fbpx
Chrome liputantimes.com

Cara Mengintip isi Situs Web Dalam Chrome Sebelum Dibuka

Google Chrome kini menjadi salah satu web browser yang banyak digunakan, terlebih saat ini Chrome menjadi aplikasi wajib yang ada didalam smartphone android, sehingga tidak heran banyak yang memakainya untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara mengintip isi situs web dalam chrome sebelum dibuka di jendela penuh pada ponsel android. Tentu banyak yang bingung dengan cara ini, karena memang setiap kali ingin membuka salah satu situs maka akan terbuka secara penuh didalam layar ponsel.

Cara Mengintip isi Situs Web Dalam Chrome Sebelum Dibuka

Hal ini bisa saja terjadi lantaran Google baru saja meluncurkan fitur baru mereka kedalam Chrome, nama fitur ini adalah Preview Page yang baru dirilis oleh Google pada Chrome 89 untuk perangkat android.

Dengan menggunakan fitur ini maka anda bisa melihat isi web yang akan dibuka dalam mode Preview tanpa harus membuka situs tersebut dalam mode penuh seperti didalam tab baru. Sebelum datangnya fitur ini, setiap kali pengguna android ingin mengunjungi sebuah situs maka mereka perlu membuka jendela tersebut dalam layar penuh atau pada tab baru untuk melihat isinya.

Nah dengan kehadiran fitur Preview Page tersebut, maka anda tidak perlu melakukannya lagi. Dan hal ini pasti bakalan membuat anda jadi hemat waktu untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Saat menggunakan fitur preview tersebut dan ternyata informasi dari situs itu kurang menarik, maka anda pun bisa langsung mencari dari sumber lain sesuai dengan keinginan.

Dan jika sudah ketemu situs dengan informasi yang relevan, maka anda pun bisa langsung membuka tautan itu pada tab baru didalam Google Chrome anda.

Cara Memakai Fitur Preview Page

  • Untuk menggunakan fitur Preview Page ini sangatlah mudah, dimana bagi anda yang memakai browser Chrome 89 cukup memasukkan keyword pencarian informasi yang anda butuhkan pada kolom pencarian.
  • Setelah hasil pencarian tadi muncul, anda cukup menekan dan menahan hasil pencarian tadi hingga muncul sebuah jendela pop-up baru.  Terdapat beberapa menu didalamnya , dan silahkan anda pilih menu Preview Page.
  • Setelah anda mengklik menu tersebut, maka akan muncul jendela pop-up baru yang berisikan informasi dari situs yang anda buka tadi. Dari jendela pratinjau ini silahkan anda cek informasi yang ditampilkan layaknya anda membuka tab baru.
  • Selain itu, pada Preview Page ini juga terdapat sebuah menu berupa ikon yang berguna untuk membuka halama web pada tab baru nantinya. Lalu jika dirasa informasi yang diberikan pada situs tersebut ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda, maka bisa tap ikon X atau mengusap jendela tadi ke bawah untuk menutupnya dan melanjutkan pencarian.
  • Pada saat anda tadi menutup jendela Preview Page tadi, maka anda akan kembali lagi ke halaman pencarian Google tanpa perlu beralih tab lagi seperti tidak menggunakan fitur Preview Page. Anda bisa mengulangi cara diatas tadi untuk membuka sumber dari tautan lainnya nanti.
BACA JUGA  Update Segera Google Chrome di Android Maupun Windows Secepatnya, Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi!

Dengan adanya fitur ini, tentu sangat penting banget untuk pengguna yang membutuhkan informasi yang relavan tanpa perlu membuka situs tersebut pada tab baru. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Cara mengintip isi situs web dalam chrome sebelum dibuka, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Selamat mencoba