ios 18

Sederet Fitur Baru iOS 18 dan Daftar iPhone yang Kebagian Serta Jadwal Update

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple, secara resmi telah meluncurkan sistem operasi terbaru mereka untuk ponsel iPhon yakni iOS 18. Peluncuran dari sistem operasi terbaru ini mereka lakukan dalam acara tahunan WWDC 2024 pada Selasa (11/6/2024) dini hari pukul 00.00 WIB.

iOS 18 pun hadir membawa berbagai peningkatan dan fitur-fitur baru yang menarik dibandingkan pendahulunya yakni iOS 17. Salah satu yang menjadi sorotan utama publik adalah dukungan kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih.

Jika Anda penasaran dengan fitur-fitur baru yang ada di iOS 18, berikut ini adalah rangkumannya yang dikutip dari laman KompasTekno.

Daftar Fitur iOS 18

iOS 18 menghadirkan banyak perubahan dan peningkatan, baik dari segi tampilan maupun fitur. Dalam hal desain, pengguna kini dapat memodifikasi ikon aplikasi di layar Home, memberikan pengalaman yang lebih personal dan menarik.

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu adalah dukungan AI yang dinamakan Apple Intelligence. Fitur ini memungkinkan pengolahan teks, gambar, dan audio dengan lebih cerdas. Apple Intelligence tersedia dalam berbagai alat dan aplikasi di iOS 18, seperti Writing Tools, Image Wand, aplikasi Image Playground, dan fitur di Photos.

Untuk segi fitur, iOS 18 juga memperkenalkan berbagai peningkatan seperti kustomisasi tampilan layar Home dan Control Center serta hadirnya Game Mode. Fitur-fitur ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi penggunaan iPhone.

Nah untuk penjelasan lengkapnya terkait fitur yang dibawa oleh iOS 18 ini, yuk ikuti ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Apple Intelligence

apple inteligence

Apple Intelligence merupakan fitur yang sangat dinantikan oleh pengguna iOS 18. Fitur ini memungkinkan iPhone untuk mengolah teks, gambar, dan audio dengan lebih cerdas.

Writing Tools adalah salah satu tools utama dari Apple Intelligence yang akan hadir di setiap layanan pengolahan teks bawaan iPhone seperti Mail dan Notes. Selain itu, alat lain seperti Image Wand dan aplikasi Image Playground juga memanfaatkan kemampuan AI ini untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

AI Writing Tools

Writing Tools tersedia di hampir semua aplikasi pengolahan teks pihak ketiga. Alat ini memungkinkan pengguna untuk meninjau teks yang mereka tulis, memperbaiki penggunaan bahasa dan strukturnya.

Selain itu, pengguna dapat menulis ulang teks dengan nada dan gaya bahasa yang berbeda. Writing Tools juga menyediakan fitur untuk merangkum teks yang panjang, seperti email dan transkrip audio, secara otomatis.

Selain Writing Tools, Apple juga memperkenalkan Image Wand untuk pengolahan gambar. Pengguna bisa membuat gambar dari sketsa yang dibuat di aplikasi Notes.

AI Image Wand

Cukup dengan membuat gerakan melingkar menggunakan jari atau Apple Pencil di sekitar sketsa, Image Wand akan mengenali dan menghasilkan gambar baru. Aplikasi Image Playground juga memungkinkan pengguna menciptakan gambar berdasarkan teks atau saran yang diberikan.

Kesimpulannya, dengan Writing Tools maka pengguna dapat dengan mudah memperbaiki teks yang telah mereka buat, memastikan bahasa dan strukturnya sesuai. Kemampuan untuk merangkum konten panjang menjadi ringkasan singkat sangat berguna untuk email dan transkrip audio.

Sebaliknya, Image Wand dan Image Playground lebih fokus pada pengolahan gambar, memberikan pengguna berbagai cara untuk menciptakan dan mengedit gambar dengan mudah.

Tidak hanya pada tools saja, namun Apple Intelligence ini juga hadir dalam beberapa aplikasi dan layanan bawaan. Misalnya, di aplikasi Mail terdapat fitur Smart Reply yang memberikan jawaban otomatis yang disarankan untuk membalas email.

BACA JUGA  Intip Bocoran Harga iPhone 15 Series Menjelang Perilisan

AI hapus objek dalam foto

Lalu pada aplikasi Photos, pengguna bisa menghapus objek pada foto, membuat video singkat dari kumpulan foto berdasarkan deskripsi tertentu, dan mencari konten di Photos melalui deskripsi yang diinput.

