Fitur Baru Google yang Bikin Kita Tambah Ayem Liputantimes.com

Fitur Baru Google yang Bikin Kita Tambah Ayem

Perusahaan Google telah secara resmi meluncurkan fitur baru mereka pada mesin pencariannya, fitur baru ini ada kaitannya dengan privasi dari para pengguna. Dalam fitur baru tersebut, para pengguna Google ini nantinya bisa memilih untuk menghapus riwayat pencarian mereka dalam kurun waktu 15 menit terakhir.

Seperti yang dilaporkan The Verge, jika fitur baru tersebut berlaku bagi anda pengguna aplikasi browser Chrome di perengkat Mobile. Pengumuman fitur baru ini disampaikan Google dalam ajang I/O 2021 bersamaan dengan beberapa update lain pada aplikasi Chrome tersebut.

Dan yang menariknya lagi, kali ini fitur baru tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna di sejumlah negara, dan akan terus diperbarui secara bertahap untuk seluruh pengguna Chrome di dunia. Sebelumnya, dalam menu auto-delete riwayat pencarian di Google ini menyediakan opsi hapus otomatis 3, 18, hingga 36 bulan terakhir, namun kini ada juga opsi untuk menghapus otomatis riwayat pencarian 15 menit terakhir.

Dengan anda mengaktifkan opsi diatas, maka seluruh riwayat pencarian anda di Google ini bakalan terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah anda pilih. Jika anda mengaktifkan opsi hapus riwayat 15 menit terakhir, maka hasil pencarian anda selama 15 menit terakhir bakal terhapus langsung dari Google.

Fitur Baru Google yang Bikin Kita Tambah Ayem Liputantimes.com

Pihak Google menyebutkan, jika mereka hanya melacak pencarian dari pengguna untuk ‘mempersonalisasi’ pengalaman mereka ketika pengaturan hapus riwayat tadi diaktifkan. Tentu dengan kedatangan hapus riwayat 15 menit terakhir ini bakalan sangat berguna, terlebih bagi anda yang benar-benar ingin menjaga privasi ketika berselancar didunia maya.

Terlebih saat ini banyak sekali kejahatan saber yang sering mengintai para pengguna layanan internet. Kabar baiknya adalah jika perusahaan ini bakal membawa juga fitur barunya ini ke perangkat android dan iOS pada akhir tahun ini sehingga pengguna pun bisa mencoba langsung fitur keren tersebut.

Google juga menawakan opsi perlindungan lainnya yakni berupa kata sandi untuk menjaga riwayat pencarian pengguna di situs peramban tersebut.  Selain soal privasi di laman tersebut, pihak Google belakangan ini juga telah menghapus dukungan waktu unlimited ketika pengguna memakai layanan panggilan grup pada aplikasi Google Meet versi gratis miliknya.

BACA JUGA  1.5 Juta Aplikasi Ini 'Terancam' Ditendang dari Play Store dan App Store

Aturan tersebut berlaku bagi pengguna Google Meet dengan jumlah peserta 3 orang atau lebih, sehingga bagi anda pengguna akun Gmail yang tidak berlangganan maka bisa melakukan panggilan ke satu orang lain dengan durasi maksimal 24 jam.