Jangan Lakukan Update Sistem Pada Hp Xiaomi Tipe ini! liputantimes.com

Jangan Lakukan Update Sistem Pada Hp Xiaomi Tipe ini!

Perusahaan Xiaomi baru-baru ini telah meluncurkan update sistem antarmuka terbaru mereka yang memiliki nama MIUI 12. Dan sejumlah Hp Xiaomi yang ada di pasaran pun kini berkesempatan untuk merasakan tampilan maupun fitur baru yang dibawakan oleh sistem tersebut.

Tidak hanya smartphone baru saja, namun ponsel yang sudah rilis beberapa tahun lalu pun juga kebagian. Seperti salah satunya adalah Redmi 6 dan Redmi 6A yang merupakan ponsel kelas entry level juga bisa menjajal pembaruan MIUI 12 tersebut.

Akan tetapi anehnya, pihak Xiaomi tidak merekomendasikan untuk pengguna kedua smartphone tersebut melakukan update sistem ini. Jika dihitung, maka kedua Hp Xiaomi yang rilis pada tahun 2018 lalu ini merupakan tahun terakhir untuk mendapatkan pembaruan MIUI.

Sebelumnya pada bulan April 2020 lalu pihak Xiaomi mengumumkan kedatangan OS MIUI 12 miliknya, dan disaat bersamaan juga mengungkapkan daftar ponsel yang mendapatkanya. Setelah itu dibulan Desember 2020 daftar ini diperbarui lagi oleh Xiaomi yang mana smartphone seperti Redmi 7, Redmi Y3, Redmi 6 dan Redmi 6A ini telah hilang dalam daftar tersebut.

Jangan Lakukan Update Sistem Pada Hp Xiaomi Tipe ini! liputantimes.com

Pihak Xiaomi pun memberikan alasannya kenapa sejumlah perangkat tersebut batal mendapatkan pembaruan MIUI 12 ini. Mereka mengatakan jika dereta Hp Xiaomi diatas tadi adanya masalah akan kinerja maupun kompatibilitas.

Namun tak lama setelah itu, pihak Xiaomi pun kembali mengubah keputusan mereka dengan merilis MIUI 12 pada Redmi 6 dan Redmi 6A versi stabil. Meskipun begitu, pihak perusahaan tetap berharap jika pengguna kedua Hp Xiaomi ini tidak melakukan pembaruan MIUI 12.

Alasannya pun tetap sama, yakni mengenai kinerja dari ponsel tersebut ketika memakai sistem baru ini. Pengujian pun dilakukan oleh Department R&D perangkat lunak untuk perangkat seluler, hasilnya ditemukan jika kinerja dari MIUI 12 ini tidak memadai jika harus berjalan pada Redmi 6 maupun Redmi 6A.

Meskipun MIUI 12 versi stabil dirilis, namun tetap saja tidak memenuhi OTA standar kualitas dari kedua Hp Xiaomi ini. Redmi 6 dan Redmi 6A ini tidak akan melakukan OTA Full Push, dimana hanya memberikan paket Flashboot saja pada pengguna yang penasaran ingin menjajal MIUI 12 melalui flashing manual.

BACA JUGA  Perbandingan Oppo Reno 6 Jaringan 5G vs Vivo X60 Pro Jaringan 5G Bagus yang Mana?

Selain itu, MIUI 12 versi stabil ini juga tidak akan memastikan kinerja dari Redmi 6 dan Redmi 6A lancar dalam menjalankannya. Kemungkinan juga bakal terjadian pembekuan dan peluncuran aplikasi yang lambat.

Karena alasan diatas, maka ada baiknya tidak melakukan update MIUI 12 jika tersedia update pada smartphone anda.