cara mengatasi speaker hp

Cara Mengatasi Speaker HP yang Tak Bersuara Meski Volume Mentok

HP atau handphone telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, yang namanya benda elektronik terkadang kita menghadapi masalah di mana HP tidak mengeluarkan suara meskipun volume sudah dinaikkan hingga maksimal.

Kondisi seperti ini bisa sangat mengganggu, terutama bagi yang membutuhkan notifikasi panggilan atau pesan dari orang penting. Bahkan ketika volume sudah diatur penuh, ada kemungkinan HP tetap tidak bersuara.

Berbagai faktor bisa menyebabkan masalah ini, tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara  mengatasi speaker hp yang tak bersuara meski volume maksimal. Simaklah penjelasan berikut untuk mengetahui solusinya.

Penyebab Speaker Hp Tak Bersuara Meski Volume Mentok

HP tidak mengeluarkan suara meski volume sudah diatur maksimal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut penyebab umumnya.

1. Volume dari Aplikasi Tersebut Rendah

Sebelumnya perlu anda ketahui jika setiap fitur yang dimiliki dalam ponsel android memiliki tingkat volume masing-masing. Ada kalanya volume aplikasi diatur rendah, meskipun volume utama HP sudah diatur maksimal.

Misalnya, saat sedang menelepon seseorang sambil bermain game, volume panggilan bisa diatur tinggi sedangkan volume aplikasi game diatur rendah. Jika volume aplikasi diatur rendah atau bahkan di-mute, maka suara dari aplikasi tersebut tidak akan terdengar, meskipun volume HP dalam keadaan maksimal.

2. Mode Silent Dalam Ponsel Aktif

Penyebab speaker hp tak bersuara selanjutnya bisa jadi HP mungkin saja dalam mode silent atau do not disturb. Mode silent mematikan suara dari semua notifikasi, termasuk panggilan, pesan, dan alarm.

BACA JUGA  Ramadhan Sale, 5 Hp Vivo ini Harganya Dipangkas Makin Murah!

Sedangkan mode do not disturb membuat semua notifikasi tidak muncul di layar HP. Dalam kedua mode ini, meskipun ada notifikasi yang muncul, tidak akan ada suara yang keluar. Jadi pastikan kedua fitur dalam ponsel ini tidak dalam kondisi aktif.

3. Ada Masalah Pada Hardware atau Software HP

Masalah pada perangkat lunak atau perangkat keras HP juga bisa menjadi penyebabnya. Gangguan pada sistem perangkat lunak bisa membuat beberapa fungsi HP tidak berjalan dengan baik, termasuk volume suara.

Sedangkan gangguan pada perangkat keras, bisa disebabkan oleh speaker yang rusak, sehingga membuat suara menjadi lemah atau bahkan tidak terdengar sama sekali, meskipun volume sudah diatur maksimal.

Jadi, jika HP tidak mengeluarkan suara meski volume sudah penuh, penting untuk memeriksa pengaturan volume aplikasi, mode suara, serta kondisi perangkat lunak dan keras HP.

cara mengatasi speaker hp yang tak bersuara

Cara Mengatasi Speaker HP yang Tak Bersuara Meski Volume Mentok

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, simak ulasanya berikut ini:

1. Atur Volume dengan Slider

Cara mengatasi spekaer hp yang tak bersuara pertama, pastikan volume diatur dengan benar menggunakan volume slider di HP Android.

Tekan tombol volume, kemudian ketuk logo titik tiga yang muncul di layar. Ini akan membuka pengaturan volume untuk nada dering, panggilan, dan aplikasi lain yang sedang berjalan.

2. Atur Volume Video di Aplikasi

Jika masalahnya muncul saat menonton video di aplikasi tertentu, silahkan cek pengaturan volumenya. Banyak aplikasi seperti YouTube, Instagram, dan Facebook memiliki pengaturan volume sendiri. Pastikan tombol volume di aplikasi tidak dalam posisi mute.

3. Matikan Mode Silent dan Do Not Disturb

Seperti yang kita bahas di atas tadi jika kedua mode di hp android ini bisa berpengaruh pada volume perangkat tersebut. Mode silent atau do not disturb bisa menyebabkan HP tak mengeluarkan suara.

Untuk memeriksanya, geser layar dari atas ke bawah untuk membuka Quick Settings, lalu pastikan mode-mode tersebut dimatikan.

4. Putuskan Koneksi dengan Perangkat Audio Eksternal

Perangkat audio eksternal seperti earphone atau speaker bluetooth yang masih terhubung bisa membuat suara keluar dari HP terputus. Cara mengatasi speaker hp yang tak bersuara karena masalah ini dengan melepaskan earphone atau matikan koneksi bluetooth agar suara bisa keluar dari speaker HP.

BACA JUGA  Diam-diam, HP Samsung Terbaru ini Sudah Rilis di Indonesia Lho!

beberapa cara mengatasi speaker hp yang tak bersuara

5. Bersihkan Headphone Jack dan Speaker Ponsel

Volume pada HP yang tiba-tiba hilang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kotoran yang menghalangi speaker atau headphone jack. Membersihkan kedua komponen ini bisa menjadi solusi awal yang cukup efektif.

Misalnya, jika speaker atau headphone jack terkena debu, HP mungkin mengira ada headphone yang tercolok sehingga suara dialihkan ke jack tersebut. Cobalah membersihkan keduanya dengan hati-hati menggunakan cotton bud.

6. Restart Ponsel

Selain itu, gangguan pada sistem perangkat lunak juga dapat menyebabkan masalah dengan volume HP. Merestart HP bisa membantu dalam menyegarkan sistem dan memperbaiki gangguan yang mungkin terjadi.

7. Masuk Safe Mode

Cara mengatasi spekaer hp yang tak bersuara lainnya adalah dengan masuk ke Safe Mode, yang memungkinkan HP untuk beroperasi hanya dengan software bawaan, tanpa aplikasi pihak ketiga. Ini bisa membantu mengidentifikasi apakah masalah volume disebabkan oleh aplikasi tertentu atau bukan.

8. Factory Reset

Jika masalah volume masih belum teratasi, factory reset bisa menjadi pilihan terakhir. Namun, perlu diingat bahwa melakukan factory reset akan menghapus semua data di HP, jadi pastikan untuk mem-backup file yang penting sebelum melakukannya.

Jika meskipun sudah mencoba semua cara di atas namun masalah volume tetap tidak teratasi, bisa jadi ada masalah hardware yang perlu ditangani oleh teknisi ahli. Sebaiknya bawa HP ke service center terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu!

Cukup sekian ulasan tentang cara mengatasi spekaer hp yang tak bersuara kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.