Fitur notifikasi di iOS 18 kini mendapat dukungan dari Apple Intelligence, memungkinkan pengguna untuk menerima ringkasan notifikasi dari pesan-pesan penting yang dikategorikan sebagai prioritas.

Selain itu, Siri juga mengalami peningkatan signifikan dengan bantuan Apple Intelligence. Kini, Siri dapat berinteraksi dengan pengguna tidak hanya melalui perintah suara tetapi juga melalui teks, memberikan fleksibilitas lebih dalam penggunaannya.

Apple telah mengintegrasikan ChatGPT, chatbot buatan OpenAI, ke dalam fitur Siri dan Writing Tools di iOS 18. Dengan integrasi ini, Siri dapat membuka ChatGPT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik, serta meningkatkan kemampuan Writing Tools untuk membuat konten dari awal.

Namun, dukungan AI di iOS 18 ini tidak tersedia untuk semua model iPhone. Apple Intelligence hanya tersedia pada perangkat yang menggunakan chipset A17 Pro, seperti di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Karena masih baru dan terus dikembangkan, maka bahasa yang didukung oleh Apple Intelligence juga masih terbatas. Saat ini, hanya mendukung bahasa Inggris dengan gaya Amerika Serikat saja. Apple Intelligence dalam versi beta diharapkan akan tersedia sekitar bulan September nanti.

2. Aplikasi Password

Aplikasi Password

Fitur baru di iOS 18 mencakup aplikasi bawaan bernama Password. Aplikasi ini serupa dengan Keychain Access yang ada pada perangkat Macbook, berfungsi untuk menyimpan semua kata sandi dan informasi login pengguna di berbagai platform.

 Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengelola dan mengakses kata sandi mereka dengan lebih mudah dan aman.

3. Kustomisasi Control Center

Kustomisasi Control Center

Di iOS 18, Apple juga memperkenalkan kemampuan kustomisasi Control Center. Sebelumnya, tampilan Control Center yang berisi tombol-tombol pengaturan cepat tidak bisa diubah.

Kini, pengguna dapat mengubah ukuran, posisi, dan menambahkan tombol pengaturan sesuai keinginan mereka, membuat pengalaman penggunaan lebih personal.

4. Kustomisasi Layar Home

Kustomisasi layar Home

Selain dukungan AI, sistem operasi iOS 18 juga membawa fitur menarik lainnya, yaitu kustomisasi layar Home. Pengguna kini bisa memodifikasi layar Home dengan mengubah warna, ukuran, dan posisi ikon aplikasi.

Fitur ini memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna untuk menata tampilan layar Home sesuai selera mereka.

5. RCS di Message

iOS 18 juga memperkenalkan fitur RCS (Rich Communication Service) di aplikasi Message. Dengan RCS, pengguna dapat mengirim pesan antar platform, seperti dari iPhone ke Android, yang mencakup media seperti gambar dan menampilkan status pesan telah terkirim atau dibaca.

Fitur ini meningkatkan kemampuan komunikasi lintas platform menjadi lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan OS versi sebelumnya.

6. Game Mode

game mode

Salah satu fitur menarik yang hadir di iOS 18 adalah Game Mode. Fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih optimal di iPhone. Dengan Game Mode, aktivitas di latar belakang akan diminimalkan, sehingga frame rate bisa lebih stabil dan konsisten.

Tidak hanya itu, fitur Game Mode ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi pada AirPods dan perangkat nirkabel lainnya seperti joystick Bluetooth, sehingga respons permainan menjadi lebih cepat dan akurat.

7. Safari

Safari di iOS 18 hadir dengan berbagai peningkatan fitur. Kini, Safari dapat menonjolkan konten yang relevan dengan kata kunci pencarian pengguna.

Selain itu, Safari juga memiliki kemampuan untuk menampilkan ringkasan artikel dalam sebuah web sebelum anda membacanya, sehingga memudahkan pengguna untuk memutuskan apakah ingin melanjutkan membaca artikel tersebut atau tidak.

8. Mail

Aplikasi Mail di iOS 18 juga mendapatkan sejumlah pembaruan yang signifikan. Fitur baru seperti kategorisasi pesan memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan email ke dalam kategori tertentu, seperti promosi, surat kabar, atau pemasaran.

