vivo y100 5g

Vivo Y100 5G Tampilan Cantik Performa Wah di Harga Rp 3 Jutaan

Vivo memulai tahun 2024 dengan merilis Y100 5G, varian tertinggi dalam Y-series mereka. Ponsel ini menawarkan sejumlah fitur dan desain baru yang belum pernah ditemui sebelumnya dalam Y-series.

Diposisikan sebagai ponsel serba bisa untuk kalangan muda, Vivo Y100 5G menghadirkan keunggulan melalui desainnya yang unik dan baterai yang dijanjikan tahan lama bertahun-tahun.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana performa dari ponsel ini? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan lengkap mengenai Vivo Y100 5G.

Spesifikasi Vivo Y100 5G

Vivo Y100 5G menampilkan dua opsi warna menarik, Ungu Anggrek dan Hitam Onyx. Edisi Ungu Anggrek memiliki desain unik dengan panel belakang berbahan kulit fiber premium, yang ditandai dengan detail jahitan mengelilingi bagian punggung ponsel.

Desain ini membuat tampilan ponsel terlihat elegan dan juga memiliki perlindungan anti-noda, sehingga mudah dibersihkan jika terkena tumpahan kopi atau cairan berwarna lainnya.

Material kulit fiber premium pada Y100 5G memberikan sentuhan keset pada bodi ponsel, membuatnya nyaman digenggam tanpa terasa licin. Bingkai dengan finishing metalik menambahkan kesan premium pada ponsel tersebut.

Apalagi dibagian samping bodi, hanya dibekali dengan tombol volume serta tompol power saja yang membuatnya nampak clean dan elegan. Untuk slot SIMCARD, port USB maupun speaker, diletakkan pada bagian bawah bodi.

Modul kamera yang besar juga memiliki tekstur dan finishing yang berbeda, menambahkan elemen kontras yang tetap terlihat elegan pada ponsel ini.

Dengan kombinasi desain dan fitur perlindungan, Y100 5G menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan tampilan yang eksklusif dan fungsionalitas yang handal.

Bagian Display

Kita awali pembahasan kali ini dari bagian display, dimana Vivo Y100 5G menawarkan layar yang luas dengan bezel yang tipis, meskipun bezel di bagian bawah sedikit lebih tebal dari sisi lainnya.

Panel AMOLED berukuran 6,67 inci menjadi pilihan Vivo untuk digunakan pada ponsel barunya ini, memberikan resolusi FHD+ 2400 x 1080, refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 1.200 nits.

harga vivo y100 5g

Kualitas layar Y100 5G mendukung kegiatan sehari-hari dengan warna yang akurat. Mode Bright hadir untuk pengguna yang menginginkan warna yang lebih cerah. Keunggulan refresh rate tinggi membuat pengalaman scrolling media sosial dan website terasa mulus.

Layar ini tetap dapat dinikmati meski penggunaan di bawah sinar matahari terik berkat tingkat kecerahan yang tinggi, sehingga pengguna pun tetap nyaman mengoperasikannya nanti.

Dukungan Widevine L1 pada layar memungkinkan Y100 5G untuk memutar konten Netflix dalam kualitas HD, meskipun kurangnya dukungan untuk HDR atau Dolby Vision merupakan hal yang disayangkan.

BACA JUGA  Ponsel Lipat Vivo X Fold Siap Dipamerkan 29 Juni 2022 di Jakarta

Di dalam layar Vivo Y100 5G  ini juga disematkan sensor sidik jari yang memiliki fungsi cepat dan akurat. Sehingga dari fitur keamanan pun juga sudah lengkap dari ponsel ini.

 Kamera

Berpindah ke sisi kamera, di mana Vivo Y100 5G menampilkan keunggulan dalam sektor fotografi dengan kamera utama berkekuatan 50 MP dan kamera ultrawide 8 MP. Meskipun tampak memiliki tiga kamera belakang, perlu dicatat bahwa satu lensa lainnya berfungsi sebagai sensor flicker.

Ponsel ini menyajikan beragam mode pengambilan foto dan video, mulai dari mode malam, mode Pro, hingga Dual View yang memungkinkan pengguna merekam video menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan.

Kualitas hasil jepretan dari kamera Y100 5G sangat mantap, khususnya ketika pengambilan foto di bawah sinar matahari yang cukup. Detail objek terlihat tajam, dan untuk reproduksi warnanya tampak alami sehingga hasilnya pun mantap tanpa perlu di edit lagi.

kamera vivo y100 5g

Kamera ponsel ini juga memiliki Mode malam yang juga sangat membantu untuk menghasilkan foto berkualitas di kondisi minim cahaya.

