fbpx
OPPO A74 liputantimes.com

Apa Fungsi RAM Expansion di Oppo A74 dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bagi pengguna smartphone Oppo A74, kini ada kabar cukup menarik bagi anda. Baru-baru ini pihak telah merilis pembaruan pada ponsel tersebut, sehingga memungkinkan para pengguna bisa mengaktifkan fitur RAM Expansion yang tersedia pada Color OS 11.1.

Bagi anda yang masih awam tentu bingung ya dengan fitur RAM Expansion tersebut? ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengalokasikan sebagian media penyimpanan didalam Oppo A74 sebagai RAM virtual.

Dengan begini maka anda bisa menggunakan memori internal sebagai tempat untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan namun tidak anda gunakan, sehingga ketika anda ingin menggunakannya lagi akan lebih cepat muncul. Dari penjelasan diatas, maka cara kerja dari RAM Expansion ini pun mirip dengan virtual memory yang terdapat didalam perangkat computer.

Yang menariknya lagi, dengan menggunakan fitur RAM Expansion ini anda bisa mengalokasikan hingga 5GB media penyimpanan internal Oppo A74 sebagai RAM virtual. Dengan begini maka bisa menjadi tambahan kapasitas RAM bawaan dari ponsel tersebut sebesar 6 GB.

OS A74 liputantimes.com

Perlu anda ketahui, berbeda dengan RAM pada computer yang bisa dilepas, untuk RAM didalam smartphone ini telah disolder ke mainboard sehingga anda tidak bisa menambahkannya sendiri.  Nah untuk menjalankan fitur RAM Expansion ini anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Menggunakan RAM Expansion di Oppo A74

  • Langkah pertama pastikan jika perangkat Oppo A74 anda ini sudah berjalan pada Color OS 11.1 terbaru dengan kode software (ColorOS 11.1 2021.05.06 CPH2210_11_A. 16).
  • Nah untuk mengecek versi ColorOS berapa pada ponsel Oppo A74 anda, maka bisa mengeceknya dengan cara buka menu Setting >> Software Update, setelah itu cari tulisan ColorOS dan silahkan anda cek apakah sudah versi terbaru apa belum, jika belum maka silahkan anda update apabila tersedia
  • Selanjutnya silahkan anda buka menu Settings lagi, lalu pilih menu About Phone, lalu klik menu RAM. Nah di dalam menu ini nantinya akan ada 3 opsi pilihan RAM Expansion diantaranya 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.
  • Nah kapasitas RAM virtual ini nantinya bisa anda tambah sesuai dengan kebutuhan, caranya dengan menggeser toogle pada jumlah RAM virtual yang anda inginkan.
  • Setelah menggeser toogle tadi, silahkan anda restart perangkat Oppo A74 anda untuk menyelesaikan pengaturan
  • Pada saat smartphone anda menyala kembali, silahkan anda akses menu Settings lalu pilih menu About Phone. Lalu pada bagian opsi RAM akan terdapat indicator jika jumlah RAM di dalam Oppo A74 anda sudah ditambah dengan virtual RAM yang telah anda aktifkan tadi, seperti 6 GB + 5 GB.
  • Selesai
BACA JUGA  OPPO Reno 5 Segera Miliki Versi Gaming?

Tentu dengan adanya RAM virtual ini bakalan sangat berguna, khususnya bagi anda yang memiliki aktifitas multitasking cukup tinggi, karena keberadaan RAM virtual tersebut tidak akan membebankan pada RAM asli bawaan smartphone sehingga membuat kinerjanya pun tetap maksimal meskipun menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Keberadaan fitur RAM Expansion ini sendiri tidak hanya berlaku pada perangkat Oppo A74 saja, namun bagi anda yang menggunakan smartphone Oppo yang berbasis Color OS 11.1 paling baru juga bisa menggunakannya, karena memang fitur tersebut merupakan fitur bawaan dari OS tersebut, jadi bukan hanya untuk Oppo A74 saja.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara menggunakan RAM Expansion di Oppo A74, semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
Apa itu RAM Expansion,ekstension ram apa gunanya di android,ram expansion apakah berguna