redmi a3

Redmi A3 Hadir dengan Tampilan Kamera Layaknya HP Xiaomi Premium

Redmi, sebagai salah satu sub-merek dari Xiaomi, baru saja mengenalkan smartphone entry-level terbarunya, yakni Xiaomi Redmi A3, di pasar India. Sesuai namanya, ponsel ini bertindak sebagai penerus dari Redmi A2, yang sebelumnya diluncurkan secara global pada bulan Maret 2023.

Redmi A3 membawa sejumlah perubahan yang cukup mencolok dibandingkan pendahulunya, terutama dalam hal desain yang membawakan penyegaran. Penasaran seperti apa? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Redmi A3

Berbeda dengan Redmi A2 yang memiliki modul kamera berbentuk persegi, Redmi A3 kini menghadirkan modul kamera dengan desain lingkaran besar, mirip dengan desain yang ditemui pada Xiaomi 13 Ultra. Xiaomi menamai desain ini sebagai “Premium Halo Design.”

Di dalam modul tersebut, terdapat konfigurasi kamera yang terdiri dari kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 0,08 MP. Meski Xiaomi tidak memberikan rincian mendalam tentang fungsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dimiliki oleh kamera-kamera tersebut, namun disebutkan bahwa teknologi AI turut berkontribusi dalam pengoptimalkan kinerja kamera.

Modul kamera pada Redmi A3 juga menyertakan lampu LED flash, memastikan hasil pemotretan yang optimal di kondisi minim cahaya. Sebagai pembanding dengan pendahulunya, Redmi A2 memiliki kamera utama 8 MP yang didukung oleh lensa QVGA.

Pada bagian layar, Redmi A3 menampilkan panel LCD seluas 6,71 inci dengan resolusi HD Plus (1.650 x 720 piksel) dan refresh rate 90 Hz. Layar ini dilindungi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3, menambah daya tahan terhadap goresan atau kerusakan fisik.

Spesifikasi layar yang disematkan pada Redmi A3 mengalami peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi A2, yang menggunakan panel LCD 6,52 inci dengan resolusi 1.080 x 720 piksel dan refresh rate 60 Hz.

spesifikasi redmi a3

Refresh rate 90 Hz pada Redmi A3 memberikan pengalaman visual yang lebih halus, hal yang jarang ditemui pada ponsel entry-level, yang umumnya menggunakan layar dengan refresh rate 60 Hz.

Pada bagian atas tengah layar, terdapat lubang modul berbentuk waterdrop sebagai rumah dari kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

BACA JUGA  Apple Tunda Lagi iPhone Layar Lipat

Masuk pada bagian dapur pacunya, hp android ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G36, serupa dengan yang digunakan pada Redmi A2. Namun, terdapat perbedaan signifikan pada opsi RAM, dengan Redmi A3 menawarkan pilihan RAM 3 GB/4 GB/6 GB, meningkat dari opsi 2 GB/3 GB/4 GB yang terdapat pada Redmi A2.

Pengguna memiliki fleksibilitas untuk memperluas RAM LPDDR4X hingga 6 GB melalui fitur virtual RAM yang kini banyak dipakai oleh ponsel baru. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, pengalaman multitasking atau penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan akan lebih nyaman.

Redmi A3 juga hadir dengan kapasitas penyimpanan eMMC5.1 sebesar 64 GB, menggantikan kapasitas 32 GB pada Redmi A2. Jika diperlukan ruang penyimpanan tambahan, pengguna dapat menambahkannya hingga 1 TB menggunakan kartu microSD.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14, yang telah dipoles dengan antarmuka pengguna MiUI 14. Perlu dicatat bahwa Redmi A3 tidak menggunakan Android Go Edition seperti yang terdapat pada Redmi A2, dan masih menggunakan MiUI 14, bukan HyperOS, antarmuka terbaru dari Xiaomi.

Sementara itu untuk menemani aktifitas pengguna, ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat (fast charging) 10 Watt.

Spesifikasi lainnya mencakup port USB-C, jack headphone 3,5 mm, pemindai sidik jari terintegrasi dengan tombol daya, dual SIM, konektivitas 4G, WiFi 5, Bluetooth 5.3, GPS, dan GNSS.

Harga Redmi A3

Ponsel ini dapat ditemui dalam tiga varian warna menarik, yakni Midnight Black, Lake Blue, dan Olive Green. Setiap warna ini memiliki keunikan desain tersendiri. Midnight Black dan Lake Blue hadir dengan punggung berbahan kaca, sementara Olive Green mengusung punggung berbahan kulit.

Bobot smartphone yang menggunakan punggung kaca mencapai 199 gram, sementara varian berbahan kulit memiliki bobot sekitar 193 gram. Secara fisik, Redmi A3 memiliki dimensi 168,3 mm x 76,3 mm x 8,32 mm.

Redmi A3 akan tersedia untuk pembelian di India mulai tanggal 23 Februari 2024. Berikut adalah daftar harga untuk Redmi A3, seperti dilansir oleh GSMArena :

  • Harga Redmi A3 (3 GB/64 GB) – 7.299 Rupee (sekitar Rp 1,3 juta)
  • Harga Redmi A3 (4 GB/128 GB) – 8.299 Rupee (sekitar Rp 1,5 juta)
  • Harga Redmi A3 (6 GB/128 GB) – 9.299 Rupee (sekitar Rp 1,7 juta)
BACA JUGA  Xiaomi 12 Ultra Bakalan Punya Kamera Sekelas Flagship Huawei?

Belum ada informasi mengenai kemungkinan Redmi A3 akan diluncurkan di pasar Indonesia. Sebagai acuan, Redmi A2 sendiri tiba di Tanah Air pada Mei 2023, hanya dua bulan setelah perilisannya di pasar global.