iphone dengan daya tahan baterai paling awet

Sederet iPhone dengan Daya Tahan Baterai Paling Awet

Bagi pengguna iPhone, menjaga baterai merupakan hal yang sangat penting. Persentase battery health yang menurun dapat berdampak pada performa dan keawetan baterai tersebut ketika digunakan beraktifitas sehari-hari.

Terkait dengan baterai tersebut, perusahaan Apple pun telah menanggapi secara positif masalah ini dengan merilis seri iPhone terbaru yang memiliki kapasitas baterai lebih besar dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Menurut situs Back Market, terdapat sepuluh seri iPhone terbaru yang memiliki daya tahan baterai paling awet. Pihak Apple pun berani mengklaim bahwa baterai iPhone terbaru ini bisa bertahan sepanjang hari.

Pengujian untuk membuktikan klaim tersebut dilakukan dengan memutar video dan audio secara offline saat iPhone pertama kali dikeluarkan dari kemasan, memastikan bahwa perangkat benar-benar baru dan belum pernah digunakan beraktifitas sebelumnya.

Jadi, seri iPhone mana yang memiliki kapasitas baterai paling besar dan paling awet untuk digunakan sehari-hari?

Dalam hasil uji coba yang dilakukan oleh pihak Apple tersebut, pada urutan teratas untuk kategori iPhone dengan daya tahan baterai paling awet diperoleh iPhone 15 Pro Max yang menjadi pemenangnya. iPhone yang diluncurkan tahun lalu ini mampu memutar video hingga 29 jam dan audio selama 95 jam.

Lalu pada posisi kedua ditempati oleh iPhone 14 Pro Max yang rilis di tahun sebelumnya. Yang menarik disini adalah kemampuan daya tahan baterai perangkat tersebut menyamai kemampuan iPhone 15 Pro Max.

Selanjutnya yang berada di urutan ketiga ada iPhone 13 Pro Max yang dirilis tahun 2021 silam. iPhone ini memiliki perbandingan kemampuan yang tidak jauh beda dari seri tersebut, yakni mampu memutar video hingga 28 jam dan audio selama 95 jam.

Nah untuk lebih detailnya kira-kira perangkat iPhone mana yang memiliki kemampuan daya baterai tertinggi, berikut adalah daftar 10 besar iPhone dengan daya tahan baterai paling awet berdasarkan pengujian oleh Apple:

  • iPhone 15 Pro Max: mampu memutar video hingga 29 jam dan audio selama 95 jam.
  • iPhone 14 Pro Max: pemutaran video juga hingga 29 jam dan audio selama 95 jam.
  • iPhone 13 Pro Max: dapat memutar video selama 28 jam dan audio hingga 95 jam.
  • iPhone 15 Plus: menyediakan pemutaran video hingga 26 jam dan audio selama 100 jam.
  • iPhone 14 Plus: memutar video hingga 26 jam dan audio selama 100 jam.
  • iPhone 15 Pro: memungkinkan pemutaran video selama 23 jam dan audio hingga 75 jam.
  • iPhone 14 Pro: mampu memutar video selama 23 jam dan audio hingga 75 jam.
  • iPhone 15: pemutaran video mencapai 20 jam dan audio hingga 80 jam.
  • iPhone 14: dapat memutar video selama 20 jam dan audio hingga 80 jam.
  • iPhone 13 Pro: mampu memutar video hingga 20 jam dan audio selama 75 jam.
BACA JUGA  Fitur iOS 15 Bisa Blokir Foto Mantan, Begini Caranya

Dari daftar tersebut, terlihat bahwa model Pro Max dari berbagai seri memiliki daya tahan baterai yang paling lama untuk pemutaran video maupun audio.

Model Plus juga menunjukkan daya tahan yang luar biasa, terutama untuk pemutaran audio yang mencapai 100 jam. iPhone 15 dan 14 menawarkan performa baterai yang seimbang dengan pemutaran video hingga 20 jam dan audio hingga 80 jam, sementara model Pro dari setiap seri juga menunjukkan performa yang solid.

iphone 15 pro max

Seri iPhone dengan Kapasitas Baterai Terbesar

Hingga peluncuran model iPhone 15 pada tahun 2023 lalu, iPhone 15 Pro Max mencatatkan diri sebagai seri iPhone dengan kapasitas baterai paling besar saat ini, mencapai 4.422 mAh.

Di posisi kedua, terdapat iPhone 15 Plus dengan kapasitas baterai 4.383 mAh. Kemudian, disusul oleh iPhone 13 Pro Max menempati urutan ketiga dengan kapasitas baterai sebesar 4.352 mAh.

Berikut daftar lengkap iPhone dengan kapasitas baterai terbesar dalam lima tahun terakhir, dikutip dari Electronics Hub:

  1. iPhone 15 Pro Max – 4.422 mAh
  2. iPhone 15 Plus – 4.383 mAh
  3. iPhone 13 Pro Max – 4.352 mAh
  4. iPhone 14 Pro Max – 4.323 mAh
  5. iPhone 14 Plus – 4.323 mAh
  6. iPhone 11 Pro Max – 3.969 mAh
  7. iPhone 12 Pro Max – 3.687 mAh
  8. iPhone 15 – 3.349 mAh
  9. iPhone 14 – 3.279 mAh
  10. iPhone 15 Pro – 3.274 mAh

Apakah Perlu Upgrade iPhone ke Seri Terbaru?

Melihat data tentang daftar iPhone dengan daya tahan baterai paling awet diatas, iPhone 15 Pro Max adalah model iPhone terbaru dengan baterai besar dan daya tahan paling lama dibandingkan seri lainnya. Namun yang jadi pertanyaan saat ini, apakah perlu kita upgrade ke seri ini?

Jika Anda memiliki anggaran lebih dan menginginkan iPhone dengan performa tinggi dan baterai tahan lama, maka membeli iPhone 15 Pro Max adalah pilihan yang tepat. Namun, bagi pengguna iPhone 14 Pro atau Pro Max, tidak perlu terburu-buru untuk upgrade.

BACA JUGA  iPhone Layar Lipat Disebut Rilis Tahun Ini

Bagi yang masih menggunakan iPhone model lama seperti Xs, 11, atau 12, upgrade ke iPhone 15 Pro atau Pro Max adalah keputusan yang tepat. Selain menawarkan performa yang lebih oke, juga daya tahan baterainya lebih lama.

Namun yang perlu menjadi catatan anda adalah, kapasitas baterai yang besar tidak selalu menjamin daya tahan yang lebih lama. Itu semua tergantung pada pemakaian tersebut dari masing-masing individu.

Jika Anda memiliki aktifitas sehari-hari seperti membuat konten video atau bermain game online, maka tidak bisa dipungkiri baterai akan lebih cepat habis karena aktifitas yang berat.

Penggunaan iPhone yang intensif juga dapat mempercepat penurunan persentase battery health. Jika battery health sudah di bawah 80 persen, iPhone akan terasa lebih boros dan Anda harus sering dilakukan pengisian ulang.