Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 5 liputantimes.com.jpeg

Kelebihan dan Kelemahan Oppo Reno 5 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Seperti yang kita ketahui, jika perusahaan Oppo baru saja merilis smartphone terbarunya kembali yang menggunakan nama Oppo Reno 5. Dimana ponsel ini di Indonesia dijual dengan harga yang lumayan, yakni sekitar Rp 4.999 jutaan.

Nah bagi anda yang tertarik untuk memilikinya, maka tidak ada salahnya untuk mengenali lebih dulu tentang kelebihan dan kelemahan Oppo Reno 5 tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya anda merasa puas dan tidak ada penyesalan setelah membelinya. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung silahkan anda simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Oppo Reno 5

Layar

layar oppo reno 5 liputantimes.com.jpeg

Kelebihan Oppo Reno  yang pertama 5 ini bisa anda nikmati pada bagian layarnya, dimana ponsel ini datang dengan layar berukuran 6.4 inch dengan panel AMOLED beresolusi FHD+. Tidak jauh beda dengan generasi sebelumnya, Oppo Reno 5 ini juga memiliki sensor sidik jari dibawah layar dengan tingkat akurasi lebih tinggi dan sangat responsive.

Yang tak kalah menarik lagi, layar Oppo Reno 5 ini juga sudah mendukung refresh rate mencapai 90Hz dan memiliki touch sampling rate 180Hz. Dengan kedua hal tersebut, maka konten yang ditampilkan dalam layar bakal memiliki pergerakan yang sangat halus, terlebih dengan rasio layar ke bodi yang mencapai 91,7%.

Untuk melindungi mata dari pengguna, Oppo Reno 5 ini juga dibekali dengan teknologi SGS Eyecare Display yang mampu mengurangi emisi cahaya biru dari ponsel tersebut. Sementara dari segi keamanan layar, Oppo Reno 5 ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 dibagian atasnya, dengan lapisan tersebut maka bisa menjamin layar dari ponsel ini aman dari goresan dan benturan nantinya.

Kamera

Soal fotografi dari ponsel Oppo memang sudah tidak perlu diragukan lagi ya, karena memang vendor asal Tiongkok ini terkenal akan kemampuan kameranya. Lagi-lagi, dukungan kamera dari Oppo Reno 5 ini tak jauh beda dari generasi sebelumnya, perbedaan paling mencolok terletak pada penggunaan lensa serta terknologi yang dibawakan.

Lensa utama dari Oppo Reno 5 ini memiliki ukuran 64 MP f/1.7 namun belum dilengkapi dengan teknologi OIS. Sementara untuk lensa pendukungnya sangat identic dengn Reno 4, diantaranya lensa 8 MP Ultra wide + 2 MP Macro + 2 MP Mono Sensor.

Sementara pada bagian bodi depannya, Oppo Reno 5 ini memiliki lensa tunggal berukuran 44 MP f/2.4, kamera depan maupun belakang dari ponsel ini sudah dilengkapi dengan teknologi AI Scene Recognition guna meningkatkan kualitas foto. Selain itu untuk rumah dari kamera depan ini berbentuk Punch Hole atau lubang dilayar yang menambah kesan keren pada ponsel tersebut.

BACA JUGA  Perbandingan Oppo Reno 6 Jaringan 5G vs Vivo X60 Pro Jaringan 5G Bagus yang Mana?

Selain kemampuan berfoto, yang menjadi daya tarik lain dari Oppo Reno 5 ini juga terdapat pada kualitas perekaman videonya. FItur utama pada sektor ini adalah AI Highlight Video, dimana dengan menggunakan fitur ini anda bisa menghasilakn dua efek sesuai dengan kondisi pencahayan, Live HDR, Ultra Night Video, dan hasilnya bakal nampak secara Real-time.

Performa

Kelebihan Oppo Reno 5 selanjutnya tentu bisa anda nikmati pada bagian dapur pacunya, dimana pada sektor ini pihak Oppo jelas memberikan peningkatan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Smartphone ini datang dengan menggunakan chip Snapdragon 720G dengan arsitektir CPU Octa-core 2,3 GHz (8nm) yang dikenal hemat konsumsi daya baterai.

Terlebih pihak Oppo juga menduetkan chipset tersebut menggunakan RAM berukuran 8 GB yang makin meningkat kemampuannya. Sementara pada sisi penyimpanan, Oppo Reno 5 memiliki memori internal berukuran 128 GB yang membantu proses multitasking pengguna pun makin lancar.

