Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Lengkap dengan Penyebabnya

Pernahkah Anda merasakan HP Android cepat panas? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari langsung atau masalah pada baterai ponsel yang error.

HP yang cepat panas tentu menjadi pertanda jika perangkat tersebut sedang bermasalah, dan kondisi ini juga membuat penggunaan tidak nyaman dan bisa mengurangi kinerja perangkat.

Ketika HP panas, sistem otomatis memperlambat CPU untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, yang bisa membuat perangkat terasa lebih lambat.

Bagi Anda yang penasaran mengapa HP Android tiba-tiba cepat panas, berikut ini beberapa penjelasan penyebabnya.

10 Penyebab Hp Android Cepat Panas

Penyebab hp android cepat panas bisa berasal dari berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa penyebabnya yang perlu anda ketahui:

1. Penggunaan Aplikasi Berat

Salah satu faktor penyebab hp android cepat panas adalah aplikasi yang mengonsumsi banyak daya. Aplikasi dengan grafis berat atau elemen realitas augmentasi (AR) dapat membuat CPU bekerja ekstra keras, yang akhirnya meningkatkan suhu ponsel.

Meninggalkan aplikasi semacam ini berjalan terlalu lama bisa menyebabkan panas berlebih. Untuk itu jika kebetulan sudah tidak digunakan maka alangkah baiknya untuk segera dimatikan.

2. Kinerja CPU yang Berlebihan

Untuk penyebab selanjutnya ini tentu relate atau sejalan dengan yang di atas. CPU ponsel berfungsi sebagai otak yang menjalankan semua proses dan aplikasi.

Ketika CPU bekerja terlalu keras, misalnya karena menjalankan banyak tugas sekaligus atau banyak aplikasi yang terbuka di latar belakang, ponsel akan cepat panas. Menutup aplikasi yang tidak diperlukan bisa membantu mengurangi beban pada CPU dan mencegah overheating.

3. Pengisian Daya Nirkabel

Perlu anda ketahui jika mode pengisian daya nirkabel memang praktis, tetapi kurang efisien dibandingkan pengisian dengan kabel. Proses pengisian ini menghasilkan lebih banyak energi yang bocor dalam bentuk panas, yang membuat ponsel terasa lebih hangat selama pengisian daya.

BACA JUGA  POCO X3 GT Bisa Mainkan 4 Game Berat Ini dengan Lancar

4. Terpapar Sinar Matahari Langsung

Apakah anda sering beraktifitas di luar ruangan? Sebaiknya kurang menggunakan smartphone ketika sedang berada di luar atau sedang di jalan. Sinar matahari langsung adalah salah satu penyebab umum ponsel cepat panas.

Meskipun hanya terpapar sebentar, sinar matahari bisa menyebabkan baterai terkuras lebih cepat dan mempengaruhi kinerja ponsel. Jika terlalu lama terkena sinar matahari, komponen internal ponsel bisa mengalami kerusakan permanen.

5. Kabel Pengisi Daya Rusak

Penyebab hp android cepat panas selanjutnya bisa karena faktor eksternal, salah satunya adalah kabel pengisi daya yang rusak.

Kabel yang tidak berfungsi dengan baik mungkin tidak mampu mengalirkan arus listrik secara stabil, yang mengakibatkan komponen pengisian daya bekerja lebih keras dan membuat ponsel panas.

Oleh karena itu, selalu gunakan adaptor dan kabel pengisi daya yang disetujui oleh produsen untuk mencegah masalah ini.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas dan Penyebabnya

6. Terlalu Banyak Aplikasi Terbuka

Membuka banyak aplikasi sekaligus dapat meningkatkan suhu ponsel. Aplikasi yang berjalan di latar belakang tetap mengonsumsi daya CPU dan memori, meskipun tidak sedang digunakan. Menutup aplikasi yang tidak diperlukan bisa membantu menjaga suhu ponsel tetap stabil.

7. Bermain Game Terlalu Lama

Seperti halnya pada PC, bermain game di ponsel juga dapat membebani CPU dan GPU hingga batas maksimalnya. Jika kondisi ini terjadi, maka bisa menyebabkan ponsel menjadi sangat panas.

