Sharp Aquos Sense8 Punya Segudang Fitur Canggih, Harganya?

Aquos Sense8 menjadi smartphone Android terbaru milik Sharp di Indonesia. Perangkat ini dirilis pada Selasa (16/1/2024). Smartphone ini menjadi Android versi kelas menengah yang membawa sejumlah fitur menarik yakni mulai dari aspek chipset, kamera, sampai dengan desain.

Di aspek desain, Sharp Aquos Sense8 dibekali dengan sertifikasi militer sampai dengan 15 standar. Dengan begitu maka smartphone ini mampu bertahan di kejatuhan, air, debu, suhu tinggi dan lain sebagainya.

Disisi lain, smartphone ini juga dibekali dengan fitur eSIM alias SIM elektronik dan diklaim sudah bisa dipakai oleh penggunanya. Berikut adalah rincian fitur menarik dari Sharp Aquos Sense8 yang dibanderol harga Rp. 6 juta.

Snapdragon 6 Gen 1 Pertama di Indonesia

Wajib semua tahu, dengan penawaran harga tersebut Aquos Sense8 ini ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 6 Gen 1 milik Qualcomm. Merupakan chip yang dirilis pada akhir tahun 2022.

Chipset tersebut mempunyai CPU dengan clockspeed sampai 2,2 GHz dan di desain dengan fabrikasi 4 nm. Menurut Dominikus Susanto, selaku Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia, Aquos Sense8 merupakan smartphone pertama dengan chipset tersebut.

“Pertama kali pakai Snapdragon 6 Gen 1 adalah Aquos Sense8. Chip ini chip kelas mid-range tapi mid-high. Jadi kemampuannya tinggi,” ucap Dominikus dalam peluncuran smartphone Aquos Sense8 di Jakarta.

Lebih lanjut, Dominikus juga menjelaskan bahwa chip tersebut mampu memberikan performa yang cukup tinggi untuk bermain game, mengambil foto, bekerja sampai dengan multitasking. Meski begitu smartphone tersebut tetap irit daya baterai.

Layar IGZO OLED

Smartphone keluaran Sharp ini tampil dengan layar IGZO OLED. Menurutnya, IGZO adalah salah satu teknologi layar yang menawarkan refresh rate dinamis. Sehingga tingkat refresh layarnya pun akan mengikuti konten yang ditampilkan.

Pada saat ponsel tidak terpakai, refresh rate layarnya akan di pasang dalam tingkat rendah guna menjaga daya baterai tetap awet.

Diklaim oleh Sharp bahwa ponselnya ini menawarkan refresh rate 90 Hz, akan tetapi bisa naik lagi hingga 180 Hz berkat teknologi IGZO OLED ini. Layar Aquos Sense8 juga mempunyai kecerahan hingga 1.300 nits serta resolusi HD Plus.

BACA JUGA  Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 dan Redmi Note 11s dengan Harga Lebih Murah

Kamera 1 inci dengan OIS

Selanjutnya pada aspek kamera, Sharp Aquos Sense8 hadir dengan kamera belakang ganda. Adapun resolusinya terdiri dari kamera utama dengan 50 MP dengan sensor berukuran nyaris 1 inci (1/1,55) serta fitur stabilisasi OIS dan kamera ultrawide 8 MP.

Dimungkinkan oleh Sharp sebagai bentuk klaim bahwa dukungan itu memastikan pengguna bisa mendapat foto yang bafus dan ciamik dengan bidang pandang yang luas. Adapun dukungan OIS yakni akan membuat gambar atau video yang di ambil melalui kamera ponsel menjadi lebih stabil tanpa efek guncangan.

Fitur lain yang turut melengkapi smartphone ini adalah zoom optic 2x serra IQ engine Pro Pix 5 untuk mengambil foto dalam bentuk format HDR.

Bahkan, sertifikasi ketahanan militer Sharp Aquos Sense8 bisa dibilang “HP Tahan Banting”. Hal itu karena smartphone ini dilengkapi dengan sejumlah sertifikasi ketahanan militer sampai 15 standar. Beberapa diantaranya adalah MIL-STD-810H untuk ketahanan dari guncangan dan MIL-STD-810G untuk uji dari kejatuhan.

Bukan heran lagi jika smartphone ini mampu menahan beban sampai dengan 6kg dalam kondisi tertentu, dan dari kejatuhan setinggi maksimal 1,22 meter. Bahkan ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu.

Dengan sertifikasi IP6X, maka Aquos Sense8 ini bisa dipakai di dalam air sekalipun hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

eSIM

Tak kalah menarik lainnya, smartphone Sharp ini juga di dukung dengan fitur eSIM (embedded SIM) alias kartu SIM yang diinject langsung ke ponsel pengguna guna menggantikan kebutuhan SIM Fisik pada umumnya.

Meskipun belum semua operator di Indonesia mendukung fitur ini, namun smartphone Aquos Sense8 ini mampu menunjang kebutuhan para pengguna baik untuk eSIM maupun SIM Fisik.

Ardy, selaku Head of Marketing Smartphone PT Sharp Electronics Indonesia pun menyatakan bahwa fitur eSIM yang dibawa tersebut bisa dipakai oleh pengguna Aquos Sense8 di Indonesia.

“Untuk eSIM lebih ke IMEI, jadi dia bukan berbentuk hardware tetapi lebih ke software untuk mendetek IMEI. Jadi kita bisa support dua-duanya,” ucap Ardy.

BACA JUGA  Sharp Aquos V - Spek dan Harga 2022, Ponsel Premium Harga Murah

Sebagai informasi, beberapa operator di Tanah Air seperti Indosat, Smartfren, dan XL Axiata sudah menyediakan fitur embedded SIM. Adapun Telkomsel masih menunggu regulasi fitur tersebut diteken oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.