BACA JUGA  Kisah Viral Paket iPhone XR yang Sampai Hanya Kardusnya, Ini tanggapan Pihak Kurir!

Ada juga kategori khusus untuk pesan penting, seperti pesan dengan batas waktu, pesan dari keluarga, atau pesan dari rekan kerja. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan merespons email dengan lebih cepat dan efisien.

9. Maps

Aplikasi Maps di iOS 18 juga mendapatkan pembaruan penting. Kini, Maps memiliki kemampuan untuk menampilkan peta topografi yang memperlihatkan permukaan wilayah secara detail.

Fitur baru lainnya memungkinkan pengguna untuk membuat rute khusus untuk berjalan-jalan atau mendaki, memberikan pengalaman navigasi yang lebih personal dan sesuai kebutuhan.

10. Transkrip Audio di Notes

Aplikasi Notes di iOS 18 juga tidak ketinggalan mendapatkan pembaruan. Fitur baru yang disematkan memungkinkan pengguna untuk merekam audio dan langsung membuat transkrip dari rekaman tersebut. Ini sangat berguna untuk mencatat ide atau diskusi tanpa perlu mengetik secara manual.

Apple telah mengumumkan berbagai fitur baru ini di iOS 18, namun rilis untuk pengguna umum belum dilakukan. Bagi yang penasaran kapan iOS 18 akan dirilis, berikut adalah jadwal rilisnya.

Jadwal Rilis iOS 18

jadwal rilis ios 18

Apple mengumumkan jadwal rilis iOS 18 dalam acara WWDC 2024. Seperti tradisi sebelumnya, peluncuran iOS 18 akan dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama adalah perilisan iOS 18 Developer Beta, yang sudah tersedia dan dapat diunduh oleh pengembang untuk uji coba serta memberikan masukan. Jika Anda adalah seorang developer, Anda bisa mencoba versi ini dengan memperbarui perangkat melalui menu pengaturan di iPhone.

Tahap kedua adalah rilis iOS 18 Public Beta yang direncanakan pada bulan Juli. Versi ini juga masih dalam tahap uji coba namun lebih stabil dibandingkan Developer Beta, sehingga lebih cocok bagi pengguna umum yang ingin mencoba fitur baru sebelum rilis final.

Tahap terakhir adalah perilisan iOS 18 versi final atau iOS 18 Stable. Apple belum memberikan tanggal pasti, namun biasanya versi final ini dirilis pada musim gugur, sekitar bulan September hingga November.

Penting untuk diketahui bahwa iOS 18 Developer Beta masih dalam tahap uji coba dan dirancang khusus untuk developer. Penggunaannya dapat menimbulkan beberapa masalah atau bug, dan beberapa fitur mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Karena itu, jika Anda tidak siap dengan risiko ini, disarankan untuk tidak menginstalnya. Setelah melalui semua tahap ini, iOS 18 Stable akan tersedia untuk publik dan bisa diunduh secara resmi. Berikut ini adalah daftar iPhone yang akan mendapatkan pembaruan iOS 18.

Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 18

Sejalan dengan peluncuran sistem operasi baru, iOS 18, pihak Apple juga telah mengumumkan daftar iPhone yang mendukung pembaruan iOS 18.

Yang menarik, perangka yang mendapat jatah pembaruan ini ternyata sama dengan daftar perangkat yang mendukung iOS 17. Ini berarti bahwa semua model iPhone yang kompatibel dengan iOS 17 juga akan mendapatkan pembaruan ke iOS 18.

Model iPhone tertua yang masih bisa menerima pembaruan ini adalah iPhone Xr dan iPhone Xs series. Selain itu, iPhone SE generasi kedua dan ketiga juga masih termasuk dalam daftar perangkat yang mendapatkan iOS 18. Begitu pula dengan seri iPhone 11.

Berikut ini adalah daftar lengkap iPhone yang akan menerima pembaruan iOS 18:

  • iPhone 15
  • iPhone 15 Plus
  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Pro Max
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone SE 2022 (iPhone SE Generasi 3)
  • iPhone SE 2020 (iPhone SE Generasi 2)

Nah itu tadi sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang fitur baru iOS 18, jadwal peluncuran dan daftar perangkat yang mendapatkan pembaruan tersebut. Jika perangkat anda ada dalam daftar, maka tunggu saja notice pembaruan OS ini muncul di perangkat anda.