spesifikasi redmi a3

Harga dan Spesifikasi Redmi A3 di Level Rp 1 Jutaan

Pada Selasa (20/2/2024), Xiaomi, produsen smartphone yang berbasis di China, secara resmi merilis ponsel terbarunya untuk kelas entry level, Redmi A3, di Indonesia.

Sebelumnya, hp murah ini telah diperkenalkan di pasar India pada 15 Februari 2024. Berbeda dengan versi global, untuk Redmi A3 versi Indonesia mengalami beberapa perubahan, terutama pada konfigurasi RAM dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan, serta variasi warna yang dimilikinya.

Di Indonesia, Xiaomi Redmi A3 hanya tersedia dalam satu varian, yaitu dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Berbeda dengan versi India yang menawarkan opsi RAM 3 GB, 4 GB, dan 6 GB dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan 128 GB.

Pilihan warna untuk Redmi A3 versi Indonesia memiliki dua varian, yakni Midnight Black dan Star Blue. Berbeda dengan varian India dimana Redmi A3 hadir dalam tiga warna, yaitu Midnight Black, Lake Blue, dan Olive Green.

Meski terdapat perbedaan dalam konfigurasi RAM, media penyimpanan, dan pilihan warna, spesifikasi teknis Redmi A3 versi Indonesia tetap identik dengan versi India. Berikut adalah rangkuman spesifikasi lengkapnya untuk anda.

Spesifikasi Redmi A3

Xiaomi Redmi A3 memperkenalkan desain modul kamera belakang yang baru dengan bentuk lingkaran besar, menyerupai desain yang ditemui pada Xiaomi 13 Ultra. Sebuah perubahan signifikan dari pendahulunya, Redmi A2, yang memiliki modul kamera dengan bentuk persegi kecil.

Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa perubahan ini bertujuan untuk memperkuat kesan premium dan tren pada branding pengguna di segmen entry-level.

Modul kamera belakang yang mencolok ini melibatkan kamera utama 8 MP yang dipasangkan dengan lensa sekunder (auxiliary lens).

Kombinasi ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), yang meningkatkan kemampuan kamera dalam menangkap foto portrait dan landscape berkualitas tinggi. Kamera utama juga mendukung fitur filmCamera dan HDR Mode untuk pengalaman fotografi yang lebih kreatif.

Secara khusus dalam hal fotografi selfie, Redmi A3 menampilkan kamera depan 5 MP yang ditempatkan dalam modul menyerupai tetesan air (waterdrop). Fitur-fitur seperti soft light ring dan mode Selfie Beautify diberikan untuk meningkatkan kualitas selfie, terutama dalam kondisi cahaya yang minim.

BACA JUGA  4 Hp Realme Paling Digemari Anak Muda

redmi a3

Pada aspek display, Redmi A3 membanggakan layar berukuran 6,71 inci dengan refresh rate sebesar 90 Hz, yang merupakan peningkatan dari ponsel entry-level pada umumnya yang umumnya mengandalkan refresh rate 60 Hz.

Fitur tambahan layar termasuk mode Night Light dan DC Dimming, yang dapat mengurangi cahaya biru dan flicker, menciptakan pengalaman visual yang nyaman bagi pengguna. Redmi A3 mengalami peningkatan spesifikasi pada layarnya dibandingkan dengan Redmi A2 yang menggunakan layar 6,52 inci dengan refresh rate 60 Hz.

Masuk pada bagia dapur pacunya, hp murah ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G36, mengikuti jejak Redmi A2. Chipset octa-core ini memiliki kecepatan clock maksimum 2,2 GHz, memberikan performa yang dapat diandalkan.

Sementara untuk penyimpanannya, Redmi A3 hadir dengan kapasitas RAM dan storage sebesar 4 GB/128 GB. Pengguna memiliki opsi untuk memperluas RAM hingga 8 GB melalui penggunaan virtual RAM.

Kemudian, jika anda merasa masih kurang, maka penyimpanan ponsel ini dapat diperbesar melalui kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB, memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna.

Sistem operasi yang dijalankan pada Redmi A3 adalah Android 13 Go Edition, yang dirancang khusus untuk ponsel murah pada segmen entry-level.

Untuk menemani aktifitas pengguna sehari-hari, Redmi A3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, mencapai 5.000 mAh, yang mendukung teknologi pengisian cepat 10 Watt.

Meskipun Xiaomi tidak memberikan rincian spesifik tentang ketahanan baterai, ponsel ini diklaim dapat bertahan sepanjang hari, baik dalam kondisi standby maupun saat digunakan untuk bermain game.

Spesifikasi lainnya termasuk port USB Type-C, pelindung layar Corning Gorilla Glass, pemindai sidik jari samping (side-mounted fingerprint), dual SIM, fitur face unlock, jack audio 3,5 mm, dan berbagai fitur lainnya.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, hal ini menunjukkan bahwa Redmi A3 menyediakan sejumlah fitur yang menarik bagi pengguna dalam segmen entry-level.

Harga Redmi A3 di Indonesia

Seperti dilansir oleh Xiaomi Indonesia pada Selasa (20/2/2024), harga Redmi A3 di Indonesia (4 GB/128 GB) dijual senilai Rp 1.199.000.

BACA JUGA  Kamera Samsung Galaxy A73 Siap Tandingi Redmi Note 10 Pro

Untuk penjualan perdara ponsel murah ini pihak Xiaomi memulainya pada tanggal 22 Februari 2024 ini secara daring, dapat dibeli melalui situs resmi Mi.com maupun toko resmi Xiaomi di berbagai marketplace.

Sementara untuk penjualan perdana secara offline akan dimulai pada 29 Februari 2024, tersedia di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan sejumlah peritel rekanan Xiaomi.

Selain peluncuran Redmi A3, Xiaomi juga memperkenalkan produk Xiaomi TV A dengan ukuran 32 inci dan Xiaomi TV A Pro 32 inci pada tanggal 21 Februari 2024. Kedua televisi berbasis Google ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1,8 juta. Apakah anda tertarik ?