Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold 2 Dengan Samsung Galaxy Z Fold 3 liputantimes.com

Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold 2 Dengan Samsung Galaxy Z Fold 3

Beberapa waktu lalu, perusahaan asal Korea Selatan yakni Samsung telah secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka dikelas premium dengan nama Samsung Galaxy Z Fold 3. Sesuai namanya, ponsel ini merupakan generasi penerus dari Samsung Galaxy Z Fold 2 yang rilis pada tahun 2020 silam.

Nah sebagai ponsel baru, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai perbandingan antara kedua ponsel tersebut, dengan begini maka anda akan tahu peningkatannya serta layak dijadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya nanti. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Bingkai dan Modul Kamera

Jika diperhatikan sekilas, tentu baik Samsung Galaxy Z Fold 2 maupun Samsung Galaxy Z Fold 3 yang lebih baru tidak memiliki perbedaan yang begitu kentara pada sisi bodinya. Dimana kedua ponsel tersebut datang dengan menggunakan konsep lipatan seperti anda membuka buku.

Namun perbedaan ini bakal terlihat jelas pada sisi kamera yang diusungnya, dimana untuk Samsung Galaxy Z Fold 3 ini hadir dengan mengusung modul berbentuk persegi panjang yag digunakan sebagai rumah kamera belakang. Meskipun hadri dengan menggunakan konfigurasi kamera yang sama, namun untuk seri terbaru kali ini datang dengan menggunakan modul kamera yang lebih ramping dan stylish.

Sebagai smartphone baru, untuk bingkai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Z Fold 3ini dibuat menjadi lebih kokoh, dimana ponsel ini memiliki frame dan engsel Aluminium Armor yang diklaim memiliki kekuatan 10% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu bodi dari smartphone ini juga sudah mendapat lapisan dari Gorilla Glass Victus yang diklaim 50% lebih baik dari Gorilla Glass 6.

Fitur Water Resistant

Sebagai ponsel premium, tentu tak ketinggalan Samsung fitur anti air dan debu didalamnya. Samsung Galaxy Z Fold 3 ini datang dengan sertifikat IPX8 yang sebelumnya absen pada Galaxy Z Fold 2, tentu dengan keberadaan fitur ini membuat  Galaxy Z Fold 3 mampu bertahan didalam air selama 30 menit dengan kedalaman 1.5 meter.

Dengan dukungan fitur tersebut, membuat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 ini menjadi smartphone lipat pertama yang memiliki ketahanan ketika berada dikedalaman air.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G dan A53 5G di Indonesia
Cover Screen Dengan Refresh Rate 120 Hz

Seperti yang anda ketahui, jika seri smartphone lipat Galaxy Fold miliki Samsung ini dibekali dengan dua layar didalamnya. Layar utama ini biasa digunakan pada saat ponsel dibentangkan, sementara untuk layar kedua atau biasa disebut dengan Cover Screen bisa digunakan ketika smartphone sedang dilipat.

Untuk layar utamanya, baik Galaxy Z Fold 3 maupun Samsung Galaxy Z Fold 2 ini masih sama-sama memakai panel layar Infinity Flex Display Dynamic AMOLED 2x display berukuran 7.6 inch dan memiliki resolusi setara 1.768 x 2.208 Pixel.  Sebagai ponsel premium, layar tersebut juga dibekali dengan refresh rate 120 Hz yang menghasilkan kualitas gambar yang sangat halus.

Untuk spesifikasi Cover Screen dari keduanya pun juga masih sama, namun yang membedakannya adalah refresh rate yang dimiliki. Jika Samsung Galaxy Z Fold 2 ini masih menggunakan refresh rate 60 Hz, untuk versi terbaru yakni Samsung Galaxy Z Fold 3 ini mendukung refresh rate mencapai 120 Hz.

Dukungan Kamera Under Display

Pihak Samsung memang telah memberikan kejutan pada para penggemarnya, dimana Samsung Galaxy Z Fold 3 ini datang dengan menggunakan teknologi kamera under display atau dibawah layar, sehingga menjadikan perangkat Samsung pertama dengan fitur tersebut. Meskipun ukuran kameranya 4 MP saja, namun Samsung memastikan jika kamera tersebut mampu mengambil gambar dengan bagus bahkan untuk video call.

