iphone x

Produksi iPhone X Telah Dihentikan, Kenapa?

iPhone X kini masuk dalam anggota “vintage products” atau produk lawas dari pihakApple. Karena masuk dalam kategori tersebut, maka perangkat ini pun telah dihentikan produksinya sebab sudah berjalan selama lebih dari 5 tahun tetapi kurang dari 7 tahun.

Mengingatkan kembali, jika iPhone X ini pertama kali pada September 2017 silam bersamaan dengan diumumkannya iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, ponsel ini pun mulai dipasarkan pada November 2017. Jadi, pada tahun 2024 ini, maka usa dari iPhone X sudah berusia 7 tahun dan masuk kategori vintage product.

Peluncuran iPhone X menandai tonggak penting dalam sejarah smartphone Apple. Sebagai perayaan ulang tahun ke-10 iPhone, Apple memperkenalkan iPhone X dengan desain layar penuh pertama yang memiliki “poni” di bagian atas.

Desain ini membawa fitur-fitur inovatif yang belum pernah ada pada generasi iPhone sebelumnya. Dengan masuknya iPhone X ke dalam daftar produk kuno, Apple mengakui perangkat ini sebagai bagian dari sejarah teknologi mereka yang berharga.

Spesifikasi iPhone X

Apple memperkenalkan layar penuh pertamanya pada iPhone X dengan menggunakan layar Super Retina OLED berukuran 5,8 inci. Layar ini menampilkan warna-warna cerah dan hitam pekat yang memukau, sehingga meningkatkan pengalaman visual pengguna secara signifikan.

Untuk mewujudkan desain layar penuh ini, Apple menghilangkan tombol Home dan fitur Touch ID yang ikonik pada generasi sebelumnya.

produksi iphone x di hentikan

Sebagai gantinya, teknologi pengenalan wajah Face ID diperkenalkan, menggunakan kamera TrueDepth untuk membuka kunci ponsel, memverifikasi pembelian, dan masuk ke aplikasi dengan lebih aman dan mudah daripada saat menggunakan Touch ID.

Penggunaan layar Super Retina OLED yang inovatif ini memberikan tampilan yang luar biasa, menjadikan iPhone X sebagai perangkat yang menonjol di pasaran.

Selain itu, iPhone X juga menjadi model iPhone pertama yang mendukung pengisian daya nirkabel dengan standar Qi, memudahkan pengguna untuk mengisi daya tanpa kabel.

iPhone X juga dilengkapi dengan chipset A11 Bionic, yang merupakan chipset pertama dengan menyertakan Neural Engine. Komponen hardware khusus ini dirancang untuk mempercepat tugas-tugas pembelajaran mesin, termasuk penggunaan Face ID dan fitur Animoji.

BACA JUGA  Punya Fast Charging 45 Watt dan Layar 90Hz, Itel P55 Plus Dijual Sejutaan Doang

Anda tidak perlu khawatir, meskipun sudah dihentikan produksinya namun pihak Apple masih menyediakan layanan perbaikan dan suku cadang untuk sejumlah iPhone yang termasuk dalam kategori vintage, seperti iPhone 6.

Bahkan layanan ini dapat diberikan oleh pihak Apple hingga 7 tahun atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing wilayah, meskipun perbaikan tergantung pada ketersediaan suku cadang.

Selain iPhone X, berikut adalah beberapa generasi iPhone yang juga dikategorikan sebagai vintage oleh Apple:

  • iPhone 4 (8GB)
  • iPhone 5
  • iPhone 6
  • iPhone SE
  • iPhone 8 Red
  • iPhone 8 Plus Red
  • iPhone X

Ketika iPhone X telah melewati fase “usang”, maka akan dikategorikan sebagai produk “discontinued” atau dihentikan setelah tidak lagi diproduksi selama lebih dari tujuh tahun.

Pada tahap ini, Apple dan penyedia layanan resmi akan berhenti menawarkan perbaikan dan layanan perangkat keras untuk iPhone X, mendorong pengguna untuk beralih ke model yang lebih baru.

Perubahan status ini menunjukkan berakhirnya dukungan resmi dari Apple untuk iPhone X. Seiring berjalannya waktu, pengguna diharapkan untuk mempertimbangkan peningkatan ke perangkat yang lebih mutakhir agar tetap mendapatkan layanan dan fitur terbaru.

Menurut laporan yang dikutip dari GizChina pada Selasa (2/7/2024), langkah ini diambil untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dengan teknologi terbaru dibandingkan iPhone X.