Hadir Pertama di OPPO Reno 11, Apa Itu LinkBoost?

Akhirnya yang ditunggu pun tiba, Oppo Reno 11 Series resmi hadir di Tanah Air. Kedatangannya tak kan pernah sia-sia untuk disambut, membawa sejumlah peningkatan.

Bukan hanya mengusung kamera canggih, Reno 11 Series juga dilengkapi dengan fitur baru bernama LinkBoost, apa itu?

Menurut Baskoro Adiwiyono, selaku Head of PR Oppo Indonesia LinkBoost merupakan fitur penguat sinyal yang dikembangkan oleh Oppo. Bahkan ia menyebut kalau Oppo Reno 11 Series merupakan ponsel pertama yang hadir di Indonesia dengan dilengkapi fitur tersebut.

“Secara hardware sebenarnya LinkBoost ini mengadopsi antena surround 360 derajat dan dia juga dilengkapi dengan 10 antena. Secara software dia menguatkan daya tangkap sinyal,” ucap Baskoro dalam momen peluncuran Oppo Reno 11 Series di Jakarta, pada Kamis (11/1/2024).

Lebih jauh, Baskoro menjabarkan fitur LinkBoost yang akan sangat membantu dalam tiga skenario. Pertama, saat pengguna smartphone Reno 11 Series berada di area yang susah sinyal seperti di dalam lift atau basement. Nah, begitu keluar pengguna bisa terhubung langsung ke jaringan dengan cepat.

Skenario kedua, pada saat pengguna berada di tengah keramaian misalnya seperti saat menonton konser ataupun pertandingan sepakbola di stadion.

Terakhir, LinkBoost juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna pada saat berada dalam kendaraan yang bergerak.

“Nah kita bisa tetap lebih lancar atau lebih stabil saat kita bikin voice call atau pun juga kita nonton video ataupun juga kita browsing,” imbuh Baskoro.

Dalam presentasinya, Oppo juga mengklaim bahwa LinkBoost mempunyai daya transmisi hingga 73% lebih cepat dan penerimaan sinyal hingga 17% lebih cepat.

Upaya untuk menguji fitur LinkBoost tersebut di Indonesia, Oppo menggandeng Indosat dan Telkom. Dijelaskan oleh Baskoro bahwa fitur LinkBoost di Reno 11 Series juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang bisa memilih sinyal dari BTS paling kuat.

“Dari hasil pengujian tersebut secara rata-rata dari segi kecepatan sinyal ataupun juga recovery signal ya dari situasi-situasi tadi yang disampaikan itu memang jauh lebih baik dibandingkan dengan smartphone di kategori yang sama tapi untuk premium,” pungkasnya.