Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih HP Android dengan RAM Besar Liputantimes.com

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih HP Android dengan RAM Besar

Sebelum seseorang membeli smartphone baru, biasanya kapasitas RAM dari ponsel tersebut menjadi salah satu pertimbangan mereka. Hal ini cukup wajar, karena memang kapasitas RAM ini berpengaruh besar pada performa ponsel, sehingga anda tidak bisa sembarangan pada sektor tersebut.

Untuk kapasitas RAM smartphone saat ini ada beragam, mulai dari kapasitas 1 GB, 2 GB,  4 GB, 6 GB, hingga yang paling tinggi saat ini adalah RAM 18 GB. Nah bagi anda yang masih belum begitu faham dengan apa itu RAM dan seberapa besar pengaruhnya pada kinerja smartphone, maka berikut ini akan dibahas bersama ulasannya.

RAM ini merupakan kepanjangan dari Random Access Memory, secara prinsip kerjanya RAM ini sama dengan memori internal yang biasa digunakan untuk menyimpan foto, video, aplikasi maupun file lain yang ada didalam ponsel. Perbedaannya, kemampuan membaca dan menulis dari RAM ini jauh lebih cepat dan handal dibandingkan memori internal.

Fungsi Utama dari RAM

Untuk fungsi utama dari RAM ini berbeda dengan memori internal, dimana RAM ini berguna sebagai tempat untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang berjalan didalam smartphone untuk sementara waktu. Kenapa sementara? Karena RAM ini bakal menyimpan file didalamnya, lalu bakal membaca, menjalankan, lalu meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat ketika dibutuhkan.

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih HP Android dengan RAM Besar Liputantimes.com

Jadi RAM ini bekerja ketika pengguna HP Android menjalankan sebuah aplikasi saja. Sebelum disimpan didalam RAM, maka berbagai file sistem beserta aplikasi yang ada didalam ponsel termasuk sistem operasi, bakal tersimpan didalam memori internal. Ketika hendak dipakai, maka file atau aplikasi ini bakal dimuat kedalam RAM agar nantinya smartphone bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar.

Saat file atau aplikasi ini sudah berhenti dipakai, maka secara otomatis RAM bakal menghapusnya, agar kapasitas RAM ini tidak berkurang dan bisa melayani aplikasi lain yang membutuhkan. Nantinya seluruh informasi aplikasi yang tersimpan didalam RAM ini juga bakalan terhapus ketika ponsel di restart sehingga tidak akan menjadi beban yang bisa membuat ponsel jadi berat untuk menjalankan aplikasi lain.

BACA JUGA  Resmi Hengkang Dari Bisnis Ponsel, 7 Inovasi LG ini Jadi Tren Smartphone Masa Kini

Yang lebih canggihnya lagi, RAM ini memiliki kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi didalam smartphone pada background, dimana fitur ini memudahkan pengguna HP Android bisa membuka aplikasi lebih cepat prosesnya. Sehingga ketika aplikasi tersebut hendak digunakan, maka bisa langsung dipakai tanpa menunggu proses loading lama, tentu kondisi ini membuat efisiensi waktu lebih terjamin karena sistem tidak perlu membaca dari awal data dari aplikasi tersebut.

Karena jika file aplikasi ini tidak disimpan didalam RAM, maka ketika pengguna akan menjalankan aplikasi tersebut maka sistem harus  membaca data aplikasi dari dalam memori internal terlebih dahulu, lantas baru dipindahkan ke dalam RAM untuk menjalankannya. Jika kebetulan hal ini terjadi pada HP Android, maka anda akan disuguhkan dengan loading screen dari aplikasi tersebut yang cukup lama hingga semua data sudah dipindah ke RAM dan siap dijalankan.

Apakah RAM Besar Menjamin Performa Smartphone?

Lalu apakah besar kecilnya kapasitas RAM ini berpengaruh pada performa HP Android? Jawabannya bisa iya juga bisa tidak. Secara garis besar, dengan ketersediaan memori RAM yang lebih besar ini akan memberikan banyak ruang kepada smartphone ketika kebetulan diminta untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut dengan multitasking.

Dengan begini, pengguna pun bebas menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa harus menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan tersebut.  Tapi hal ini tidak berlaku pada produk dari Apple karena memiliki manajemen memori yang berbeda dengan perangkat android, jadi jangan heran walaupun kapasitas memori iPhone lebih rendah dari HP Android, tapi soal performanya tak kalah bersaing.

Selain itu, sistem operasi iOS ini hanya digunakan oleh perangkat milik Apple sendiri, sehingga untuk proses optimasinya lebih mudah karena mereka tidak perlu repor-repot melakukan penyesuain pada perangkat lain. Berbeda dengan HP Android yang digunakan oleh banyak pabrikan smartphone yang tentu memiliki sistem kerja berbeda-beda, sehingga OS android ini harus menyesuaikan hal tersebut untuk memaksimalkan kinerja dari seluruh perangkat yang menggunakannya.

BACA JUGA  Daftar Smartphone 5G yang Bisa Tersambung Jaringan Indosat

Apakah Butuh Smartphone dengan RAM Besar?

Tentu ini menjadi pertanyaan terakhir persoalan RAM di HP Android. Sebenarnya soal ini tergantung dari kebutuhan pengguna masing-masing, apakah smartphone itu keperluannya hanya sebatas sebagai alat komunikasi saja atau mungkin ada kepentingan lain seperti pekerjaan yang bisa jadi membutuhkan anda beraktifitas secara multitasking.

Jika anda seorang gamer atau hobi main game, jelas pasti anda butuh HP Android dengan kapasitas RAM besar terlebih jika jenis game yang anda mainkan ini termasuk berat, seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, dan lain sebagainya. Hal ini juga berlaku untuk anda yang merupakan konten kretaor, dimana pasti butuh banyak aplikasi editing foto dan video yang ukuranya cukup besar, belum lagi file yang anda edit juga pasti berukuran besar.

Namun jika smartphone yang anda gunakan ini hanya sebatas digunakan sebagai alat komunikasi saja, karena mungkin anda sudah memiliki smartphone lain untuk kebutuhan pekerjaan, maka kapasitas RAM standar juga sudah mencukupi. Minimal anda bisa membeli smartphone dengan kapasitas RAM 2 GB atau 3 GB yang ada dipasaran saat ini, terlebih harga ponsel tersebut juga masih relative terjangkau sehingga anggaran dananya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain jika masih tersisa.

Jadi kesimpulannya, kapasitas RAM besar ini memang cukup penting di HP Android tergantung dari aktifitas anda. Karena percuma juga memiliki smartphone dengan RAM besar jika ponsel tersebut sebatas digunakan sebagai media komunikasi saja, apalagi kapasitas RAM ini juga berpengaruh pada harga jual dari smartphone itu sendiri, ambil contohnya seperti ponsel kelas premium yang dibanderol sekian puluh jutaan di pasaran Indonesia.