fbpx
Sah! 6 Fitur Baru Ini Hadir di HP Android Liputantimes.com

Sah! 6 Fitur Baru Ini Hadir di HP Android

Pekan lalu, raksasa Google telah secara resmi mengumumkan jika mereka telah memberikan peningkatan pada platform android miliknya. Dimana raksasa internet tersebut telah memberikan sujumlah fitur baru bagi pengguna android yang lebih keren dan pastinya sangatlah bermanfaat bagi pengguna.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian pengamat teknologi adalah kehadiran fitur yang mampu mendeteksi gempa bumi yang akan disebarkan ke seluruh pengguna android di dunia. Mungkin kehadiran dari fitur ini tidak terlepas dari semakin maraknya terjadi musibah bencana alam tersebut di sejumlah negara termasuk Indonesia salah satunya.

Tak lupa Google juga memberikan sejumlah fitur yang akan memudahkan para pengguna hp android penyandang disabilitas dalam melakukan aktifitas menggunakan perangkat miliknya tersebut. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut 6 fitur keren yang dihadirkan Google untuk pengguna android.

Android Earthquake Alerts System

Fitur pertama yang hadir di hp android kali ini adalah Android Earthruake Alerts System, sesuai namanya jika fitur ini memungkinkan smartphone anda bisa mendeteksi adanya gempa bumi yang tergolong cukup sering terjadi di Indonesia. Setelah itu, aplikasi ini pun bakal memberikan peringatan kepada pengguna ponsel melalui notifikasi dalam perangkat mereka.

Dengan adanya fitur Accelerometers didalam hp andrpid, nantinya ponsel-ponsel tersebut tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga bisa jadi Seismometer mini untuk mendeteksi tanda-tanda apabila sedang terjadi gempa bumi disekitar anda.  Sebelumnya, fitur Accelerometers ini didalam smartphone berguna untuk mendeteksi arah maupun gerakan ponsel yang dikombinasikan bersama Giroskop untuk motion control.

Sah! 6 Fitur Baru Ini Hadir di HP Android Liputan

Namun kali ini, Google sebagai empunya android telah mengembangkan fungsi dari komponen Accelerometer itu sendiri menjadi mirip dengan seismometer yang bisa mendeteksi adanya gempa bumi. Pada saat anda mengetikkan kata kunci ‘earthquake’ pada Google Search, maka secara otomatis mereka bakal menampilkan berbagai informasi mengenai area yang ada disekitar pengguna.

Bagi anda yang ingin mencobanya harap bersabar dulu, pasalnya fitur baru di hp android ini untuk sementara masih tersedia bagi pengguna yang berada di Selandia Baru, Turki, Yunani, Filipina, Republik Kirgistan, Kazakhastan, Tajikisan, Turkmeninstan, dan juga Uzbekistan. Rencananya Google juga bakal merilis fitur baru ini ke negara lain dalam beberapa waktu mendatang.

BACA JUGA  iPhone 14 Disebut Bakal Hengkang? Ini Gantinya!

Diharapkan fitur ini juga bakalan datang bagi pengguna hp android di Indonesia, mengingat negara kita ini menjadi salah satu wilayah yang dikelilingi oleh banyak gunung berapi aktif, sehingga sangat rawan terjadi bencana alam salah satunya aktifitas gempa bumi tersebut.

Mengakses Fitur di Aplikasi Dengan Suara

Kali ini pengguna hp android bisa memanfaatkan keberadaan asisten digital untuk mengakses fitur yang ada di aplikasi tertentu melalui perintah suara.  Seperti contohnya, anda mengatakan ‘OK Google, lakukan pembayaran tagihan belanja di bank saja’, setelah itu Google bakal mengunjungi aplikasi terkait untuk menyelesaikan tugas yang anda perintahkan.

Meskipun cukup keren, akan tetapi pihak Google masih merahasiakan kapan kira-kira kemampuan atau fitur baru yang mereka miliki bakalan hadir untuk seluruh pengguna hp android nantinya. Anda bisa berharap jika fitur ini segera hadir karena pihak Google sendiri juga sudah memberikan bocoran mengenai fitur terbaru mereka tersebut.