Meskipun bermain game sesekali tidak akan merusak ponsel Anda, sesi bermain yang berjam-jam, terutama pada game dengan grafis tinggi, dapat membuat perangkat menjadi panas berlebihan.

8. Streaming Video Terlalu Lama

Streaming video dalam waktu yang lama juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan ponsel Anda. Kegiatan ini membuat layar tetap menyala dan menggunakan GPU secara berlebihan, yang pada akhirnya menyebabkan perangkat menjadi panas.

9. Pembaruan Software

Penyebab hp android cepat panas selanjuntya adalah ketika menjalankan pembaruan software. Terlebih lagi jika terdapat bug yang perlu diperbaiki selama proses pembaruan, ini akan memaksa ponsel untuk menggunakan lebih banyak daya sementara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Namun, setelah pembaruan selesai dan perangkat di-restart, maka hp android Anda biasanya akan mulai mendingin. Selain itu, dengan adanya pembaruan ini biasanya akan menjadikan kinerja smartphone makin baik.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Redmi A2, Dapat Apa Aja di Harga Rp 1 Juta?

10.Malware atau Virus pada Aplikasi

Malware atau virus pada aplikasi dapat memaksa ponsel untuk melakukan banyak tugas tambahan tanpa sepengetahuan pengguna. Ini menyebabkan peningkatan penggunaan CPU, memori, dan daya, yang pada akhirnya membuat ponsel menjadi panas.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Setelah mengetahui beberapa penyebab hp android cepat panas, maka di bawah ini akan kami ulas tentanh cara mengatasi hp android cepat panas yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Menutup Semua Aplikasi

Cara mengatasi hp android cepat panas yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan menutup semua apikasi yang sedang berjalan. Seperti yang dibahas di atas tadi, jika terlalu banyak aplikasi yang terbuka atau aplikasi dengan permintaan pemrosesan tinggi, ponsel Anda bisa cepat panas.

Pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan. Bahkan jika Anda merasa tidak ada aplikasi tertentu yang menyebabkan ponsel kepanasan, menutup semua aplikasi dapat membantu mengurangi beban pada prosesor dan mendinginkan ponsel Anda.

Jauhkan HP dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung, terutama di musim panas atau di tempat seperti dashboard mobil, dapat membuat ponsel cepat panas. Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah ponsel kepanasan adalah menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung.

Lepaskan Casing HP

Cara mengatasi hp android cepat panas selanjutnya adalah dengan melepas casing HP luar. Casing ponsel sering berfungsi sebagai isolasi, yang dapat menyebabkan penumpukan panas.

Cobalah melepas casing ponsel Anda untuk membantu ponsel mendingin lebih cepat. Jika setelah dipasang kembali masalah panas masih terjadi, pertimbangkan untuk menggunakan ponsel tanpa casing.

Aktifkan Mode Pesawat

Banyak orang membiarkan fitur seperti GPS, Bluetooth, atau Wi-Fi tetap aktif meskipun sudah tidak diperlukan lagi. Hal ini dikarenakan saat fitur ini aktif memang tidak menggangu aktifitas apapun, sehingga pengguna yang kurang jeli menganggap jika hal ini biasa.

Dengan mematikan fitur-fitur ini dapat mencegah ponsel kepanasan dan juga menghemat baterai. Aktifkan mode Pesawat saat Anda tidak menggunakan ponsel untuk mengurangi beban kerja pada perangkat dan membantu mendinginkannya.

Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi kecerahan layar juga bisa membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh ponsel.

Hindari Penggunaan Berat dalam Waktu Lama

Bermain game atau menonton video dalam waktu lama bisa membuat ponsel cepat panas. Cobalah untuk beristirahat sejenak dari aktivitas tersebut.

Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Pastikan aplikasi dan sistem operasi ponsel Anda selalu diperbarui. Pembaruan sering kali mencakup perbaikan bug yang bisa membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh perangkat.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu menjaga suhu ponsel tetap stabil dan mencegah masalah panas berlebih.

Cukup sekian ulasan tentang cara mengatasi hp android cepat panas dan penyebabnya, semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.