fbpx
WhatsApp Siapkan Fitur yang Bisa Aktif Hingga 4 Perangkat Sekaligus Liputantimes.com

WhatsApp Siapkan Fitur yang Bisa Aktif Hingga 4 Perangkat Sekaligus

Aplikasi pesan instant WhatsApp baru saja menguji fitur baru mereka, dimana fitur baru yang dimaksud ini adalah mencoba agar beberapa perangkat mobile bisa menjalankan satu akun WhatsApp yang sama tanpa perlu terhubung dari satu ponsel.

Fitur baru ini pertama kali dirilis pada WhatsApp beta karena masih dalam proses pengembangan. Untuk saat ini, para pengguna hanya bisa menggunakan satu akun WhatsApp secara bersamaan dalam dua perangkat yakni smartphone dan desktop menggunakan layanan WhatsApp Web. Namun ketika menggunakan layanan ini mengharuskan dua perangkat harus saling online atau mendapatkan koneksi internet agar bisa saling tersinkronisasi.

WhatsApp Siapkan Fitur yang Bisa Aktif Hingga 4 Perangkat Sekaligus Liputantimes.com

Mark Zuckerber, selaku WhatsApp Head Will Cathcart dan CEO Facebook dalam sebuah wawancara mengatakan, jika tantangan teknis dalam penerapan WhatsApp multiperangkat ini adalah mempertahankan fitur keamanan mereka yakni enkripsi end-to-end. Dengan adanya fitur baru yang sedang dikembangkan ini, maka nantinya pengguna bisa mendapatkan pengalaman menjalankan WhatsApp versi desktop maupun web meskipun smartphone sedang tidak terhubung ke internet seperti saat menjalankan Whatsapp Web.

Dan mereka juga berusaha untuk tetap mempertahankan jika perlindungan enkripsi end-to-end dalam WhatsApp multiperangkat tersebut. Rupanya, pihak WhatsApp ini sudah mengerjakan fitur baru mereka ini dalam waktu lama, sehingga jika layanan ini berhasil akan membuat aplikasi WhatsApp mirip seperti dua saudaranya yakni Facebook dan Instagram yang bisa diakses oleh banyak perangkat tanpa perlu saling terhubung.

Will Cathcart, selaku kepala dari WhatsApp ini membagikan dua gambar perbandingan di akun Twitter miliknya. Ia pun menjelaskan jika sebelumnya smartphone pengguna memakai kunci yang berguna untuk menentukan identitas dan kemanapun perangkat untuk melakukan enkripsi atau dekripsi pesan.

Yang menariknya lagi adalah, sinkronisasi terenkripsi ini juga berlaku pada riwayat pesan, nama kontak, beserta data pribadi lainnya dari pengguna dengan kunci yang tetap dipertahankan pada perangkat pengguna secara individu sehingga keamanan data mereka tetap terjamin.

Lalu pada WhatsApp versi beta, dalam kemampuan multi-perangkat ini bakal diberikan kepada sekelompok penguji terbatas (beta tester) yang sudah terdaftar dalam layanan tersebut. Nantinya pihak WhatsApp bakal meminta pendapat dari mereka soal layanan terbarunya itu, apakah ada yang perlu dibenahi apa tidak.

BACA JUGA  Makin Private, Foto Sekali Lihat di WhatsApp Tak Bisa di Screenshot

Dan sejalan dengan itu, tim dari WhatsApp sendiri sedang berupaya meningkatkan kinerja serta menambahkan lebih banyak fitur supaa nantinya aplikasi paling populer di dunia tersebut makin dicintai oleh para pengguna.

Karena masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum tahu kapan WhatsApp multi perangkat ini bakal diluncurkan. Setidaknya dengan adanya informasi ini memberikan sedikit harapan jika pihak WhatsApp tengah berupaya meningkatkan kualitas dan memudahkan pengguna dalam mengakses akun WhatsApp mereka dimanapun dan kapanpun berada tanpa harus bergantung pada smartphone.