Galaxy A30s Liputantimes.com

Harga Samsung A30s dan Spesifikasi Lengkapnya

Samsung memiliki banyak sekali smartphone dari berbagai kelas, mulai dari kelas murah hingga kelas paling mahal juga ada. Dan kesempatan kali ini  akan dibahas salah satu ponsel kelas menengah kebawah dari Samsung yang memiliki nama Samsung A30s.

Samsung Galaxy A30s ini tidak datang sendirian, karena ditemani oleh saudaranya dengan spesifikasi yang lebih mantap yakni Galaxy A50s. Nah untuk anda yang tertarik untuk membelinya, berikut ini beberapa ulasan spesifikasi Samsung A30s yang perlu anda ketahui sebagai bahan pertimbangan nanti.

Memiliki Desain Solid

Samsung Galaxy A30s ini datang dengan desain yang mirip saudaranya yakni Galaxy A50s. Untuk ukuran bodinya memiliki dimensi 158.5 x 74.5 mm dengan ketebalan mencapai 7.7 mm. Selain itu, bobot dari smartphone ini juga cukup ringan yakni Cuma 166 gram saja membuat ponsel ini sangat ringan, sehingga sangat nyaman di genggaman.

Meskipun menggunakan material plastic, namun desain bodi yang dimiliki oleh ponsel ini begitu solid. Tampilan desainnya nampak begitu mewah, dan hal ini menjadikannya salah satu kelebihan dengan harganya yang cukup tejrangkau.

Layar

Samsung A30s ini datang dengan menggunakan layar berukuran cukup luas, yakni 6.4 inch dengan resolusi 720 x 1560 pixel atau setara HD+. Layar ini memiliki aspek rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 268 ppi.

Untuk panel layar yang digunakannya pun cukup mantap, yakni Super AMOLED dengan tampilan notch waterdrop sebagai rumah kamera depannya. Selain itu layar ini juga tidak mendapatkan pelindung layar apapun semacam Corning Gorilla Glass, sehingga anda perlu menambahkan tempered glass untuk menjaganya dari goresan maupun benturan.

Performa

Samsung Galaxy A30s liputantimes.com

Pada bagian dapur pacunya, Samsung Galaxy A30s ini datang dengan menggunakan chipset Exynos 7904 yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Chip ini dibantu dengan prosesor Octa-core dan memiliki kartu grafis dari Mali-G71 MP2. Lalu bagaimana performa ponsel ini dengan komponen tersebut?

BACA JUGA  Harga Honor Magic 5 Lite Rp 6 jutaan Layar Melengkung

Samsung A30s ini mampu menghasilkan skor Antutu 109.852, jelas dengan angka tersebut performanya tidak bisa dibilang tangguh untuk ponsel di kelasnya. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, untuk para penggemar game berat seperti PUBG Mobile maupun COD Mobile, ponsel ini masih mumpuni.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy A30s ini masih menggunakan OS Android 9 Pie. Akan tetapi pihak Samsung sudah memberikan update ke versi yang lebih baru yakni Android 10 berbasis One UI 2.0. Dengan anda melakukan upgrade OS ini, tentunya akan mendapatkan beragam fitur terbaru yang makin mantap.

Media Penyimpanan

Nah untuk media penyimpanan yang disematkan dalam Samsung A30s ini cukup besar, dimana ponsel ini memiliki 3 varian penyimpanan yang bisa anda pilih nantinya. Beberapa penyimpanan tersebut diantaranya 3 GB / 32 GB, 4 GB / 64 GB, dan yang paling besar adalah 4 GB / 128 GB.

Tentu dengan  kapasitas penyimpanan sebesar itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Selain itu ponsel ini juga memiliki slot untuk microSD, yang memungkinkan anda bisa memperbesar media penyimpanannya hingga 1 TB.

Fotografi

Yang menjadi daya tarik lain Samsung Galaxy A30s ini juga pada sektor fotografinya. Dimana ponsel ini datang dengan menggunakan 3 kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 25 MP + 2 MP Ultra-wide + 5 MP Depth sensor.

Untuk hasil jepretan kamera dari Samsung A30s ini lumayan bagus, sehingga bisa memuaskan para penggunanya. Selain itu, kamera dari ponsel ini juga mendukung fitur AR Emoji yang bikin jepretannya makin kece.

Sementara untuk bagian bodi depan, Samsung A30s ini memiliki kamera berukuran 16 MP untuk kebutuhan selfie. Tak kalah dengan kamera belakang, hasil jepretan kamera depan ini juga cukup baik, bahkan untuk membuat video live pun juga oke banget. Bisa dikatakan jika sektor fotografi ini jadi bagian yang layak untuk diperhitungkan dari Samsung Galaxy A30s.

Baterai

Samsung A30s ini juga datang dengan kapasitas baterai yang lumayan besar, yakni berukuran 4.000 mAh. Namun juga dibandingkan dengan ponsel di kelasnya, baterai ini masih dirasa kurang mengingat sudah banyak ponsel dengan harga murah juga didukung baterai tersebut.

BACA JUGA  7 Smartphone Xiaomi Paling Mahal dengan Spesifikasi Mantap

Meskipun begitu kapasitas baterai Samsung A30s ini tidak jadi masalah utama, karena Samsung membekalinya fitur fast charging 15W untuk mempercepat pengisian daya baterainya. Tentu hal tersebut bisa membuat anda tidak butuh waktu lama untuk mengisi daya baterainya.

Harga Samsung Galaxy A30s

Untuk harga Samsung A30s di Indonesia sendiri saat ini masih di kisaran angka Rp 3 jutaan untuk varian RAM 4GB/64GB. Bisa jadi untuk harga di setiap toko ini berbeda-beda, jadi anda tinggal menyesuaikan tempat tinggalnya saja nanti.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Samsung A30s, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda nantinya. Untuk sekarang ini banyak varian dan pilihan Galaxy A Series, sehingga anda juga harus lebih teliti dalam memilih agar tidak terjadi kesalahan hingga tidak puas dengan produk yang sudah dibeli nantinya.