Tak Perlu Blokir Lagi, Kini WhatsApp Punya Fitur Sembunyikan Chat liputantimes.com

Tak Perlu Blokir Lagi, Kini WhatsApp Punya Fitur Sembunyikan Chat

Aplikasi pesan instant WhatsApp, akhirnya secara resmi meluncurkan fitur terbaru mereka yang menggunakan nama Archived Chats setelah sebelumnya hadir secara terbatas untuk pengguna beta. Sesuai namanya, fitur arsip obrolan dari aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan chat dari pengguna lain maupun grup tanpa perlu memblokir mereka terlebih dahulu.

Kedatangan dari fitur baru WhatsApp ini disampaikan langsung leh Will Cathcart selaku CEO WhatsApp melalui akun Twitter miliknya. Fitur terbaru ini sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 pada perangkat android, nah untuk mengaktifkan fitur ini anda hanya perlu menekan beberapa detik chat / grup WhatsApp, setelah klik ikon Arsip yang berbentuk sebuah kotak dengan anak panah kebawah.

Setelah itu nantinya pesan tersebut bakalan secara otomatis pindah kedalam folder ‘Archived’ yang terletak di atas beranda kontak masuk. Meskipun begitu, namun fitur ini belum disebar secara merata keseluruh pengguna WhatsApp, pasalnya sampai saat ini masih ada beberapa pengguna yang belum bisa menggunakan fitur tersebut.

Jika didalam WhatsApp anda masih belum tersedia fitur Archived Chats tersebut, maka anda perlu bersabar terlebih dahulu untuk menantikan kedatangannya. Mungkin banyak yang bingung, bukankah didalam aplikasi WhatsApp ini sudah ada fitur Archived Chats?

Tak Perlu Blokir Lagi, Kini WhatsApp Punya Fitur Sembunyikan Chat liputantimes.com

Mengenai hal tersebut, rupanya fitur Archived Chats terbaru WhatsApp ini berbeda dengan fitur arsip chat yang sebelumnya. Dimana perbedaan kali ini pihak WhatsApp telah memperbarui mekanisma pengarsipan chat serta peletakan folder arsip pada layanannya.

Untuk fitur Archived Chat lama bisa dipakai untuk menyembunyikan sejumlah chat pribadi maupun frup supaya tidak muncul di Beranda WhatsApp. Meskipun begitu, apabila nanti grup atau chat yang diarsipkan tadi mendapatkan pesan baru, maka secara otomatis pesan ini bakalan muncul kembali pada tampilan utama beranda WhatsApp.

Selain itu, sebelumnya folder untuk Archived Chats ini berada dibagian bawah beranda, sehingga jika anda ingin mengakses pesan yang diarsipkan tadi haruslah menggulir hingga paling untuk membuka folder arsip ini. Lantas apa perbedaan dengan versi baru tersebut?

BACA JUGA  Cara Memindahkan WA Ke Hp Baru

Untuk fitur Archived Chats terbaru kali ini folder arsip diletakkan pada pesan WhatsApp paling atas. Selain itu ada juga perubahan mekanisme baru dimana apabila pesan atau grup yang diarsipkan tadi mendapatkan chat baru, maka mereka tidak akan keluar dari dalam folder arsip rersebut.

Begitupun dengan notifikasi dari pesan baru WhatsApp ini, nantinya tidak akan muncul lagi pada beranda ruang obrolan tersebut.  Dengan menggunakan mekanisme baru ini maka anda pun bisa benar-benar menyembunyikan pesan WhatsApp yang ‘mengganggu’ dari beranda nantinya.

Anda pun juga bisa sewaktu-waktu untuk mengembalikan chat keluar dari folder arsip ini agar muncul lagi di kotak masuk. Caranya anda tinggal membuka folder Archived tersebut, setelah klik dan tahan beberapa detik pada pesan maupun grup yang diarsipkan tadi, lalu pilih menu ikon Kotak dengan anak panah keatas, maka nantinya pesan tersebut bakal kembali ke beranda utama WhatsApp nantinya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi jika penyebaran fitur baru WhatsApp ini dilakukan secara bertahap, jika didalam aplikasi WhatsApp anda belum tersedia maka tunggu saja kedatangannya.