fbpx
Perbandingan Oppo Reno 6 Jaringan 5g vs Vivo X60 Pro Jaringan 5g . liputantimes.com

Perbandingan Oppo Reno 6 Jaringan 5G vs Vivo X60 Pro Jaringan 5G Bagus yang Mana?

Beberapa waktu lalu perusahaan Vivo telah secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka dengan jaringan 5G yakni Vivo X60 Pro dikelas menengah atas, ponsel ini datang dengan desain premium membuatnya nampak begitu mewah. Dan dalam waktu dekat ini pihak Oppo bakal menghadirkan pesaingnya yang disebut memiliki nama Oppo Reno 6.

Sebagian besar spesifikasi dari Oppo Reno 6 ini memang tidak jauh beda dengan X60 Pro, hanya saja ada beberapa spesifikasi yang membuatnya layak untuk dimiliki. Tentu kedatangan dari andalan baru dari Oppo ini bakal membuat para penggemar gadget bingung, karena spesifikasinya tidak jauh beda dan banderol harganya pun juga begitu.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang perbandingan Oppo Reno 6 dan Vivo X60 Pro agar nantinya bisa jadi bahan pertimbangan anda sebelum membelinya. Pasti kedua perangkat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan hal itulah yang akan kita bahas dibawah ini.

Bodi dan Layar

Untuk perbandingan yang pertama kali ini diawali pada bagian fisiknya, dimana Oppo Reno 6 ini hadir dengan menggunakan desain bodi berukuran 156.8 x 72.1 mm dengan ketebalan mencapai 7.6 mm, sementara untuk bobotnya hanya 182 gram saja. Smartphone ini memiliki 3 varian warna yaitu Blue, Black, dan Aurora.

Lalu untuk layarnya, hp Oppo ini dibekali dengan panel AMOLED berukuran 6.43 inch serta memiliki resolusi FHD+ (1080 x 2400 pixel) dengan frame rate mencapai 90 Hz. Layar dari Oppo Reno 6 ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 sebagai pelindungnya serta didukung dengan fitur HDR didalamnya.

Lantas bagaimana dengan Vivo X60 Pro? Ponsel ini memiliki desain bodi berukuran sedikit lebih besar yakni 158.6 x 73.2 mm dengan ketebalan 7,6 mm dan bobotnya sedikit lebih ringan yakni 179 gram saja. Perangkat ini memiliki dua varian warna yakni Shimmer Blue dan Midnight Black.

Karena ukuran bodinya lebih besar, jelas hal itu untuk mengimbangi ukuran layarnya yang juga lebih besar yakni 6.56 inch beresolusi FHD+ (1080 x 2376 pixel). Tak hanya pada bagian ukuran layarnya saja, namun hp Vivo ini juga lebih unggul karena mendukung fitur HDR10+, memiliki frame rate 120 Hz dan sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6, lalu bodi belakangnya dilapisi dengan Gorilla Glass 6 juga, serta menggunakan frame berbahan aluminium membuatnya nampak berkelas dan mewah.

BACA JUGA  Xiaomi Redmi 9A Spesifikasi dan Harga HP 1 Jutaan Andalan Xiaomi

Performa

Masuk pada bagian hardware, dimana Vivo X60 Pro ini sudah ditenagai oleh chipset Snapdragon 870 5G Octa-core yang dibantu dengan RAM 128 Gb dan memiliki memori internal 256 GB. Sayangnya ponsel ini tidak dibekali dengan slot microSD sehingga anda tidak bisa memperbesar penyimpanannya nanti, penggunaan chip snapdragon seri 8 ini memang sangat wajar karena hp Vivo tersebut memang hadir untuk kelas atas.

Berpindah pada Oppo Reno 6, dimana ponsel kelas menengah ini sudah ditenagai oleh chipset Mediatek Dimensity 900 5G Octa-core yang dibantu dengan RAM 8 GB dan 12 GB serta memori internal 128 GB dan 256 GB. Sama halnya dengan X60 Pro, dimana ponsel ini juga tidak dibekali dengan slot microSD untuk memperbesar penyimpanan.

Kedua hp jaringan 5G ini sama-sama sudah berjalan pada sistem operasi terbaru yakni Android 11. Untuk performa sepertinya Oppo Reno 6 lebih unggul, selain karena memiliki dua opsi penyimpanan ponsel ini prosesonya dibangun dalam proses 6nm yang dinilai lebih efisien, sementara untuk Snapdragon 870 5G dibangun dalam proses 7nm.

