oppo a60

Uji Ketahanan OPPO A60 yang Luar Biasa

Perusahaan smartphone ternama, Oppo dalam waktu dekat ini bakalan meluncurkan ponsel terbarunya, Oppo A60, di Indonesia. Neh sebelum peluncuran resminya, penting untuk mengetahui ketahanan dan kualitas dari Oppo A60 melalui berbagai uji kontrol mutu yang nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dikutip dari laman detikINET, mereka berkesempatan untuk mengamati proses pengujian kontrol kualitas Oppo A60 yang dilakukan di Oppo Quality Control Laboratory di pabrik Oppo, Bayur Periuk, Tangerang, pada Kamis (16/5/2024).

Perlu anda ketahui, jika serangkaian tes yang dilakukan tersebut untuk memastikan mutu produk, termasuk uji banting dan uji shock.

Pengujian kontrol kualitas ini melibatkan 38 unit smartphone dari setiap batch, yang dipilih secara acak menggunakan metode sampling. Tes yang dilakukan meliputi uji bantingan kecil, uji banting dari ketinggian, uji rumble test, temperature shock, uji kamera, tes debu, dan uji electrostatic discharge.

Dalam tes uji banting ini, ada dua jenis tes yang dilakukan: uji banting dari ketinggian 10 cm dan 1 meter. Dalam prosesnya, ponsel akan dijatuhkan dari ketinggian tersebut ke permukaan datar sebanyak 14 kali untuk setiap pengujian.

spesifikasi oppo a60

Untuk uji banting 10 cm, ponsel dijatuhkan dari berbagai arah sebanyak 7000 kali, yang memakan waktu hingga dua hari.

Setelah semua pengujian selesai, laboratorium akan memeriksa seluruh fungsi ponsel, termasuk layar LCD dan kualitas suara. Tes-tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa Oppo A60 siap digunakan dengan kualitas yang terjamin sebelum sampai ke tangan konsumen.

Selain itu, Oppo A60 juga diuji dengan metode uji bantingan yang disebut rumble test. Dalam pengujian ini, ponsel dimasukkan dalam sebuah drum yang berputar, menyebabkan berbagai benturan yang harus dihadapi oleh perangkat.

Selanjutnya, Oppo A60 juga menjalani tes ketahanan terhadap suhu ekstrim, yang dikenal sebagai temperature shock test. Tes ini mengekspos ponsel pada suhu -40 derajat Celsius untuk kondisi dingin dan hingga 75 derajat Celsius untuk kondisi panas, selama 72 jam nonstop.

Setelah itu, dilakukan pemeriksaan kamera untuk memastikan tidak ada embun yang terbentuk. Oppo A60 juga diuji ketahanannya terhadap debu dengan cara menghembuskan partikel debu kecil khusus dari berbagai arah ke ponsel selama 8 jam.

BACA JUGA  Banyak yang Bisa Dijelajahi Pengguna Lewat Mode Pro di Samsung Galaxy A53

Terakhir, tes ESD (electrostatic discharge) dilakukan untuk menguji ketahanan ponsel terhadap aliran listrik sebesar 10 kilovolt yang ditembakkan ke 20 titik pada Oppo A60.

Untuk menunjukkan ketahanan Oppo A60 secara langsung, pihak Oppo melakukan pengujian yang cukup ekstrim yakni menggunakan ponsel ini untuk memotong dan membuka durian. Setelah digunakan untuk membelah durian, Oppo A60 terbukti masih dapat berfungsi dengan baik.

uji ketahanan oppo a60

Selain tes tersebut, Oppo A60 juga telah diuji dengan berbagai pengujian lainnya untuk memastikan daya tahannya dalam berbagai kondisi ekstrem. Hasilnya, ponsel ini mampu melewati semua uji coba dengan baik, menunjukkan keandalan dan ketangguhan perangkat ini.

Oppo A60 telah berhasil melewati berbagai uji ketahanan yang ketat. Tak heran jika smartphone ini memiliki standar ketahanan militer AS dan sertifikasi IP54, yang menjamin perlindungannya dari semprotan air dari berbagai arah.

Aryo Meidanto, selaku PR Manager Oppo Indonesia, mengatakan jika Oppo A60 adalah satu-satunya ponsel di pasaran yang memiliki standar militer. Hanya saja dari sisi desainnya masihh tetap memiliki tampilan yang elegan tanpa terlihat besar dan berat.

Ini menunjukkan komitmen Oppo dalam menghadirkan produk dengan ketahanan luar biasa. Seorang teknisi di laboratorium Oppo menjelaskan, jika ada masalah, produk tidak boleh dikirim ke pasar lebih dulu.

Ketahanan ini membuktikan bahwa Oppo serius dalam memastikan produk mereka tidak hanya tampil menarik tetapi juga tangguh dalam berbagai kondisi.

Spesifikasi Oppo A60

Oppo A60 yang telah dirilis di Vietnam hadir dengan spesifikasi menarik yang patut dipertimbangkan. Ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 4G, smartphone ini dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan sebesar 128 GB. Oppo A60 menjalankan sistem operasi terbaru yakni ColorOS 14 berbasis Android 14.

Layarnya menggunakan panel IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi 720p dan refresh rate 90Hz, menjanjikan tampilan yang cukup mulus. Untuk kebutuhan fotografi, Oppo A60 menawarkan kamera depan beresolusi 8 MP.

Sementara di bagian belakang, terdapat kamera utama 50 MP dan kamera portrait 2 MP. Untuk menemani aktifitas pengguna, Oppo A60 memiliki kapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 45W SuperVOOC.

BACA JUGA  HP Android Murah Itel S23 Varian 256 GB, Harga Masih Rp 1 Jutaan

Oppo A60 diperkirakan akan dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan di Indonesia. Smartphone ini akan tersedia dalam dua varian warna, yaitu Ripple Blue dan Midnight Purple. Pembelian secara offline di Indonesia akan dimulai pada 25 Mei 2024.

Namun, untuk informasi lebih lengkap mengenai varian model dan harga pastinya, kita harus menunggu pengumuman resmi dari Oppo.