar yang diusung pada ponsel baru khususnya pada android, mungkin tersirat dibenak para penggemar iPhone kenapa desain notch ini tidak bisa dipisahkan pada perangkat iPhone ? atau mungkin mengikuti jejak dari pesaingnya yakni hp android seperti menggunakan konsep notch lebih kecil seperti punch hole agar lebih keren?

Alasan mengenai hal tersebut adalah pihak Apple memang tidak bisa beralih dari notch ini sejak awal, karena didalam notch setiap perangkat iPhone ini tidak hanya menyimpan kamera depan saja. Namun notch perangkat iPhone ini juga menyimpan banyak sensor lain, salah satunya adalah pemindai wajah atau Face ID yang menjadi salah satu fitur keamanan mereka.

Beberapa komponen yang terdapat didalam notch pada perangkat iPhone ini yang perlu anda ketahui diantaranya Kamera depan, kamera inframerah, sensor proximity, sensor ambient light, flood illuminator, speaker, dot projector, dan juga mikrofon. Dimana komponen-kompone ini mungkin tidak akan anda temukan pada layar di hp android.

Selain itu untuk fitur Face ID ini sendiri butuh beragam sensor dalam melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga agar bisa menghasilkan gambar yang lebih detail dari pengguna nantinya. Dengan adanya banyak sensor tersebut, maka kinerja dari Face ID ini pun lebih optimal dalam mengenali wajah dari pemilik ponsel iPhone tersebut.

Untuk komponen dot projector, flood illuminator, dan juga kamera inframerah ini saling bersinergi untuk memindai titik-titik pada kontur wajah serta memetakannya menjadi bentuk wajah dengan bantuan teknologi bernama neural engine.  Setelah itu hasil pemetaan wajah ini bakal disandikan dengan wajah pengguna yang diambil memakai kamera selfie tersebut, dan jika hasilnya sesuai maka secara otomatis perangkat iPhone akan terbuka kuncinya.

BACA JUGA  5 Cara Mencegah iPhone Cepat Panas Biar Makin Awet

Karena banyaknya sensor yang dibutuhkan tersebut, maka pihak Apple ini pun butuh opsi lain agar nantinya seluruh sensor yang dibutuhkan ini bisa muat dalam satu modul besar. Terlebih apabila mereka benar-benar ingin menghilangkan notch dilayar seperti yang di inginkan oleh para pengguna tanpa harus menghapus fitur Face ID.

Masalah selanjutnya, lantas bagaimana cara Apple untuk memindahkan fitur yang tak kalah pentingnya yakni Speaker dan mikrofon yang ada didalam notch ke dekat atas bingkai layarnya? Hal ini sepertinya bakal sia-sia saja.

Hal ini dikarenakan jika Apple masih tetap ingin mempertahankan keberadaan fitur Face ID mereka didalam perangkat iPhone, maka mereka pun juga harus menyiapkan sejumlah punch hole di layar sebagai rumah dari beragam sensor tadi sekaligus dengan kamera depannya. Untuk alternatifnya, pihak Apple bisa saja membenamkan beragam sensor tadi dibawah layar seperti kamera selfie pada Galaxy Z Fold 3.

Hanya saja untuk ide ini masih belum terpikirkan dibenak Apple hingga saat ini, terlebih teknologi under-display ini masih tergolong sangat baru dan butuh penyempurnaan yang lebih mendalam sebelum menggunakannya.

Selain fungsinya yang cukup penting bagi Apple, sebenarnya keberadaan dari Notch ini juga membuat area display berkurang untuk tempat berbagai ikon penting pada status bar. Beberapa ikon penting yang dimaksudkan ini diantaranya sepert indicator angka yang memberikan informasi soal kapasitas baterai dari iPhone.

Ada rumor yang beredar, dimana Apple konon kabarnya bakal menghilangkan notch pada iPhone generasi baru dan menggantikannya dengan punch hole. Dimana ide ini akan diterapkan pada iPhone 14 yang rilis pada tahun 2022 mendatang.

Namun perli anda ingat, kembali lagi ini hanya sekedar rumor saja yang masih belum jelas kebenarannya. Akan tetapi jika berkaca dari iPhone 13 yang ukuran notch dikurangi, mungkin besar kemungkinan jika notch pada perangkat iPhone terbaru nantinya juga bakal dikurangi lagi ukurannya, dan ini dirasa lebih masuk akal lagi daripada penggunaan punch hole tersebut.

Ingat, ini masih sekedar rumor belaka sehingga untuk memastikannya tunggu saja kejutan yang diberikan oleh Apple tahun depan.