fbpx
Samsung Galaxy S21 liputantimes.com

Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20, Apa Saja yang Berubah?

Pada awal tahun 2021 ini, perusahaan asal Korea Selatan yakni Samsung telah resmi meluncurkan smartphone premium mereka yakni Samsung Galaxy S21 secara global, dimana Indonesia juga termasuk kebagian dalam perilisan perdana tersebut. Sebagai ponsel generasi baru, tentunya banyak yang penasaran akan fitur baru apa saja yang dibawa oleh ponsel tersebut.

Tak ketinggalan, mereka pastinya akan membandingkan sejauh mana pihak Samsung meng-upgrade kemampuan dari ponsel premium miliknya tersebut dari generasi sebelumnya yakni Galaxy S20. Maka dari itu, berikut ini akan dibahas mengenai perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20 yang perlu anda ketahui, seperti apa? simak ulasannya dibawah ini.

  1. Display

Perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20 yang pertama kali ini diawali pada bagian depan, dimana untuk ponsel terbaru ini datang dengan menggunakan dimensi bodi berukuran 151.7 x 71.2 mm dengan ketebalan mencapai 7.9 mm. Sementara untuk bobot dari ponsel ini cukup ringan yakni hanya 169 gram saja.

Sementara untuk Samsung Galaxy S20 ini memiliki ukuran bodi 151.7 x 69.1 mm dengan ketebalan mencapai 7.9 mm, sementara untuk beratnya hanya mencapao 163 gram saja. Ukuran bodinya memang sedikit sekali perbedaannya, namun kedua desain bodi hp Samsung ini sama-sama sudah mendukung sertifikat IP68 yang membuatnya tahan dari air dan debu.

Lanjut pada bagian layarnya, disini pihak Samsung dirasa malah sedikit menurunkan kemampuan dari Samsung Galaxy S21 dibandingkan pendahulunya. Ponsel ini datang dengan menggunakan layar berukuran 6.2 inch dengan panel Dynamic AMOLED 2x HDR10+ dan memiliki resolusi setara 1080 x 2400 pixel.

Sementara untuk Samsung Galaxy S20 datang menggunakan layar berukuran dengan panel Dynamic AMOLED 2x HDR10+ dan memiliki resolusi layar yang lebih besar yakni berukuran 1440 x 3200 pixel. Kedua smartphone ini memiliki frame rate mencapai 120 Hz yang membuatnya memiliki grafis yang sangat smooth untuk kebutuhan main game berkualitas HD nanti.

  1. Performa

Galaxy S21 liputantimes.com

Berpindah ke sisi performa, sebagai smartphone baru maka sudah bisa dipastikan jika performa Samsung Galaxy S21 ini masih jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Samsung Galaxy S21 ini datang dengan menggunakan chipset terbaru yakni Exynos 2100 octa-core dengan proses 5 nm yang membuat performanya makin ngebut namun konsumsi daya baterainya rendah.

Sementara untuk Samsung Galaxy S20 menggunakan versi di bawahnya yakni Exynos 990 Octa-core dengan proses 7 nm yang dulu memang sangat tangguh di lasnya. Meskipun begitu hal ini tidak jadi masalah karena kemampuannya masih sangat mumpuni untuk menemani aktifitas pengguna dalam kegiatan multitasking.

Galaxy S20 ini masih mengunakan OS Android 10 berbasis One UI 3.0, namun saat ini sudah tersedia upgrade ke Android 11. Sementara untuk Samsung Galaxy S21 ini sudah berjalan pada OS Android 11 berbasis One UI 3.1.

  1. Media Penyimpanan

Untuk kapasitas penyimpanannya, Samsung Galaxy S20 ini memiliki RAM 8 GB dan memori internal berukuran 128 GB. Ponsel ini memiliki slot microSDXC untuk memperbesar kapasitas penyimpanannya, tapi tidak diketahui berapa kapasitas maksimalnya.

Sementara untuk varian terbaru yakni Samsung Galaxy S21ini memiliki dua varian penyimpanan yang bisa dipilih pengguna, mulai dari varian RAM 8 GB / 128 GB, dan RAM 8 GB / 256 GB. Namun sayangnya ponsel terbaru Samsung ini tidak memiliki ruang untuk mircroSD, sehingga anda tidak bisa memperbesar kapasitas penyimpanannya.

  1. Fotografi

Berpindah pada bagian fotografi, perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20 di sektor ini sepertinya tidak ada sama sekali. Dimana pihak Samsung ternyata membekali ponsel premium terbarunya itu dengan resolusi kamera yang sama, yang membedakannya adalah panel yang menjadi rumah ketiga kamera tersebut.

Hp Samsung ini datang dengan menggunakan lensa utama berukuran 12 MP yang sudah dilengkapi degan itur dual pixel PDAF dan juga OIS didalamnya. Lalu kamera kedua memiliki ukuran 64 MP telephoto dengan dukungan fitur PDAF, OIS, serta 1.1 x optical zoom dan 3x hybrid zoom.

Dan kamera terakhirnya berukuran 12 MP ultrawde dengan kemampuan super steady video. Lalu untuk kamera depannya pun masih sama, baik Samsung Galaxy S21 maupun Galaxy S20 sama –sama didukung dengan kamera 10 MP dengan fitur Dual Pixel PDAF didalamnya.

  1. Baterai

Galax yS21 liputantimes.com.jpeg

Lanjut pada bagian penampung dayanya, Samsung Galaxy S21 ini hadir dengan menggunakan baterai berukuran 4.000 mah dengan dukungan fast charging 25 W. Baterai tersebut memiliki sejumlah fitur menarik seperti USB Power Delivery 3.0 dan fast Qi PMA Wireless Chagring 15W.

Lalu ponsel ini juga memiliki fitur reverse Wireless charging 4.5W yang membuatnya bisa untuk mengisi daya baterai dari ponsel lain. Dan yang menarik disini adalah, Samsung Galaxy S20 juga memiliki spesifikasi baterai dan fitur yang sama, sehingga pada sektor ini tidak ada peningkatan sama sekali.

  1. Harga

Dengan perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20 yang sangat sedikit, namun hal ini tidak berpengaruh pada banderol harganya karena perbandingannya cukup banyak. Untuk harga Samsung Galaxy S20 saat ini di pasar Indonesia dijual di kisaran angka Rp 8.9 jutaan.

Lalu untuk banderol harga Samsung Galaxy S21 dijual senilai Rp 12.999.000 untuk versi RAM 8 GB / 128 Gb, sementara untuk varian paling tinggi yakni RAM 8 GB/ 256 GB dijual senilai Rp 13.999.000. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan anda nanti.

BACA JUGA  Dirilis, Ini Cuplikan Spek dan Harga Xiaomi Civi