poco pad

Akhirnya POCO Rilis Tablet, Segini Harganya!

Poco, Sub-merek dari produsen ponsel Xiaomi telah resmi merilis tablet Android pertama mereka di pasaran menggunakan nama Poco Pad, pada Kamis (23/5/2024) di pasar global.

Peluncuran tablet ini dilakukan oleh pihak Poco bersamaan dengan perilisan ponsel terbarunya yakni Poco F6 series.

Perlu anda ketahui, jika Poco Pad adalah versi rebranding dari Xiaomi Redmi Pad Pro yang pertama kali diluncurkan pada April 2024 lalu. Meskipun keduanya memiliki spesifikasi yang sama, terdapat perbedaan pada konfigurasi RAM dan penyimpanan serta pilihan warna yang ditawarkan.

Poco Pad hadir dengan konfigurasi RAM/storage tunggal 8 GB/256 GB, sedangkan Redmi Pad Pro menyediakan dua opsi RAM yaitu 6 GB dan 8 GB, serta dua opsi memori penyimpanan yaitu 128 GB dan 256 GB.

Spesifkasi Poco Pad

Kita awali pembahasan spesifikasinya kali ini dibagian display, di mana Poco Pad hadir denganpanel  layar IPS LCD berukuran 12,1 inci yang memiliki resolusi 2.560 x 1.600 piksel. Layar ini mendukung refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum 680 nits, dan kerapatan piksel 249 ppi.

spesifikasi poco pad

Selain itu, layar ini juga didukung oleh 68 miliar warna (12-bit) dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk menjaganya dari benturan maupun goresan. Dengan tingkat kecerahan yang tinggi, pengguna dapat dengan nyaman menggunakan tablet ini di bawah sinar matahari yang terang.

Poco Pad menggunakan rasio aspek 16:10, yang menurut Poco sudah dioptimalkan baik untuk bekerja maupun hiburan. Untuk meningkatkan pengalaman hiburan, tablet ini dilengkapi dengan empat speaker yang mendukung Dolby Atmos dan teknologi Dolby Vision, memberikan kualitas audio dan video yang unggul saat streaming.

Tablet Android pertama dari Poco ini juga menawarkan fitur DC dimming yang mengurangi paparan flicker yang bisa merusak mata. Poco Pad memiliki baterai berkapasitas 10.000 mAh, yang mampu bertahan hingga 16 jam saat dipakai untuk streaming, dan hingga 18 jam saat digunakan untuk membaca.

BACA JUGA  Rilis! Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12 di Indonesia

Pindah pada bagian fotografinya, Poco Pad memiliki kamera belakang berukuran 8 MP (wide) yang ditemani oleh LED flash. Sekilas ponsel ini memiliki dual kamera, padahal lubang keduanya itu merupakan rumah dari LED Flash.

Lalu untuk kebutuhan selfie, tablet ini dibekali dengan kamera depan berukuran 7 MP yang ada dibagian atas bodi. Berpindah pada bagian dapur pacunya, Poco Pad ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Snapdragon 7s Gen 2 buatan Qualcomm yang dibangun pada proses 4 nm.

Chipset ini memiliki empat inti Cortex-A78 dengan kecepatan maksimum 2,40 GHz dan empat inti Cortex-A55 dengan kecepatan maksimum 1,95 GHz, serta GPU Adreno 710. Tablet ini dibekali dengan RAM LPDDR4X sebesar 8 GB dan storage UFS 2.2 sebesar 256 GB.

Jika penyimpanan dirasa kurang, pengguna bisa memperluasnya hingga 1,5 TB menggunakan kartu microSD. Semakin besar kapasitas penyimpanan, semakin banyak file yang bisa disimpan oleh pengguna.

Poco Pad menjalankan sistem operasi terbaru yakni Android 14 yang dikustomisasi dengan antarmuka terbaru dari Xiaomi, yaitu HyperOS. HyperOS membawa sejumlah fitur baru, salah satunya adalah kemampuan untuk mentransmisikan layar ponsel ke tablet.

Fitur baru tersebut membuat pengguna bisa drag and drop file seperti foto dan video dari tablet ke ponsel dengan mudah. Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkan (tether) ponsel ke tablet cukup dengan sekali ketuk saja.

Spesifikasi lain dari Poco Pad mencakup jack headphone 3,5 mm, Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.2. Poco juga menawarkan berbagai aksesori tambahan untuk Poco Pad, seperti Poco Pad Cover, Poco Pad Keyboard, dan stylus digital Poco Smart Pen.

Namun sayangnya, sejumlah aksesori-aksesori ini dijual terpisah dari tablet sehingga jika anda ingin memilikinya maka anda harus membelinya secara terpisah. Poco Padini mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) dengan daya 33 Watt.

Menurut Poco, hanya dengan mengisi daya selama 15 menit, tablet ini bisa digunakan untuk memutar musik selama 26 jam. Tablet ini memiliki dua varian warna yang bisa anda pilih, yakni Grey (abu-abu) dan Blue (biru).

BACA JUGA  Xiaomi Redmi Note 11 Series Siap Terjun di Pasar Indonesia

harga poco pad

Harga Poco Pad

Poco Pad hadir dengan dimensi 280 x 181,9 x 7,5 mm dan berat 571 gram. Seperti yang sudah kita singgung di atas tadi, jika tablet ini tersedia dalam satu varian yakni RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB, dengan harga 330 dolar AS (sekitar Rp 5,3 juta).

Selain perangkat utama, Poco juga menawarkan sejumlah aksesori untuk Poco Pad, yaitu:

  • Poco Pad Cover seharga 20 dolar AS (sekitar Rp 321.846)
  • Poco Pad Keyboard seharga 80 dolar AS (sekitar Rp 1,2 juta)
  • Poco Pad Smart Pen seharga 60 dolar AS (sekitar Rp 965.538)

Sebagai catatan, harga tersebut adalah harga ritel yang direkomendasikan. Untuk penjualan perdana yang dimulai pada Kamis, 23 Mei 2024, Poco Pad bisa didapatkan dengan harga khusus sebesar 300 dolar AS (sekitar Rp 4,8 juta).

Poco Pad Segera Rilis di Indonesia

Ada kabar menarik bagi anda yang tertarik dengan tablet ini, di mana Poco Pad dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Indikasi kuat datang dari sertifikat perangkat pos dan telekomunikasi (Postel) yang telah dikeluarkan oleh Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

poco pad rilis di indonesia

Dalam daftar sertifikat yang telah terbit, perangkat ini tercatat dengan tipe “Tablet Computer” dan nomor model “2405CPCFBG”. Sertifikat ini, bernomor 99362/SDPPI/2024, diterbitkan pada 17 Mei 2024.

Meski demikian, belum ada konfirmasi resmi apakah perangkat tersebut memang benar Poco Pad atau bukan. KompasTekno telah mencoba menghubungi pihak Poco Indonesia untuk mendapatkan kepastian mengenai ketersediaan tablet ini di Tanah Air. Namun, sampai saat ini, Poco Indonesia belum bisa memberikan jawaban pasti.

Sebagai informasi tambahan, Redmi Pad Pro juga telah mendapatkan sertifikat Postel lebih dulu, tepatnya pada 7 Mei 2024, dengan nomor model “2405CRPFDG”. Ini menunjukkan bahwa Redmi dan Poco terus memperluas portofolio produk mereka di Indonesia.