fbpx
Hp Samsung Tidak Bisa Dipakai Main Game Oleh Anak Liputantimes.com

Bagaimana Supaya Hp Samsung Tidak Bisa Dipakai Main Game Oleh Anak?

Di era perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali anak-anak suka bermain yang namanya game online. Game ini memang menjadi media hiburan bagi anak-anak ketika bersantai, namun jika hal ini keterusan maka sangat berbahaya karena bisa mengganggu aktifitas belajar mereka nantinya.

Karena hal itu, maka banyak orang tua yang khawatir pendidikan anak mereka terganggu, sehingga para orang tua ini pun mencari berbagai cara agar anak-anak tidak kecanduan bermain game online. Sejalan dengan itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas ulasan tentang cara agar Hp Samsung tidak bisa dipakai main game oleh anak yang bisa anda coba.

Untuk tehnik yang akan dibahas kali ini tidak hanya berlaku untuk pengguna hp Samsung saja, namun bagi pengguna ponsel lain yang berbasis android juga bisa menerapkannya. Dengan adanya ulasan ini diharapkan para orang tua bisa mengontrol kegiatan anak-anak mereka saat bermain game online, sehingga kegiatan belajar mereka tidak terganggu.

Kunci Aplikasi

Langkah pertama yang bisa anda coba untuk mengunci hp Samsung supaya tidak bisa dipakai main game oleh anak ialah dengan memberikan kata sandi pada aplikasi tersebut. Tentu cara ini paling mudah, dan anda bisa melakukannya di menu Setelan nanti.

  • Buka menu Setelan
  • Selanjutnya cari menu Kunci Aplikasi
  • Silahkan anda buat kunci aplikasi yang di inginkan, bisa menggunakan kunci berupa pola maupun kata sandi
  • Jika sudah, silahkan pilih aplikasi mana yang ingin anda berikan kunci tersebut
  • Selesai

Dengan menggunakan cara diatas tadi, setiap kali anak anda ingin bermain game tersebut harus memasukkan kunci yang anda buat tadi, jadi pastikan keamanan dari kata sandi tersebut dari si kecil. Selain mengunci aplikasi game tersebut, ada baiknya anda juga mengunci  aplikasi Play Store, karena kunci aplikasi tersebut bisa saja hilang pada saat game atau aplikasinya di install ulang.

Blokir Akses Dari Sumber Tidak Diketahui

Cara kedua yang bisa anda coba kali ini adalah memblokir akses dari sumber tidak diketahui yang ada didalam hp Samsung. Dengan anda mengunci Play Store, pasti si anak akan mencari sumber aplikasi lain yang bisa mereka dapatkan di dunia maya, sehingga mereka tetap bisa menginstall aplikasi yang tidak berasal dari Play Store kedalam hp Samsung miliknya.

BACA JUGA  Link Download PES 2021 Mod Apk Cheat Unlimited Money

Nah dengan mengunci fitur tersebut, maka pada saat anak anda menginstall aplikasi di luar Play Store maka tidak akan di izinkan oleh sistem didalam hp Samsung miliknya sehingga mereka tidak bisa menginstall aplikasi tersebut.

Hp Samsung Tidak Bisa Dipakai Main Game Oleh Anak Liputantimes.com

NetGuard

Cara agar Hp Samsung tidak bisa dipakai main game oleh anak kali ini adalah dengan memblokir akses internet pada aplikasi / game yang di inginkan. Dengan begini maka jika anak anda ingin main game tersebut tidak akan bisa mengaksesnya karena jaringan internetnya telah di blokir

  • Langkah pertama silahkan anda download dan install terlebih dahulu aplikasi NetGuard di Hp Samsung
  • Setelah itu, silahkan buka aplikasi NetGuard ini
  • Silahkan anda pilih daftar aplikasi yang ingin anda blokir akses internetnya didalam hp Samsung tersebut
  • Yang menariknya disini adalah, aplikasi NetGuard ini bisa memblokir dua sumber internet sekaligus, yakni melalui data seluler maupun WiFi. Nah jika anda ingin memblokir jaringan internet dari data seluler silahkan klik bagian opsi Mobile Data hingga muncul tanda Silang berwarna merah , begitu pula pada opsi WiFi
  • Jika pengaturan sudah cukup, silahkan anda pilih Aktifkan NetGuard yang berada di bagian pojok kiri atas
  • Saat muncul menu Pop-up, silahkan anda pilih Yes
  • Selesai

Dengan mengaktifkan aplikasi NetGuard ini, maka secra otomatis akses internet untuk aplikasi maupun game yang sudah anda pilih tadi bakalan diblokir. Dan jika game tersebut menggunakan internet agar bisa online, maka hal ini tidak akan terjadi karena akses internet kedalam aplikasi/game tersebut sudah diblokir, baik menggunakan Data Seluler maupun WiFi.

Lalu bagaimana cara mengembalikan pengaturannya tadi agar aplikasi tersebut bisa mengakses internet kembali? Silahkan anda ikuti cara diatas tadi kembali, dan tekan aplikasi yang diblokir di hp Samsung tadi hingga muncul tanda centang berwarna hijau.

Untuk pengaturan lainnya, anda bisa mencoba mengotak-atik aplikasi itu sendiri untuk mendapatkan akses blokir pada layanan lain sehingga tidak hanya berguna untuk sekedar memblokir aplikasi saja. Ketiga cara yang sudah dibahas diatas tadi ini bisa anda coba secara bertahap, dimana cara paling sederhana yakni pada poin pertama dan kedua karena memang anda tidak perlu aplikasi tambahan.

BACA JUGA  Deretan hp Oppo 5G yang Sudah Tersedia di Indonesia!

Namun jika kedua cara diatas tadi belum berhasil, anda bisa memakai cara ketiga. Sekedar saran, ada baiknya jika aplikasi NetGuard ini anda sembunyikan letaknya supaya anak tidak curiga lalu menghapusnya, karena jika mereka menghapus aplikasi NetGuard ini, maka secara otomatis kunci aplikasi ini bakalan terbuka semua dan aplikasi atau game tersebut bisa mereka mainkan kembali..

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara agar Hp Samsung tidak bisa dipakai main game oleh anak, semoga ulasan ini bermafaat dan menambah wawasan anda. selamat mencoba