WhatsApp iPhone liputantimes.com.jpeg

iPhone Tak Lagi Bisa WhatsApp untuk Model Berikut

WhatsApp kali ini memang menjadi sebuah aplikasi pesan instant yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, baik mereka yang memakai android maupun iPhone. Karena banyaknya pengguna maka WhatsApp menjadi sebuah aplikasi komunikasi yang wajib dimiliki oleh semua orang agar bisa saling terhubung.

Namun kali ini ada kabar yang kurang mengenakkan khususnya para pengguna iPhone, disebutkan jika pengguna iPhone tak lagi bisa pakai WhatsApp. Tapi bukan semuanya, hanya mereka yang memakai ponsel iPhone versi lama yaitu iPhone 4s.

Melalui laman resminya, pihak WhatsApp menyebutkan jika hanya akan memberikan dukungan kepada ponsel iPhone yang berbasis iOS 10 atau versi paling baru. Dengan begini maka pengguna iPhone 4s yang masih memakai sistem operasi iOS 9 maka tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp didalam perangkatnya.

Maka dari itu kini pengguna iPhone 4s dan masih memakai WhatsApp sebagai alat komunikasi, maka dihimbau untuk segera melakukan pencadangan riwayat percakapan dan berganti perangkat iPhone diatasnya jika masih ingin memakai WhatsApp tersebut.

Jika nantinya mereka tetap bersikukuh tidak mau melakukan pencadangan chat di WhatsApp, maka mereka beresiko bakal kehilangan chat penting di WhatsApp pada ponsel iPhone miliknya tersebut apabila pihak WhatsApp sudah resmi menghentikan dukungannya.

Tentu hal ini memang tidak mengejutkan, karena pihak WhatsApp sudah sejak beberapa tahun lalu menghentikan dukungan untuk smartphone dengan sistem operasi lawas, baik di Android, iOS, maupun Windows Phone. Hal ini bertujuan agar nantinya mereka tidak kerepotan dalam memberikan pembaruan pada layanan WhatsApp, karena bagaimana pun fitur barunya tidak cocok pada OS lama.

Sekedar tambahan informasi, terkait iPhone 4s tak lagi bisa gunakan WhatsApp ini sudah sangat wajar. Dimana iPhone 4s ini pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2011 silam, dimana proses produksi dari ponsel ini sudah dihentikan oleh pihak Apple satu tahun sebelum dirilisnya iOS 9 diluncurkan, yakni pada tahun 2014.

Dengan begini, maka iPhone 4s ini sudah berhenti dijual dipasaran sejak 7 tahun silam. Meskipun begitu, masih cukup banyak pengguna smartphone yang bertahan memakai iPhone 4s sampai saat ini. Sementara untuk iOS 9 ini dirilis pertama kali pada tahun 2015 lalu, bersamaan dengan peluncuran dari iPhone 6s.

BACA JUGA  Asyik! WhatsApp Hadirkan Fitur Ikuti Channel Makin Seru

Dan saat itu, iPhone 4s mendapatkan jatah pembaruan sistem operasi ke iOS 9, sehingga mereka bisa bertahan satu tahun lebih lama untuk memakai WhatsApp. Pasalnya pada pertengahan Desember 2020 lalu, pihak WhatsApp telah menghentikan layanan mereka untuk pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 8.

Selain iPhone 4s yang tak lagi bisa pakai WhatsApp, ada juga pengguna smartphone dengan sistem operasi Android denga versi dibawah 4.0.3 serta ponsel dengan KaiOS dibawah versi 2.5.1 juga sudah tak lagi mendapat dukungan dari WhatsApp.

Cara Mencadangkan Riwayat Chat di WhatsApp

Dengan adanya penghentian dukungan WhatsApp untuk iPhone 4s, maka anda dianjurkan untuk melakukan pencadangan chat agar nantinya obrolan penting anda tidak hilang dan bisa di import lagi pada smartphone anda yang baru.

Untuk cara mencadangkan chat WhatsApp di iPhone ini sendiri sangatlah mudah, karena memang fitur tersebut sudah tertanam didalam aplikasi WhatsApp tersebut. Bahkan ada juga cara otomatis untuk melakukan npencadangan chat tersebut.

Cara melakukannya cukup gampang, silahkan anda buka aplikasi WhatsApp yang ada didalam iPhone anda. Lalu silahkan tap ikon tiga titik yang ada dibagian pojok kanan atas layar, lalu buka menu Settings >> Chats >> Chats History >> Export Chat. Selanjutnya anda bisa memilih obrolan dari kontak maupun grup mana yang ingin anda cadangkan.

Disini ada beberapa opsi yang bisa anda pakai nantinya, yakni ingin mencadangkan pesan chat saja (Without media) atau lengkap beserta file media yang telah anda kirim atau terima (Include Media).

Melalui unggahan dari blog resminya, pihak WhatsApp juga menyampaikan jika meeka tidak memberikan opsi mentransfer riwayat obrolan di WhatsApp ini antar platform. Akan tetapi mereka memberikan opsi untuk mengekspor ini pesan tersebut dalam bentuk lampiran email.

Nantinya file obrolan anda didalam WhatsApp ini bakala dirangkum dalam file yang memiliki format .txt. Perlu anda ketahui, jka nantinya file percakapan WhatsApp anda ini bakal berbentuk lampiran, dan tidak akan bisa digunakan dalam restore / memulihkan percakapan anda di WhatsApp baru.

BACA JUGA  Daftar HP Xiaomi yang Segera Update MIUI 14

Tentu hal ini cukup mengecewakan ya, namun mau bagaimana lagi jika ini sudah menjadi ketentuan paten dari pihak WhatsApp, sehingga mau tidak mau anda harus menerimanya saja.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang iPhone tak lagi bisa pakai WhatsApp, semoga ulasan ini bermanfaat dan diharapkan anda melakukan pencadangan sekarang sebelum terlambat.