OPPO A74 liputantimes.com

OPPO A74 Vs Vivo Y51A, Manakah yang Lebih Rekomendasi?

Ditahun 2021 ini, kedua brand smartphone ternama yakni Vivo dan Oppo telah merilis dua ponsel terbaru mereka dipasaran. Dimana kedua ponsel tersebut adalah Vivo Y15A yang rilis pada bulan Januari 2021 lali, disusul OPPO A74 yang rilis pada bulan April 2021 kemarin.

Sekilas kedua smartphone ini memiliki spesifikasi maupun bentuk bodi yang sama, sehingga membuat para konsumen yang ingin membelinya pun kebingungan. Nah berikut ini, akan dibahas mengenai perbandingan OPPO A74 Vs Vivo Y51A yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan nantinya. penasaran seperti apa? langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Vivo Y51A liputantimes.com

Kita awali perbandingan kali ini pada bagian fisiknya, dimana kedua smartphone tersebut memiliki perbandingan ukuran yang sangat minim. Untuk OPPO A74 datang dengan ukuran bodi 162.9 x 74.7 mm dan ketebalannya mencapai 8.4 mm, sementara untuk Vivo Y51A ini memiliki bodi sedikit lebih besar yakni berukuran 163.9 x 75.3 mm dengan ketebalan 8.4 mm.

Perbandingan OPPO A74 Vs Vivo Y51A ini berasa pada sektor layar, dimana Vivo Y51A ini memiliki ukuran layar yang lebih besar yakni 6.58 inch dengan panel IPS LCD dan memiliki resolusi 1080 x 2408 pixel.

Hp Vivo ini memiliki layar dengan aspect rasio 415 ppi, dan memiliki notch water drop sebagai rumah kamera depan. Sementara untuk OPPO A74, memiliki ukuran sedikit lebih kecil yakni 6.5 inch 1080 x 2400 pixel namun memiliki frame rate 90 Hz yang begitu mantap. Untuk rumah kamera depannya pun hp Oppo ini juga lebih keren karena memakai konsep punch hole.

  • Hardware

Dengan perbandingan harga yang tidak terlalu jauh, sektor hardware dari kedua smartphone ini juga memiliki perbedaan lumayan. OPPO A74 datang dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G dengan pemrosesan 8 nm yang membuatnya sangat efektif untuk keperluan multitasking nantinya.

Sementara Vivo Y51A datang dengan menggunakan chipset Snapdragon 662 dengan pemrosesan 11 nm yang memang diperuntukkan untuk ponsel kelas menengah. Nampak dari sini, hp Oppo masih lebih unggul karena OPPO A74 menjadi ponsel 5G paling murah saat ini, yang menarik kedua ponsel ini datng dengan menggunakan sistem operasi terbaru yakni Android 11.

  • Media Penyimpanan

Perbandingan OPPO A74 Vs Vivo Y51A selanjutnya kini pada sisi penyimpanan, dimana smartphone Vivo nampak lebih unggul dengan dukungan RAM 8 GB dan memiliki memori internal berkapasitas 128 GB. Dengan dukungan RAM tersebut, tentunya pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk beraktifitas multitasking pada ponsel tersebut.

BACA JUGA  Apa Fungsi RAM Expansion di Oppo A74 dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sementara OPPO A74 datang dengan dukungan RAM lebih rendah yakni 6 GB dengan memori internal 128 Gb. Yang menarik memori milik Oppo ini sudah menggunakan versi UFS 2.1 yang diklaim mampu mengirim dan menerima gambar dengan sangat cepat nanti.

  • Fotografi

OPPO A74 belakang liputantimes.com.jpeg

Beralih ke sisi fotografi, dengan harga Vivo Y51A yang lebih murah namu mereka memiliki kemampuan fotografi yang lebih baik dari OPPO A74. Ponsel ini datang dengan menggunakan 3 kamera belakang berukuran 48 Mp + 8 MP + 2 MP dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Portrait, Photo, Video, Pano, Live Photo, Slo-Mo, Time-Lapse, Pro, DOC, Super Night Mode serta perekaman video 4K.

Lalu untuk kamera depannya ponsel ini dibekali dengan kamera selfie 16 MP untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sementara untuk OPPO A74 datang dengan kamera belakang berukuran 48 MP + 2 MP + 2 Mp dengan fitur HDR, Panorama, serta perekaman video 4K, untuk kamera depannya ponsel ini memiliki kamera selfie 8 Mp dengan Screen flash.

  • Baterai

Baterai memang menjadi komponen yang sangat penting dan wajib menjadi perhatian anda sebelum membelinya, karena hal ini ada kaitannya dengan ketahanan ponsel tersebut saat anda gunakan beraktifitas.

Nah perbandingan OPPO A74 Vs Vivo Y51A pada sektor ini hasilnya seimbang, dimana kedua smartphone tersebut sama-sama datang dengan menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Selain itu keduanya juga sudah mendapat dukungan fitur fast charging 18W untuk mempercepat pengisian daya baterainya.

  • Fitur

Untuk fiturnya jelas kedua smartphone ini memiliki kesamaan, mulai dari dukungan VoLTE, USB, WiFI, dual SIM, serta fitur keamanan berupa Face Unlock dan juga fingerprint sensor. Sementara itu masih ada juga dukungan 3.5 mm headphone jack yang memungkinkan pengguna bisa memakai headset nantinya.

Sesuai namanya, OPPO A74 ini lebih unggul di sisi jaringan karena ponsel tersebut sudah memiliki fitur 5G didalamnya, sementara untuk Vivo Y51A hanya dibekali dengan jaringan 4G saja. Yang pasti kedua smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal menyesuaikan kebutuhan anda saja nanti.

  • Harga

Soal harga, jelas OPPO A74 ini sedikit lebih mahal karena mendapat dukungan jaringan 5G tersebut, dimana ponsel ini dijual senilai Rp 3.4 jutaan. Lalu untuk harga Vivo Y15A dijual sedikit lebih murah yakni Rp 3 jutaan saja.

BACA JUGA  Fitur iOS 15 Bisa Blokir Foto Mantan, Begini Caranya

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang perbandingan OPPO A74 Vs Vivo Y51A, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda semua.