fbpx
Cara Memakai Instagram Reels liputantimes.com

Hadir di Indonesia, Begini Cara Memakai Instagram Reels!

Ada kabar menarik bagi pengguna jejaring sosial Instagram di Tanah Air, pasalnya baru-baru ini mereka baru saja meluncurkan fitur terbarunya yang bernama Reels. Kedatangan fitur ini bersamaan dengan fitur baru lainnya yakni Music Lyrics yang juga beberapa waktu lalu menyapa pengguna di Indonesia.

Sekilas, fitur Instagram Reels ini mirip dengan TikTok sehingga memungkinkan pengguna bisa berbagi video pendek sambil memainkan kreatifitasnya. Dalam update kali ini, kedatangan fitur Instagram Reels tersebut sedikit mengubah tampilan muka dari sosial media tersebut, terdapat tambahan ikon khas Reels yang diletakkan diantara tengah-tengah tab Home, Explore, Store, dan juga Profile.

Sementara itu, keberadaan ikon untuk menambahkan konten Feeds ini dipindah pada sisi atas disamping ikon Notification maupun Direct Messages. Pieter Lydian selaku Country Director Facebook Indonesia mengajak para pengguna Instagram untuk membuat konten Reels, lalu menambahkan tagar #TampildiReels sebagai kampanye kreatif fitur baru tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan Instagram Reels tersebut? bagi anda yang ingin mencobanya, silahkan anda mulai seperti membuat Story biasanya, lalu pada bagian bawah silahkan pilih menu Reels yang terletak di samping menu Story ataupun Live. Untuk cara lain yang lebih mudah, anda bisa menekan ikon ‘+’ yang berada di sebelah ikon Notifikasi.

Untuk durasi Instagram Reels ini sendiri berkisar 15 – 30 detik saja, cukup dengan menekan tombol Reels seperti membuat Story, lalu silahkan anda buat video se-kreatif mungkin. Dalam sekali pencet tombol ini tidak hanya berlaku untuk sekali perekaman, namun bisa berkali-kali perekaman asal batas video tersebut maksimal adalah 30 detik saja.

Tidak hanya sekedar membuat video saja, nantinya anda juga bisa memilih jenis audio yang ingin dipakai, silahkan anda pilih salah satu dari daftar audio yang disediakan dalam daftar. Lalu anda bisa mengatur juga kecepatan pemutaran video yang anda buat tadi didalam Reels, mulai 0.3x, 0.5x, 1x, 2x, hingga paling tinggi adalah 3x kecepatan pemutaran.

Instagram Reels ini juga memiliki sejumlah efek agar nanti video yang anda rekam hasilnya menarik. Setelah semua pengaturan tadi selesai dilakukan, anda bisa klik menu Preview untuk melihat hasil editan video anda tadi sebelum di posting, letaknya berada di sisi kanan dari tombol utama.

BACA JUGA  5 Iphone Murah Paling Rekomendasi

Pada bagian ini anda juga masih bisa melakukan pengaturan seperti besar kecilnya audio diantara  suara hasl rekaman beserta suara dari music latar tadi. Anda juga bisa menambahkan dubbing pada video ini memanfaatkan fitur Voice Over yang tersedia.

Cara Memakai Instagram Reels liputantimes.com

Jika dirasa video yang dibuat pada Instagram Reels tadi sudah cukup, maka anda bisa mengetuk menu Next yang letaknya berada di sisi kanan bawah tampilan dan menambahkan caption sebelum anda mempostingnya pada Feed Instagram nanti. Untuk mencari konten Reels dari pengguna lain, anda bisa mencarinya pada tab Reels yang sudah disediakan, menu itu nantinya akan membuka tampilan seperti FYP (For You Page) yang ada di dalam aplikasi TikTok.

Sebagai pertanda jika konten di feed yang diposting tadi adalah Instagram Reels, maka akan tersedia watermark ikon Reels tersebut yang diletakkan pada sudut kanan atas di konten tersebut. Nantinya konten Reels ini sendiri akan bakal memiliki tab khusus pada profil pengguna yang sudah membuat konten Reels, sehingga tidak akan bercampur dengan Feed Instagram yang ada sebelumnya.

Apakah anda tertarik mencobanya? Silahkan cek langsung pada aplikasi Instagram yang ada didalam smartphone anda, jika fitur ini belum muncul maka silahkan update terlebih dahulu aplikasi Instagram yang anda miliki.