Dengan adanya teknologi ini, maka membuat ukuran layar Samsung Galaxy Z Fold 3 nampak lebih lega karena tidak ada gangguan notch sebagai rumah dari kamera depan, seperti yang diusung pada Samsung Galaxy Z Fold 2. Selain kamera depan, untuk kamera belakang dari kedua ponsel ini masih dibekali dengan lensa yang sama.

Dimana baik Samsung Galaxy Z Fold 2 maupun Galaxy Z Fold 3 ini hadir dengan tiga kamera belakang berukuran 12 MP + 12 MP ultrawide + 12 MP Telephoto.

Memiliki Stylus S Pen

Di tahun 2020 lalu, Samsung Galaxy Z Fold 2 ini dirilis tanpa dibekali dengan Stylus pen yang menjadi aksesoris seri Galaxy Note sebelumnya. Namun untuk Samsung Galaxy Z Fold 3 ini sedikit berbeda, dimana pihak Samsung turut membekali Stylus Pen pada ponsel terbarunya itu.

Tersedia dua varian Stylus Pen yang diberikan pada Galaxy Z Fold 3 ini, yaitu S Pen Fold Edition dan ua S Pen Pro.  Untuk S Pen Fold Edition ini hanya bisa digunakan pada Galaxy Z Fold 3 saja, dilengkap dengan fitur Bluetooth dan juga navihasi Air Command.

BACA JUGA  ASUS ROG Phone 6 Batman Edition Dirilis, Ini Bedanya dengan Varian Reguler

Sementara untuk S Pen Pro dibekali dengan fitur Bluetooth, namun juga bisa digunakan untuk perangkat Samsung lainnya seperti Galaxy 21 Ultra, Galaxy Tab, hingga Galaxy Note Series. S Pen ini bisa digunakan untuk mencatat, menggambar, maupun sejumlah aktifitas multitasking lainnya dari pengguna.

Dapur Pacu

Seperti ponsel baru lainnya, sebagai smartphone baru pastinya Samsung Galaxy Z Fold 3 ini bakal dibekali dengan chipset maupun sistem operasi terbaru saat ini. Ponsel ini datang dengan memakai chipset Snapdragon 888 5G yang dilapisi oleh antarmuka dari One UI 3.5 berbasis Android 11, dengan chipset tersebut memungkinkan hp Samsung dikelas premium ini mendapat dukungan jaringan 5G didalamnya.

Baterai

Nah pada bagian penampung dayanya ini, Samsung Galaxy Z Fold 2 masih lebih unggul dibandingkan varian terbaru itu. Samsung Galaxy Z Fold 2 ini datang dengan menggunakan kapasitas baterai 4.500 mAh dengan fitur fast charging 25 W, wireless charging 11 WW.

Sementara untuk Samsung Galaxy Z Fold 3 ini memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, dimana ponsel ini datang dengan menggunakan kapasitas baterai 4.400 mAh namun dengan fitur fast charging dan wireless charging yang sama dengan pendahulunya.

Harga

Yang menariknya lagi, meskipun sebagai smartphone baru dengan sejumlah peningkatan Samsung menjual smartphone terbarunya itu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy Z Fold 2 saat pertama kali rilis di Indonesia dulu. Untuk harga Samsung Galaxy Z Fold 3 terbaru saat ini dijual senilai Rp 24.9 jutaan untuk varian RAM 12 GB/256 GB, lalu untuk varian RAM 12 GB / 512 GB dijual senilai Rp 26,9 jutaan.

Sementara untuk Samsung Galaxy Z Fold 2 dulu dijual senilai Rp 33.8 jutaan untuk versi RAM 12 GB / 256 GB. jika melihat perbandingan harga diatas, tentu harga Z Fold 3 lebih hemat Rp 8 jutaan dibandingkan varian pendahulunya.

Masih belum diketahui apa alasan Samsung membanderol harga jauh lebih murah pada Samsung Galaxy Z Fold 3 ini dibandingkan pendahulunya, padahal spesifikasi yang ada didalamnya pun mengalami peningkatan yang signifikan dari Galaxy Z Fold 2. Yang pasti hal ini menjadi sesuatu yang menarik dan menjadi kesempatan anda untuk memilikinya.

Bagi anda yang tertarik membeli Samsung Galaxy Z Fold 3 ini maka sudah bisa anda beli di marketplace rekanan Samsung maupun laman resmi Samsung Indonesia.