tecno spark 20 pro series

Mulai Rp 2 Jutaan Tecno Spark 20 Pro Series Manjakan User HP Android Indonesia

Pada hari Selasa (27/2/2024) kemarin, Tecno Mobiles baru saja merilis duo smartphone terbaru dari seri Tecno Spark 20 di pasar Indonesia. Kedua perangkat tersebut adalah Tecno Spark 20 Pro dan Spark 20 Pro Plus, yang dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan.

Dengan kehadiran Tecno Spark 20 Pro dan Pro Plus, seri ini menjadi lengkap setelah sebelumnya diperkenalkan dengan varian “reguler” dan Tecno Spark 20C pada awal Januari lalu.

Tanda “Pro” di belakang nama model menunjukkan bahwa kedua perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi, terutama Tecno Spark 20 Pro Plus. Desainnya pun berbeda, khususnya pada Tecno Spark 20 Pro Plus yang menampilkan layar melengkung, memberikan kesan premium dan elegan.

Pada bagian belakang Tecno Spark 20 Pro Plus, terdapat empat cincin dalam modul berbentuk lingkaran, tersusun dalam format 2×2. Di sekitar modul, terdapat bilah horizontal dengan tekstur garis yang memberikan sentuhan desain yang menarik.

Tecno Spark 20 Pro Plus juga dibekali dengan chip lebih canggih, yakni MediaTek Helio G99 Ultimate, sementara versi Pro menggunakan MediaTek Helio G99 versi “reguler”.

Meskipun memiliki perbedaan dalam desain dan spesifikasi, baik Tecno Spark 20 Pro maupun 20 Pro Plus ditujukan untuk audiens muda yang menyukai bermain game. Anthoni Roderick, Public Relations Manager Tecno Indonesia, menyatakan bahwa kedua perangkat ini menyajikan fitur unggulan yang cocok untuk pengguna Gen-Z di Indonesia.

Spesifkasi Tecno Spark 20 Pro Plus

Untuk pembahasan pertama kali ini kita bahas yang varian Tecno Spark 20 Pro, di atas tadi kita sebutkan jika ponsel ini menampilkan model layar yang berbeda dari ketiga model lainnya.

Ponsel ini menggunakan panel AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.436 piksel), refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits. Dibagian tengah atas layar terdapat lubang punch hole sebagai rumah dari kamera depan.

BACA JUGA  Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android, iOS, dan Laptop

tecno spark 20 pro plus

Kamera selfie yang dimiliki ponsel ini pun sangat mantap, yakni beresolusi 32 MP dan dibantu dengan fitur dual flash front camera untuk membantu pencahayaan.

Di bagian belakang, konfigurasi kamera mencakup kamera utama 108 MP dan kamera makro 2 MP. Kamera ini diletakkan dalam sebuah modul berbentuk lingkaran.

Masuk pada bagian dapur pacunya, ponsel ini ditenagai oleh chip MediaTek Helio G99 Ultimate, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Tecno Spark 20 Pro Plus juga memiliki fitur RAM tambahan hingga 8 GB, sehingga totalnya dapat mencapai 16 GB.

Seri Tecno Spark 20 Pro juga memasukkan teknologi Darwin Engine untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan mengurangi lag. Fitur ini dapat meningkatkan frame rate hingga 8x dan mengurangi kenaikan suhu rata-rata sebesar 4 derajat Celsius.

Berjalan di atas sistem operasi Android 14, ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas 5.000mAh dengan teknologi pengisian cepat 33 watt.

Fitur pendukung lainnya melibatkan speaker stereo ganda bersertifikasi DTS yang membuat suaranya begitu menggelegar saat digunakan bermain game maupun mendengarkan music.

Ada pula fitur Always-on-Display (AoD) versi 5.0, sertifikasi IP53 untuk ketahanan debu dan cipratan air, layar dilapisi Corning Gorilla Glass 5, konektivitas jaringan 4G, Wi-Fi, NFC, Bluetooth, radio FM, dan berbagai fitur lainnya.

Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro

Selanjutnya kita bahas spesifikasi Tecno Spark 20 Pro yang memiliki fitur sedikit lebih rendah. Walaupun memiliki layar dengan model yang berbeda, Tecno Spark 20 memiliki spesifikasi layar yang serupa dengan saudaranya yakni Spark 20 Pro Plus.

Tecno Spark 20 juga memiliki punch hole di tengah atas layar untuk dijadikan sebagai rumah kamera depan beresolusi 32 MP. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan panel, karena model ini tidak menggunakan panel AMOLED.

tecno spark 20 pro

Berpindah kebagian bodi belakang, dimana ponsel ini dirancang dengan desain yang unik. Terdapat tiga cincin yang diposisikan zig-zag mirip dengan iPhone seri “Pro”.

Dua cincin dipakai untuk tempat kedua kamera belakang, sementara satu cincin lagi dimanfaatkan sebagai rumah dari LED Flash. Berbeda dengan varian Plus yang diletakkan dalam modul berbentuk lingkaran, untuk versi ini diletakkan dalam modul persegi dengan sudut yang membulat di tiap sisinya.

BACA JUGA  Realme GT5 Siap Hadir dengan Spek Dewa RAM 24GB Charging 240W

Lalu untuk dapur pacunya Tecno Spark 20 Pro dibekali dengan chip MediaTek Helio G99 yang diduetkan bersama RAM 12 GB dan memiliki penyimpanan internal seluas 256 GB. Ponsel Android ini juga dilengkapi fitur RAM Extension hingga 9 GB.

Itu tadi sejumlah perbedaan spesifikasi Tecno Spark 20 Pro dengan varian plus, untuk spesifikasi lainnya, termasuk kamera, baterai, sistem operasi, dan fitur pendukung lainnya, tetap serupa dengan saudaranya.

Harga Tecno Spark 20 pro Series

Seperti yang sudah kami singgung di awal tadi, jika kedua smartphone keren ini hadir untuk menyapa penggemarnya di segmen entry level. Sehingga dari sisi harga Tecno Spark 20 Pro Series bisa dibilang cukup terjangkau.

Untuk harganya, berikut adalah daftar harga Tecno Spark 20 Pro series di Indonesia:

  • Tecno Spark 20 Pro: Rp 2.499.000
  • Tecno Spark 20 Pro Plus: RP 2.699.000

Tecno Spark 20 Pro series menawarkan variasi opsi warna yang menarik. Spark 20 Pro hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam, seperti Moonlit Black (hitam), Frosty Ivory (putih), dan Sunset Blush (emas).

Di sisi lain, Tecno Spark 20 Pro Plus menampilkan gaya yang lebih minimalis dengan warna Temporal Orbits (hitam) dan Magic Skin 2.0 Green (hijau).

Untuk anda yang tertarik membelinya,  pembelian perdana bisa dilakukan pada tanggal 1 Maret 2023. Transaksi bisa dilakukan secara langsung di gerai resmi Tecno atau melalui marketplace rekanan Tecno Mobiles di Indonesia.