Kemampuan zoom digital 2x dari kamera Y100 5G masih dapat diterima, begitu juga dengan kemampuan sensor ultrawide yang optimal saat digunakan untuk mengambil foto di luar ruangan dengan pencahayaan yang memadai.

Dapur Pacu

Masuk ke bagian performanya, Vivo Y100 5G hadir dengan keunggulan dibekali chipset Snapdragon 4 Gen 2 yang dirancang dengan fabrikasi 4nm yang mengalami peningkatan dari pendahulunya, sehingga chipset ini diharapkan memberikan performa yang lebih kencang dan efisien.

Dalam spesifikasinya, Y100 5G menyertakan RAM sebesar 8GB dengan pilihan memori internal 128GB dan 256GB. Vivo juga memberikan opsi Extended RAM yang memungkinkan penambahan kapasitas hingga 8GB, dan tersedia slot microSD dengan dukungan hingga 1TB.

Dengan konfigurasi tersebut, Y100 5G mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Proses multitasking seperti membuka browser dan aplikasi notes secara bersamaan berjalan tanpa hambatan.

Pengalaman yang serupa juga dirasakan saat berpindah-pindah antar aplikasi dengan kelancaran yang tetap terjaga. Sehingga untuk kebuthan multitasking ponsel ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya itu, Y100 5G juga mampu memberikan performa optimal dalam bermain game. Game-game seperti PUBG Mobile dapat dimainkan dengan kualitas grafis HD dan frame rate High tanpa mengalami masalah.

Meski begitu, perangkat ini sedikit kesulitan ketika digunakan untuk memainkan game yang lebih berat seperti Genshin Impact. Dengan kualitas grafis pada pengaturan Low dan frame rate 30 fps secara default, peningkatan ke pengaturan Medium dengan 45fps membuat permainan menjadi agak tersendat, meskipun masih dapat dimainkan.

BACA JUGA  Redmi K70 Pro Lamborghini Series Resmi Dirilis

spesifikasi vivo y100 5g

Dalam pengujian performa menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, PCMark, dan Geekbench, Y100 5G juga menunjukkan hasil yang dapat diandalkan oleh pengguna.

Ponsel ini juga sudah menjalankan Android 14 dengan antarmuka FuntouchOS 14. Meskipun demikian, Vivo tidak memberikan informasi mengenai berapa kali ponsel ini akan mendapatkan pembaruan sistem operasi.

Baterai

Untuk menemani aktifitas pengguna, Vivo Y100 5G dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh seperti yang dimiliki oleh ponsel baru dipasaran saat ini.

Keunggulan dari baterai yang besar ini terlihat dalam daya tahan ponsel, mampu bertahan sepanjang hari meskipun digunakan secara intensif, termasuk dalam bermain game berat dan menggunakan tethering hotspot.

Penting untuk dicatat bahwa Y100 5G dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 80W Flash Charge, menjadi yang pertama kali hadir dalam seri Y. Vivo mengklaim jika teknologi ini mampu mengisi daya Y100 5G hingga 45% hanya dalam waktu 15 menit saja.

Dalam pengujian praktis, klaim tersebut ternyata cukup akurat. Ponsel Y100 5G dapat mengisi daya sebanyak 60% dalam waktu 30 menit, sementara pengisian daya penuh memakan waktu kurang dari satu jam.

Vivo memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan baterai Y100 5G dengan menyediakan proteksi baterai. Mereka menjamin bahwa kualitas baterai tidak akan turun di bawah 80% dalam empat tahun penggunaan.

Jika kesehatan baterai menurun di bawah 80% dalam periode tersebut, Vivo siap untuk mengganti baterai ponsel.

Selain memberikan garansi, Vivo juga menyematkan Fitur battery health juga disematkan di Y100 5G, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memeriksa kesehatan baterai mereka.

Kesimpulan

Untuk anda yang mencari ponsel canggih di harga Rp  jutaan, maka Vivo Y100 5G menawarkan pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan smartphone serbaguna dengan harga yang terjangkau. Desainnya yang elegan dan unik menjadi nilai tambah untuk ponsel ini.

Meskipun performa chipset yang digunakan tidak tergolong sebagai yang terkuat, namun seharusnya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Kemampuan kameranya juga dapat diandalkan untuk mengabadikan momen-momen sehari-hari dengan baik.

Selain itu, baterainya juga sangat tahan lama, dengan Vivo menjamin bahwa daya tahannya tidak akan turun di bawah 80% setelah penggunaan selama empat tahun.

Dengan garansi tersebut, pengguna tidak perlu khawatir tentang daya tahan Y100 5G dalam jangka panjang. Jika Vivo juga memberikan jaminan untuk pembaruan sistem operasi selama empat tahun, maka Y100 5G akan menjadi lebih terjamin masa depannya, memberikan ketenangan pikiran bagi penggunanya.