Penyebab Fingerprint Oppo Panas Terus

Salah satu fitur keamanan yang ada didalam smartphone kali ini adalah Fingerprint, dimana fitur tersebut saat ini menjadi hal yang wajib ada pada setiap smartphone baru. Meskipun sekarang sudah ada fitur yang lebih canggih, namun fingerprint ini masih dianggap yang paling umum digunakan karena harga ponsel dengan fitur tersebut masih relatif terjangkau.

Oppo merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang juga menggunakan Fingerprint sebagai fitur keamanan dari perangkat mereka. Yang namanya benda elektronik pasti pernah atau ada kendala didalamnya, seperti salah satunya yang terjadi pada bagian fingerprint tersebut.

Beberapa masalah yang dialami pada fitur ini adalah biasanya fingerprint tidak bekerja, tidak bisa membaca sidik jari dari pengguna, dan mungkin fingerpint mengalami masalah seperti cepat panas. Tentu masalah seperti ini tidak bisa disepelekan, karena dikhawatirkan ada masalah serius yang menyebabkan kerusakan makin parah.

Untuk itu pada kesempatan kali ini coba untuk mencari tahu apa saja penyebab fingerprint Oppo panas terus tersebut. Ada beberapa masalah umum yang perlu anda ketahui dan coba untuk mengatasinya, penasaran apa saja? simak ulasannya dibawah ini.

Data Internet Selalu Aktif

Penyebab fingerprint Oppo panas terus yang pertama kali ini adalah karena paket internet didalam smartphone anda selalu aktif, apalagi penggunaannya sendiri untuk mengakses sejulah aplikasi berat dengan durasi waktu yang cukup lama. Karena banyaknya proses yang berjalan di layar belakang apalagi ditambah dengan paket internet aktif maka menjadikan fingerprint bahkan seluruh smartphone panas.

Lantas bagaimana solusi untuk masalah ini ? tentu anda harus mematikan data internet didalam hp Oppo tersebut apabila tidak diperlukan.  Selain untuk menghindari suhu panas tersebut, anda juga bisa menghemat kapasitas daya baterai dan juga kuota internet sekalian.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Beberapa smartphone baru dirancang untuk memenuhi kebutuhan aktifitas multitasking yang cukup tinggi bagi pengguna, namun ada sejumlah ponsel yang rupanya tidak bisa mengimbangi aktifitas tersebut, sehingga membuat ponsel jadi cepat panas.

BACA JUGA  Samsung Hilangkan Huruf Z Diponsel Lipat Pasar Eropa, Sebab Perang Rusia-Ukraina?

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, sekalipun anda tidak sedang memakainya hal tersebut perlahan-lahan akan membuat suhu dari ponsel meningkat karena sistem terus bekerja. Dan jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa mengakibatkan smartphone beserta fingerpint panas dan tak jarang juga bisa membuatnya rusak karena suhu tinggi tersebut.

Untuk mengatasinya anda bisa menutup sejumlah aplikasi yang berjalan dibelakang layar ini secara paksa jika memang tidak dibutuhkan. Dengan begini maka hp Oppo anda akan bekerja pada aplikasi yang memang sedang anda gunakan saja.

Charge Hp Sambil Digunakan

Aktifitas ini mungkin cukup sering anda temui, dimana ada orang yang tetap menggunakan smartphone mereka padahal dalam kondisi sedang di charge. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab Fingerprint Oppo panas terus, karena memang kondisi suhu ponsel ini juga berpegaruh pada komponen lainnya seperti fingerprint.

Aktifitas ini memang sangat tidak dianjurkan karena selain bisa merusak baterai yang disebabkan oleh tinggi, namun juga sangat berbahaya jika sampai terjadi ledakan karena overheat. Untuk solusi hal ini sangat mudah, pastinya anda perlu mematikan ponsel pada saat di charge, atau minimal jangan digunakan untuk beraktifitas apabila memang tidak penting.

Cache Data dan Aplikasi

Dan penyebab terakhir yang mungkin tak banyak disadari oleh para pengguna hp Oppo adalah cache / file sampah.  Biasanya file sampah ini akan muncul pada saat anda sedang menjalankan berbagai aplikasi maupun baru saja browsing internet, jika jumlah cache ini terlalu banyak maka bisa menyebabkan smartphone cepat panas.

Nah untuk mengatasi masalah ini tentu anda harus rajin-rajin membersihkan cache didalam hp Oppo anda. Untuk membersihkannya ini anda bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah disediakan didalam smartphone, setelah itu silahkan restart ponsel agar nantinya menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang penyebab fingerprint Oppo panas terus, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selamat mencoba