Cara Menghemat Baterai Hp Android liputantimes.com

Cara Menghemat Baterai Hp Android ini Ternyata Bikin Boros, Pernah Coba?

Hp android merupakan smartphone yang banyak dikalangan masyarakat, maka tidak heran jika tips trik mengenai perangkat tersebut banyak sekali ditemukan di dunia maya, salah satunya adalah cara menghemat baterai Hp android.  Tak bisa dipungkiri jika baterai ini memiliki peran sangat vital pada smartphone, karena memang menjadi sumber daya paling utama agar bisa menyala.

Pastinya anda pernah membaca salah satu cara agar baterai hp android ini hemat ialah dengan membersihkan layanan Recent Apps. Ini merupakan sebuah fitur berisikan deretan aplikasi yang sedang dibuka atau sedang aktif di background, dan diklaim dengan membersihkan bagian ini akan membuat baterai ponsel anda jadi hemat.

Banyak yang beranggapan, jika aplikasi yang masuk dalam daftar Recent Apps ini masih bekerja sehingga mereka masih mengkonsumsi baterai dari Hp android sekalipun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan.  Padahal sebenarnya, aplikasi yang berada di dalam Recent Apps ini kondisi dalam keadaan berhenti / tidak berjalan, lalu disimpan kedalam memori (cache) ponsel anda.

Tujuan adanya Recent Apps ini adalah agar aplikasi yang sebelumnya pernah dibuka ini nanti bisa dimuat lebih cepat ketika ingin dibuka kembali oleh pengguna. Maka dari itu, dengan anak menghapus aplikasi yang  berada didalam Recent Apps di hp android ini malah membuat baterai ponsel smartphone cepat terkuras karena sistem bekerja lebih keras untuk membuka kembali aplikasi tersebut dari awal.

Baterai ponsel pun juga bakal cepat habis lagi apabila aplikasi yang anda buka ini termasuk berat, karena mereka akan membuka aplikasi tersebut mulai dari nol daripada cukup membuka ulang aplikasi dari data yang sebelumnya tersimpan di Recent Apps. Untuk itu jika anda ingin menghemat baterai dari smartphone sebaiknya tidak dengan cara menghapus Recent Apps seperti diatas tadi.

Ada dua cara menghemat baterai Hp Android yang lebih efektif dibandingkan menghapus Recent apps, yakni dengan cara mengurangi notifikasi yang masuk pada smartphone serta memberikan batasan dalam pemakaian data. Untuk cara pertama yakni mengurangi notifikasi, anda bisa menonaktifkan sejumlah aplikasi yang terlalu sering mengirim notifikasi kurang penting di layar ponsel.

BACA JUGA  Beredar Tiruan iPhone 14 Pro Max Seharga Rp 1 Jutaan Doang

Sejumlah aplikasi tertentu seperti sosial media contohnya, biasanya mereka ini memberikan opsi kepada para pengguna untuk mengatur agar notifikasi yang dikirimkan bisa dalam interval waktu lebih lama dari biasanya. Cara ini cukup masuk akal, karena anda telah mengurangi aktifitas sinkronisasi yang dilakukan pada latar belakang sistem di dalam ponsel tersebut.

Lalu untuk cara kedua yakni dengan membatasi pemakaian data di ponsel, silahkan anda buka menu didalam ponsel yang menunjukkan tabel konsumsi data pada hp android.  Nah dari sini anda bisa memeriksa kira-kira aplikasi apa saja yang paling banyak mengkonsumsi data didalam ponsel tersebut.

Jika dirasa aplikasi ini tidak begitu penting atau bahkan jarang anda gunakan, pilih aplikasi tersebut lalu batasi atau hapus izin data pada background. Dengan begini maka tehnik tersebut bakal melarang aplikasi tadi untuk menggunakan akses internet secara otomatis, sehingga baterai smartphone pun bakal lebih hemat begitu pun dengan kuota internet yang anda miliki.

Anda bisa mencoba cara menghemat baterai Hp Android diatas tadi, lalu anda buktikan sendiri apakah ada perubahan yang signifikan pada konsumsi daya baterai ponsel anda apa tidak. Cukup Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.