Harga dan Spesifikasi Realme 8, HP 5G Termurah di Indonesia liputantimes.com

Harga dan Spesifikasi Realme 8, HP 5G Termurah di Indonesia

Ada kabar menarik bagi penggemar ponsel Tanah Air, akhirnya perusahaan Realme secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka ke Indonesia. Ponsel baru ini merupakan salah satu keluarga dari Realme 8 series, yakni Realme 8 5G, dimana perangkat ini telah resmi dirilis dalam acara peluncuran secara online pada tanggal 16/6/2021 lalu.

Sesuai namanya, varian Realme 8 ini memang sudah dibekali dengan jaringan terkini yaitu 5G yang sudah mulai banyak digunakan pada perangkat anyar. Pihak Realme sendiri mengklaim jika varian lain dari Realme 8 ini menjadi ponsel 5G paling murah di pasar Indonesia saat ini.

Secara tampilan, desain dari Realme 8 5G ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kedua saudaranya yakni Realme 8 dan juga Realme 8 Pro.  Namun ada beberapa spesifikasi yang dibedakan oleh pihak Realme pada perangkatnya tersebut.

Untuk ukuran bodi dari Realme 8 5G ini mencapai 162,5 x 74,8 mm dengan ketebalan sekitar 8.5 mm, sementara untuk  bobot dari ponsel ini cukup ringan, yakni 185 gram saja sehingga cukup nyaman digenggaman. Smartphone ini memiliki dua varian warna yang bisa anda pilih nanti, yakni Supersonic Black beserta Supersonic Blue.

Alih-alih memakai panel Super AMOLED seperti kedua saudaranya, Realme 8 5G ini malah hadir dengan menggunakan panel layar IPS LCD namun memiliki ukuran yang sedikir lebih besar yakni 6.5 inch. Layar tersebut memiliki resolusi setara FHD Plus (1080 x 2400 pixel) dengan refresh rate 90 Hz serta memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits, dengan begini tentu membuat kemampuan layar dari ponsel tersebut sangat memanjakan pengguna dalam aktifitas multimedia nanti.

Lalu dibagian atas layar ini juga terdapat lubang Punch Hole sebagai rumah dari kamera depannya yang berukuran 16 MP. Sementara dibagian punggung ponsel ini, Realme 8 5G ini memiliki 3 buah kamera yang diletakkan dalam sebuah modul berbentuk persegi, mirip sekali dengan kedua saudaranya namun resolusi kamera yang digunakannya kali ini dikurangi.

Hp 5G termurah di Indonesia ini memiliki lensa utama berukuran 48 MP dengan lensa macro 2 MP, dan memiliki kamera portrait 2 MP.  Tentu ukuran lensa ini lebih rendah dibandingkan saudaranya, yang mana Realme 8 versi reguler dibekali dengan lensa utama 64 MP sementara untuk versi pro memiliki lensa utama berukuran 108 MP.

BACA JUGA  Oppo A37 - Spesifikasi dan Harga Ponsel 2016 yang Berhenti Diproduksi

Tentu hal ini sangat wajar ya, karena pastinya pihak Realme mengupayakan supaya Realme 8 5G harganya bisa terjangkau dipasaran untuk memuaskan pengguna, mengingar saat ini smartphone dengan jaringan 5G dijual dengan harga yang cukup tinggi. Berpindah pada bagian dapur pacunya, hp android ini datang dengan menggunakan chipset Mediatek Dimensity 700 5G Octa-core yang dibantu dengan RAM berukuran 8 GB.

Realme 8 5G ini juga sudah berjalan pada sistem operasi terbaru yakni Android 11 berbasis Realme UI 2.0. Ada juga fitur Dynamic RAM Expansion (DRE) yang memungkinkan pengguna bisa melakukan upgrade RAM hingga 11 GB nantinya, waw keren banget kan ?

Untuk memori internal dari smartphone ini juga lumayan besar, yakni memiliki kapasitas 128 GB dan masih bisa anda perbesar lagi dengan microSD hingga kapasitas 1 TB. Dengan RAM sebesar itu tentu bakal sangat memanjakan pengguna dalam beraktivitas multitasking, karena dijamin Realme 8 tidak akan lelet dan bisa berjalan dengan lancar.

Dari segi keamanan, HP Realme ini dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan pada samping perangkat (Side-mounted), serta ada juga fitur AI Face Unlock yang memanfaatkan kamera depannya.  Untuk fitur lainnya, Realme 8 5G ini dibekali dengan fitur NFC, Bluetooth 5.1, Wifi, USB Type-C, hingga Audio Jack 3.5 mm.

Sementara itu, untuk menemani aktifitas pengguna Realme 8 5G ini dibekali dengan baterai yang cukup besar yakni berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur fast charging 18 W. Kapasitas baterainya memang sama dengan dua saudaranya, namun untuk fitur fast charging yang dimilikinya lebih rendah dari Realme 8 dengan 30W, sementara untuk Realme 8 Pro dengan 50W.

Lalu berapa banderol harga Realme 8 5G ini di Indonesia? Seperti yang sudah disinggung pad awal tadi, dimana ponsel ini bakal jadi hp 5G paling murah di Indonesia saat ini, karena dijual dikisaran angka Rp 3.2 jutaan saja.  Harga tersebut bisa dikatakan memang sangat terjangkau ya untuk ponsel dengan jaringan 5G kali ini, karena rata-rata hp 5G dijual dikiasaran angka Rp 5 jutaan keatas.

BACA JUGA  Spesifikasi Singkat dan Harga ASUS ROG Phone 6 Series di Indonesia

Meskipun ada beberapa spesifikasi dari Realme 8 5G yang dikurang dari dari versi reguler maupun versi pro, hal ini tidak jadi masalah karena spesifikasi yang ditawarkannya pun juga masih mumpuni untuk memanjakan aktifitas pengguna. Bagi anda yang tertarik membelinya, hp android ini bisa anda dapatkan dalam ajang Flash Sale di Realme.com maupun sejumlah mitra E-commerce Realme di Indonesia.

Untuk mengetahui spesifikasi lebih lengkap maupun kemampuan dari fitur yang dimiliki oleh Realme 8 5G ini, anda bisa berkunjung langung ke situs resmi Realme Indonesia nantinya.