Menjalankan Perinta Dengan Voice Access

Kali ini fitur Voice Access bisa anda manfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah bisa mengendalikan perangkat melalui perintah suara. Tentunya fitur baru yang digulirkan oleh pihak Google ini bakal sangat bermanfaat bagi saudara kita yang menyandang disabilitas.

Sah! 6 Fitur Baru Ini Hadir di HP Android Liputantimes.com

Dengan memanfaatkan Voice Access tersebut, maka anda bisa menjalankan berbagai perintah melalui suara, seperti contohnya membuka menu pada ponsel tanpa harus menyentuh maupun mengusap layar di smartphone. Google juga telah menambah fitur baru baru yang memungkinkan pengguna yang penyandang disabilitas ini bisa mengenali bidang kata sandi untuk memasukkan, angka, huruf, bahkan symbol.

Starred Messages

Mungkin untuk fitur baru di hp android ini tidak begitu asing bagi pengguna, dimana anda bisa memberikan ‘bintang’ pada pesan SMS tertentu (termasuk foto) untuk dibacanya kembali di lain waktu. Tentu layanan seperti ini sudah tersedia saat ini pada sejumlah aplikasi pesan instant, yang mana akan memudahkan pengguna dalam mencapi pesan yang tidak ingin mereka lewatkan di lain hari.

Selain itu keberadaan Pesan Berbintang ini akan memudahkan mereka untuk mencari pesan yang dianggap penting tersebut dengan lebih cepat untuk dibaca kembali dilain waktu. Untuk menggunakan layanan ini pun sangatlah gampang, anda tinggal menekan agak lama pada pesan yang ingin dibintangi, lalu akan muncul ikon bintang di layar, dan anda cukup menekan ikon tersebut.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Baterai iPhone Tidak Mengisi Saat Dicas

Rencananya fitur baru Starred Messages ini bakalan hadir kepada seluruh pengguna hp android dalam beberapa minggu kedepan, jadi tunggu saja.

Emoji Kitchen

Fitur baru selanjutnya untuk pengguna hp android adalah Emoji Kitchen, dimana fitur ini akan menjadi tambahan pilihan emoji bagi anda yang menggunakan aplikasi Gboard. Dengan emoji Kitchen tersebut, nantinya masing-masing emoji ekspresi wajah bakal mendapatkan tampilan baru yang berasal dari gabungan dengan emoji lainnya.

Nah varian baru dari emoji di Gboard ini bakal bisa pengguna kirimkan pada aplikasi chating, bukan sekedar emoji yang berukuran kecil namun berupa stiker dengan ukuran besar. Untuk sementara fitur baru ini masih tersedia pada aplikasi Gboard beta, dan nantinya fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna hp android dengan OS Android 6.0 atau yang lebih baru.

Kemampuan Baru Pada Android Auto

Dan fitur yang terakhir, kini pada Android Auto anda bisa mengkustomisasi tampilan pada launcher screen secara langsung dari ponsel, lalu menyetelnya dalam model gelap secara manual.  Selain itu, anda juga bakal dimudahkan dalam mencari konten menggunakan tab baru pada aplikasi media, ada juga menu ‘back to top’ serta tombol A sampai Z pada scrool bar untuk mencari urutan konten didalamnya.

Sah! 6 Fitur Baru Ini Hadir di HP Android Liputantimes.com

Tidak hanya itu, Google juga menghadirkan fitur yang berguna untuk menambah pengalaman mengemudi dari pengguna seperti dukungan aplikasi pengisian daya, parkir, maupun navigasi EV.  Lalu pengguna pun kini juga bisa mengakses aplikasi pesan instant seperti WhatsApp secara langsung pada head unit yang kebetulan tersedia pada mobil mereka.

Untuk fungsi dari Android Auto ini sendiri sudah terintegrasi pada hp Android dengan sistem operasi 6.0 atau versi yang lebih baru, sehingga dengan begini para pengguna bisa menyambungkan head unit maupun konsol mobil mereka yang mendukung layanan Android auto untuk menjalankan fungsi didalamnya.

Gimana? keren-keren bukan fitur baru yang diberikan oleh Google pada hp android kali ini. Meskipun masih belum semua bisa merasakan fitur baru ini, setidaknya dengan begini bisa jadi bukti jika Google menunjukkan komitmen mereka untuk selalu memanjakan konsumennya dengan terus mengembangkan teknologi yang mereka miliki tersebut.