Dengan kapasitas penyimpanan besar dan dapur pacu bertenaga, membuat efek AI Higlight Video yang dimiliki oleh Oppo Reno 5 ini bisa secara real-time dan tanpa mengganggu bagian penyimpanan. Apalagi bagi anda yang doyan main game, ponsel ini pasti bakal memanjakan penggunanya.

Fitur

Dengan menggunakan sistem operasi terbaru yakni Android 11 yang diduetkan bersama ColorOS 11.1, maka tidak heran jika fitur yang dimiliki oleh Oppo Reno 5 ini sangat fresh dan pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna.

Oppo Reno 5 memiliki fitur utnuk mengatur bentuk ikon, font, bahkan tampilan Always-on display yang tidak akan membuat pengguna bingung. Sama halnya dengan Reno 4, smartphone ini juga masih tetapi dibekali dengan fitur Smart AirControl yang membuat anda bisa mengangkat telepon atau menggeser beranda sosial media cukup dengan menggerakkan tangan didepan kamera.

Selain itu, Oppo Reno 5 ini juga memiliki fitur NFC didalamnya. Tentu ini kabar baik bagi pengguna yang hidup di kota besar, karena mereka bisa mengecek maupun melakukan top-up saldu e-money secara mudah.

Baterai

Meskipun kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo Reno 5 ini bukan terbesar dikelasnya, akan tetapi pihak Oppo sudah memberikan peningkatan dibandingkan pendahulunya yakni Reno 4. Smartphone ini datang dengan menggunakan baterai berukuran 4.310 mAh yang bisa digunakan untuk menemani aktifitas pengguna selama seharian.

BACA JUGA  Mengintip Spesifikasi Realme Narzo 30 'Segera' di Indonesia

Tidak hanya itu, pihak Oppo juga memberikan teknologi 50W flash charge didalam Oppo Reno 5 ini, dimana teknologi tersebut memiliki kemampuan mengisi baterai dari 7% – 85% dalam waktu 30 menit saja, sementara jika sampai level 100% hanya butuh waktu sekitar 45 menit.

Tak cukup sampai disitu, Oppo Reno 5 ini juga masih dibekali dengan SuperVOOC Qualcomm Quick Charge 2.0 dan Power Delivery 15W. Serta ada juga perangkat SuperVOOC 65W didalam paket penjualannya, membuat Oppo Reno 5 makin mantap untuk dimiliki.

Kelemahan Oppo Reno 5

Apakah anda sudah puas dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo Reno 5 ini? tentu sangat menggoda bukan kemampuannya? Namun bukan berati ponsel ini tidak memiliki kelemahan, karena sejatinya tidak ada yang sempurna didunia ini. Berikut sejumlah kelemahan Oppo Reno 5 yang perlu anda ketahui.

Tidak Mendukung Slot Micro SD

Seperti kita tahu, jika Oppo Reno 5 ini memang datang dengan kapasitas penyimpanan yang lumayan besar yakni 128 GB, akan tetapi bagi anda yang merupakan seorang content creator mungkin kapasitas ini dirasa masih belum cukup.

Nah yang menjadi kelemahan Oppo Reno 5 pertama kali ini adalah, ponsel ini tidak mendukung slot microSD, dengan kata lain anda tidak bisa mempebesar kapasitas penyimpanannya lagi. Jadi anda dituntut secara jeli untuk memanfaatkan kapasitas penyimpanan Oppo Reno 5 ini sebaik mungkin.

Desain Sama Dari Pendahulunya

Meskipun dikatakan sebagai versi upgrade, nyatanya untuk desain dari Oppo Reno 5 ini masih tetapi sama dari generasi sebelumnya yakni Reno 4. Nyaris tidak ada improvisasi istimewa dari ponsel ini yang bisa bikin orang terpana meliharnya.

Hanya Satu Slot yang Didukung 5G

Seperti kita tahu jika Oppo Reno 5 ini memang datang dengan fitur dual SIM didalamnya, dan hal ini menjadi sesuatu hal yang lumrah terjadi. Namun yang menarik, ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G didalamnya, meskipun di Indonesia sendiri jaringan tersebut masih dibangun.

Terdengar mengesankan, namun sayangnya untuk bisa menikmati layanan 5G ini hanya bisa dilakukan pada slot SIM 1 saja. Sementara untuk SIM 2 hanya bisa menangkap sinyal 4G saja seperti smartphone sekarang pada umumnya.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang kelebihan dan kelemahan Oppo Reno 5 yang perlu anda ketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa dijadikan bahan pertimbangan anda nantinya.