OPPO Reno 5 liputantimes.com

OPPO Reno 5 vs Vivo V20, Mana yang Lebih Bisa Diandalkan?

Baik vendor Vivo maupun Oppo ini bisa dibilang sukses dipasaran, dimana berbagai smartphone yang mereka pasaran selalu sukses menyita perhatian para konsumen setianya. Nah salah satu ponsel dari kedua vendor diatas ini adalah OPPO Reno 5 dan Vivo V20 yang termasuk kedalam ponsel baru dipasaran.

Sekilas untuk spesifikasi yang dimiliki oleh kedua ponsel ini sama saja, namun sejatinya ada beberapa perbedaan yang harus anda ketahui sebelum membelinya. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai perbandingan OPPO Reno 5 vs Vivo V20 yang harus anda pahami, apa saja itu? Simak jawabannya dibawah ini.

Dimensi

Perbandingan OPPO Reno 5 vs Vivo V20 pertama kali diawali pada bagian tampilan depannya, dimana untuk ukuran bodi dari kedua ponsel tersebut tidak jauh beda. Untuk Vivo V20 datang dengan menggunakan dimensi bodi 161.3 x 74.2 x 7.38 mm dengan bobot mencapai 171g.

Sementara untuk OPPO Reno 5, datang dengan ukuran bodi 159.1 x 73.4 x 7.9 mm dengan bobot mencapai 172g. Sepintas untuk desain dari Vivo V20 ini lebih ramping dan ringan, hanya saja jika dilihat dari perbandingan dalam skala angka, maka kedua smartphone ini ukurannya bisa dikatakan serupa.

Display

Lalu pada bagian layarnya OPPO Reno 5 ini datang dengan menggunakan layar berukuran 6.43 inch dengan panel OLED dan memiliki resolusu QHD. Layar ini screen to body mencapai 85.1% dan memiliki lubang dilayar atau punch hole sebagai rumah dari kamera depannya.

Lalu untuk Vivo V20 mengusung layar berukuran sedikit lebih besar yakni 6.44 inch QHD dengan panel Super AMOLED dan memiliki rasio screen to body mencapai 90.37%. Meskipun smartphone ini masih menggunakan konsep rumah kamera ‘lawas’ yakni Notch Waterdrop, namun Vivo memiliki keunggulan berupa dukungan  HDR10 didalamnya, untuk memberikan kualitas gambar lebih tajam.

Performa

Perbandingan OPPO Reno 5 vs Vivo V20 ini juga nampak pada sektor dapur pacu, dimana untuk OPPO Reno 5 jauh lebih unggul dibandingkan ponsel milik pabrikan Vivo tersebut. Reno 5 datang dengan ditenagai prosesor Octa-core 2.4 GHz yang diduetkan bersama dengan chipset terbaru Snapdragon 765G  yang banyak dipakai oleh ponsel kelas atas.

BACA JUGA  Apple Sebut Masalah Boros Baterai Setelah Update iOS 15.4 Itu Normal

Selain itu, kartu grafis yang dipakai oleh OPPO Reno 5 ini juga lebih baik yakni Adreno 620. Sementara untuk Vivo V20, hadir dengan ditenagai oleh prosesor Octa-core 2.3 Ghz yang diduetkan dengan chipset Snapdragon 720G. Untuk kartu grafisnya smartphone ini menggunakan Adreno 618, meskipun nampak lebih unggul OPPO Reno 5, tapi kedua ponsel ini sama-sama sudah berjalan pada OS Android 11.

Penyimpanan

Lalu untuk bagian media penyimpanan dari kedua smartphone ini nampak seimbang, dimana baik OPPO Reno 5 maupun Vivo V20 sama-sama didukung dengan RAM 8 GB dan memiliki memori internal berukuran 128 GB.

Namun perbedaanya untuk OPPO Reno 5 ini menggunakan type penyimpanan UFS 2.1, sementara Vivo V20 tidak. Tapi Vivo memiliki keunggulan dimana terdapat slot microSD yang bisa anda gunakan untuk memperbesar penyimpanannya hingga 1 TB, sementara untuk OPPO Reno 5 tidak disediakan.

Vivo V20 liputantimes.com

Kamera

Perbedaan paling mencolok juga terletak pada sisi fotografinya, dimana untuk OPPO Reno 5 unggul pada kamera belakang. Smartphone ini datang dengan menggunakan 4 kamera belakang berukuran 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2MP dan didukung oleh fitur autofocus.

Lalu untuk Vivo V20 ini hanta datang dengan menggunakan tiga kamera belakang saja, diantaranya 64 MP + 8 MP + 2 MP dengan autofocus. Smartphone ini lebih kaya soal fitur karena dilengkapi dengan teknologi Super Night Mode, Super Wide Angle Night Mode, hingga Super Macro.

Sementara pada kamera depan, Vivo V20 boleh unggul karena didukung dengan lensa berukuran 44 MP Wide Angle. Sementara untuk OPPO Reno 5 ini hanya didukung dengan kamera selfie berukuran 32 MP Wide Angle.

Kapasitas Baterai

Soal kapasitas baterainya pun OPPO Reno 5 ini masih jauh lebih unggul dibandingkan Vivo V20, dimana smartphone ini datang dengan menggunakan baterai berukuran 4.300 mAh dan memiliki fitur fast charging 65W. Selain itu smartphone ini juga memiliki kemampuan untuk mengisi daya baterai ponsel lain karena teknologi Reverse Charging didalamnya.

Sementara untuk Vivo V20, datang dengan menggunakan baterai berukuran 4.000 mAh dan dibekali dengan fitur fast charging 33W. Sayangnya Vivo V20 ini tidak memiliki fitur Reverse Charging seperti Oppo, hal ini cukup wajar karena memang untuk harga Vivo V20 ini masih jauh lebih terjangkau.

BACA JUGA  Ini Dia Urutan HP Android Tercepat Periode Oktober 2021

Kesimpulan

Jadi kesimpulan perbandingan OPPO Reno 5 vs Vivo V20 ini tidak jauh beda, dimana untuk OPPO Reno 5 ini unggul pada bagian kamera belakang, dapur pacu handal, serta memiliki kapasitas baterai besar. Sementara untuk Vivo V20 dengan harga lebih terjangkau unggul pada ukuran layar, media penyimpanan yang bisa diperbesar, serta memiliki kamera depan lebih bokeh.

Dengan perbandingan harga yang cukup jauh, sepertinya Vivo V20 ini bisa jadi pilihan untuk anda miliki. Namun jika anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih OPPO Reno 5 untuk mendapatkan pengalaman lebih mantap dari segi performanya.

Cukup sekian dulu ulasan tentang perbandingan OPPO Reno 5 vs Vivo V20 kali ini, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan sekali menjadi bahan pertimbangan anda nantinya.

 

Cek Videonya Perbandingannya disini