Fotografi

Meskipun harga Oppo Reno 6 ini lebih terjangkau, smartphone datang dengan menggunakan triple kamera belakang yang memiliki resolusi 64 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP lensa macro. Kamera ini memiliki kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K dan didukung fitur seperti HDR dan panorama didalamnya.

Untuk kamera depannya, Oppo Reno 6 memiliki kamera selfie 32 MP yang diletakkan dalam sebuah notch waterdrop. Sementara itu untuk Vivo X60 Pro ini datang dengan menggunakan spesifikasi yang tak kalah menarik yaitu lensa utama 48 MP + 13 MP ultrawide + 13 MP Telephoto, dan untuk kamera depannya sama-sama memiliki lensa 32 MP.

Yang menarik disini, kamera dari X60 Pro ini memakai lensa dari Carl Zeiss, dimana lensa tersebut didukung dengan fitur seperti HDR, Panorama, Pixel Shift, dan juga gyro-EIS. Tak ketinggalan kamera hp android ini juga mampu merekam video dengan resolusi 4K, bisa dikatakan jika kemampuan kamera dari hp Vivo ini sedikit lebih unggul dari Oppo.

Baterai

Oppo Reno 6 ini hadir dengan dibekali baterai berkapasitas 4.300 mAh dan sudah dilengkapi oleh fitur SuperVOOC 2.0 fast charging 65W. Lalu untuk Vivo X20 Pro memiliki kapasitas daya baterai yang sedikit lebih kecil yakni 4.200 mAh dengan fitur fast charging 33W.

BACA JUGA  Ngebut Banget, Segini Kecepatan Internet Hp 5G Termurah di Indonesia!

Tentu soal pengisian daya ini memang fitur SuperVOOC milik Oppo bisa dikatakan salah satu rajanya, karena mereka memang mengandalkan fitur tersebut pada sejumlah ponsel andalannya dipasaran sebagai daya tarik.

Perbandingan Oppo Reno 6 Jaringan 5g vs Vivo X60 Pro Jaringan 5g . liputantimes.com

Fitur

Untuk fitur pendukungnya, Oppo Reno 6 ini sudah dibekali dengan Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.2, USB Type-C serta fitur keamanan berupa fingerprint dibawah layar sebagai fitur keamanan. Sayangnya hp jaringan 5G milik Oppo dikelas menengah ini belum mendukung fitur NFC yang belakangan ini banyak digunakan pada ponsel baru.

Sementara Vivo X60 Pro ini juga memilik memiliki fitur Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.2, USB Type-C, serta fitur Fingerprint didalam layar juga. Namun yang menarik, hp Vivo ini dibekali dengan fitur NFC, hal ini wajar saja karena memang ponsel ini dipasaran untuk kelas menengah atas.

Perbandingan Harga Oppo Reno 6 vs Vivo X60 Pro

Seperti yang sudah disinggung diawal kalimat tadi, jika kedua Hp jaringan 5G ini memiliki target pemasaran yang berbeda, Oppo Reno 6 di kelas menengah dan Vivo X60 Pro ini dikelas menengah atas. Sehingga dengan begini wajar saja jika harga kedua ponsel ini tentu berbeda mengingat spesifikasi yang dimiliki keduanya juga ada sejumlah perbedaan.

Untuk harga Oppo Reno 6 ini dibanderol mulai dari 2.799 Yuan (Rp 6 jutaan) untuk versi RAM 8GB/128 GB, dan 3.199 Yuan (Rp 7 jutaan) untuk versi RAM 12 GB/256 GB. Sementara untuk harga Vivo X60 Pro ini di Indonesia dijual senilai Rp 8 jutaan.

Untuk Oppo Reno 6 ini di Indonesia sendiri masih belum tersedia, sehingga kemungkinan ada perbedaan harga dibandingkan varian di China. Kabar baiknya hp Vivo ini juga bakal hadir di Indonesia setelah beberapa waktu lalu pihak Oppo Indonesia memberikan konfirmasinya.

Dari ulasan diatas tentu bisa ditarik kesimpulan, jika Oppo Reno 6 ini memiliki keunggulan pada sisi baterai, harganya lebih terjangkau, memiliki dua varian penyimpanan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Sementara untuk Vivo X60 Pro ini memiliki kelebihan pada ukuran layar sedikit lebih luas, desain bodi premium, lensa kamera lebih baik, dan sudah mendukung fitur NFC didalamnya.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang perbandingan Oppo Reno 6 vs Vivo X60 Pro, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda nantinya.