hp panas

5 Tips Mengatasi HP Panas Saat Perjalanan Mudik dan Liburan

HP yang mengalami masalah panas sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari langsung atau pengisian daya yang berlebihan.

Masalah panas ini dapat berdampak negatif terhadap kinerja perangkat, terutama pada baterainya yang menjadi lebih cepat habis.

Cara Mengatasi Hp Panas

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah hp panas ini, nah berikut ini beberapa tipsnya.

1. Kipas Hp

Jika HP mengalami panas atau overheating, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama dengan mengipasi perangkat bisa membantu menurunkan suhu HP, meskipun terdengar sederhana, namun dapat efektif dalam mengurangi panas pada perangkat.

2. Jangan Letakkan di Kulkas

Perlu diingat, meskipun suhunya sedang panas bahwa tidak disarankan untuk menempatkan HP di dalam kulkas. Paparan suhu yang terlalu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak komponen perangkat dan bahkan meningkatkan risiko terjadinya kelembapan yang dapat merusak HP lebih lanjut.

hp panas

3. Matikan Bluetooth

Pastikan untuk mematikan Bluetooth ketika tidak sedang digunakan. Meskipun Bluetooth aktif namun tidak terhubung ke perangkat lain, ponsel akan terus melakukan pemindaian untuk mencari perangkat yang dapat disambungkan. Ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas lebih cepat dari biasanya.

4. Lepas Casing

Untuk membantu ponsel agar tidak terlalu panas, lepaslah casing atau pelindung tambahan yang ada pada ponsel.

Walaupun casing dapat memberikan perlindungan, namun seringkali juga dapat menahan panas yang dihasilkan oleh ponsel. Dengan melepas casing, ponsel memiliki lebih banyak ruang untuk membuang panas.

5. Jangan Satukan Hp dengan Perangkat lain

Pastikan untuk memisahkan ponsel Anda dari perangkat lain seperti tablet atau laptop ketika menyimpannya dalam tas. Menumpuk banyak perangkat dalam satu tas dapat meningkatkan risiko ponsel menjadi terlalu panas karena kurangnya sirkulasi udara.

BACA JUGA  5 Game Paling Seru yang Mirip dengan Genshin Impact

Pisahkan perangkat-perangkat tersebut dan letakkan pada permukaan yang rata untuk membantu menjaga suhu ponsel tetap stabil.