fbpx
Cara mencegah iphone overheat liputantimes.com

5 Cara Mencegah iPhone Cepat Panas Biar Makin Awet

Smartphone saat ini menjadi sebuah alat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi penggunaan ponsel secara terus-menerus ini juga cukup berbahaya karena bisa membuatnya cepat panas /overheat nantinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi, dan sayangnya tidak banyak orang yang menyadarinya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara mencegah iPhone cepat panas/overheat yang perlu anda ketahui. Dalam beberapa cara yang akan dibahas kali ini merupakan hal paling dasar yang bisa anda lakukan, namun jika ternyata hal itu tidak berhasil maka kemungkinan besar ada masalah para perangkat iPhone anda tersebut.

  1. Gunakan Charger Asli

Charger asli iphone liputantimes.com

Cara mencegah iPhone cepat panas yang pertama bisa anda lakukan adalah memastikan jika anda selalu memakai charger asli ketika mengisi daya ponsel tersebut. Penggunaan charger asli bawaan dari perangkat iPhone ini tujuannya adalah memastikan kompatibilitas kebutuhan daya dari perangkat anda sudah sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh perusahaan.

Jangan pernah anda tertipu atau menggunakan charger palsu yang seringkali meniru charger aslinya. Karena hal ini selain bisa menyebabkan overheat, yang paling parah bisa menimbulkan kebakaran atau bahkan perangkat anda meledak karena terlalu panas.

Perlu anda ketahui, jika selama proses pengisian daya perangkat smartphone pasti meningkatkan suhu dari perangkat tersebut. Untuk itu jangan pernah menggunakan perangkat anda ketika sedang di charger atau melakukan pengisian ulang ditempat yang panas.

  1. Matikan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh liputantimes.com

Fitur Background App Refresh didalam perangkat iPhone ini berfungsi untuk memastikan jika aplikasi yang berjalan bakal selalu aktif dan bisa mendapatkan update konten baru meskipun saat itu sedang tidak anda gunakan.

Memang cukup bermanfaat, namun dampak buruknya hal ini juga bisa meningkatkan suhu dari iPhone dan juga menguras daya baterai perangkat tersebut.  Maka dari itu, anda perlu bijak dalam menggunakan fitur tersebut, seperti mematikannya untuk beberapa aplikasi yang mungkin ‘tidak terlalu penting’.

Untuk mematikan fitur ini pun cukup mudah, silahkan anda buka menu Setting, setelah itu pilih menu General dan klik Background App Refresh. Silahkan anda matikan switch dari sejumlah aplikasi yang dirasa kurang penting tadi.

  1. Hapus Aplikasi yang Menguras Daya Baterai

aplikasi iphone liputantimes.com

Cara mencegah iPhone cepat panas selanjutnya kali ini adalah menghapus sejumlah aplikasi yang memiliki konsumsi daya baterai tinggi. Dalam sejumlah kasus, biasanya perangkat iPhone ini mendadak panas tanpa ada sebab yang jelas, dan bisa jadi ini ada beberapa aplikasi yang berjalan di background dan menguras daya baterai di perangkat anda.

Biasanya semakin tinggi mengkonsumsi daya baterai ini di iringi dengan peningkatan suhu pada perangkat tersebut. Untuk itu, cobalah masuk kedalam menu Setting >> General >> iPhone Storage, silahkan anda periksa daftar aplikasi yang muncul, jika ada beberapa aplikasi dengan konsumsi daya baterai tak wajar, maka anda bisa melakukan uninstall nantinya.

  1. Matikan Fitur GPS

GPS iPhone liputantimes.com

Mungkin untuk masalah yang satu ini sudah banyak yang mengetahuinya, dimana jika fitur GPS di dalam ponsel anda terus aktif meskipun tidak digunakan maka hal ini bisa membuat smartphone anda mengalami overheat. Tidak hanya pada perangkat iPhone saja, namun perangkat lain seperti hp android juga mengalaminya.

Biasanya penggunaan GPS ini dibutuhkan ketika menjalankan aplikasi Maps maupun dari sejumlah game, nah jika memang sudah tidak diperlukan ada baiknya anda mematikan fitur GPS tersebut. Selain bisa menyebabkan ponsel cepat panas, namun kondisi ini juga bisa membuat baterai cepat habis.

Selain GPS, layanan seluler juga bisa menghasilkan efek yang sama jika pada saat itu anda sedang berada di daerah dengan kondisi sinyal susah. Hal itu dikarenakan, ponsel anda akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal yang memadai, untuk mengatasinya anda bisa mengaktifkan mode airplane untuk sementara waktu sampai dilokasi dengan kualitas sinyal yang bagus.

  1. Hindari Sinar Matahari

iphone dibawah matahari liputantimes.com

Seperti yang dijelaskan oleh perusahaan Apple melalui laman resminya, jika suhu ideal dalam menggunakan iPhone ini adalah 0 hingga 35 celcius. Batas atas tersebut bisa dengan mudah dilewati apabila anda menggunakan ponsel tersebut ketika berada dibawah terik sinar matahari langsung, apalagi menggunakannya dalam kurun waktu yang lama.

Untuk itu, cara mencegah iPhone cepat panas selanjutnya adalah jangan pernah anda menggunakan ponsel tersebut ketika berada dibawah terik matahari langsung, atau ketika suhu udara di sekitar anda sedang hangat atau panas. Carilah tempat teduh dahulu jika memang kebetulan ada urusan penting yang mengharuskan anda menggunakan iPhone tersebut.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara mencegah iPhone cepat panas, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

BACA JUGA  iPhone 13 Android Ini Dijual Sejutaan Lho!