OPPO Reno 4 liputantimes.com.jpeg

OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5, Peningkatan yang Menggiurkan

Pabrikan asal Tiongkok yakni Oppo memang terus mengeluarkan inovasi baru pada smartphone mereka, bahkan setiap tahunnya pihak Oppo selalu mengeluarkan pembaruan setiap series ponsel tersebut. Seperti yang baru-baru ini mereka lakukan yakni pada ponsel Reno 5.

Sebagai ponsel baru, pastinya banyak orang yang tertarik untuk membelinya namun masih ragu soal kemampuannya apakah lebih baik dari pendahulunya yakni Reno 4. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang perbandingan OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5 yang perlu anda ketahui agar bisa dijadikan bahan pertimbangan nantinya.

Ukuran Body

Perbandingan OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5 pertama kali ini diawali dari ukurannya, dimana kedua smartphone ini memiliki perbandingan yang tidak jauh beda. Untuk OPPO Reno 4 memiliki bodi berukuran 74 mm x 7.8 mm x 159.3 mm dengan bobot mencapai 183 gram.

Sementara untuk Reno 5 datang dengan bodi sedikit lebih ramping yakni 73.4 x 7.9 mm x 59.1 mm dengan bobot lebih ringan yakni 172 gram. Meskipun begitu OPPO Reno 4 nampak lebih unggul karena material bodi belakangnya sudah dilapisi dengan Gorilla Glass, serta memiliki warna bodi yang lebih bervariasi.

Display

Selanjutnya pada bagian layar, karena ukuran bodinya yang tidak jauh beda maka ukuran layarnya pun juga menjadi sama. Baik OPPO Reno 4 dan Reno 5 ini sama-sama hadir dengan menggunakan layar berukuran 6,43 inch dengan panel AMOLED.

Layar tersebut memiliki resolusi 1080 x 2400 pixel dengan refresh rate 90 Hz. Selain itu, pada bagian pojokan atas terdapat sebuah punch hole atau lubang sebagai rumah dari kamera depannya. DImana untuk ukuran punch hole dari OPPO Reno 4 ini lebih panjang dibandingkan saudaranya tersebut.

Performa

OPPO Reno 5 w box liputantimes.com.jpeg

Pada bagian ini, perbandingan OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5 sudah sangat jelas ya, terlebih OPPO Reno 5 sebagai generasi terbaru pastinya memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan saudaranya tersebut. OPPO Reno 5 datang dengan menggunakan chipset Snapdragon 768G-7nm, yang mana chipset tersebut diklaim memiliki kemampuan untuk kebutuhan gaming lebih mantap.

BACA JUGA  Harga Oppo K3 dan Full Spesifikasi

Sementara untuk OPPO Reno 4 datang dengan menggunakan chipset Snapdragon 765G, memang tidak terlalu buruk karena sebelumnya chipset ini memang banyak digunakan oleh ponsel kelas menengah juga. Kedua ponsel ini juga datang dengan menggunakan prosesor yang sama yakni Octa-core dengan arsitektur 64 bit didalamnya.

Media Penyimpanan

Untuk bagian media penyimpanan pihak Oppo sepertinya tidak memberikan peningkatan untuk seri terbarunya, dimana baik OPPO Reno 4 dan Reno 5 ini sama-sama datang dengan menggunakan RAM berukuran 8 GB dan memiliki media internal 128 GB.

Sayangnya, anda harus benar-benar jeli dalam mengatur penyimpanan pada smartphone ini, karena keduanya tidak dibekali dengan slot microSD untuk memperbesar kapasitas penyimpanannya. Sayang banget ya?

Kamera

Perbandingan OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5 selanjutnya ini juga terjadi pada sektor kamera, dimana masing-masing ponsel ini memilik kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita awali dari OPPO Reno 4, smartphone ini datang dengan menggunakan 3 kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48 MP + 8 MP + 2 MP.

Kamera tersebut dibekali dengan sensor yang cukup lengkap yakni Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus, hingga laser Autofocus untuk memudahkan pengguna dalam mengambil gambar nanti.

Lalu Untuk Oppo Reno 5 ini datang dengan kemampuan kamera yang lebih baik, dimana pada bagian bodi belakang smartphone ini memiliki 4 kamera yang terdiri dari lensa utama 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.  Fitur yang ada didalamnya tak jauh beda dengan Reno 4, hanya saja minus absenya fitur Laser Auto focus didalamnya.

Sementara pada bagian kamera depannya, Oppo Reno 4 datang dengan menggunakan pengaturan dual kamera 32 MP (f/2.4) + 2 MP (f/2.4). Lalu untuk Reno 5 datang dengan kamera tunggal yakni 32 MP.

Baterai

Sebagai produk baru, maka tidak heran jika kapasitas baterai dari Oppo Reno 5 ini mengalami peningkatan dibandingkan pendahulunya. Dimana smartphone ini datang dengan menggunakan baterai berukuran 4.300 mAh dengan jenis baterai Lithium Polymer.

Sementara Reno 4 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil yakni berukuran 4.020 mAh dengan jenis baterai Li-ion. Kedua hp Oppo ini juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging dari VOOC , v2.0 65W untuk mempercepat pengisian daya baterainya.

BACA JUGA  5 HP Vivo yang Lagi Diskon Akhir Tahun Hingga Rp 1 Juta

Kesimpulan

Dari ulasan diatas maka bisa ditarik kesimpulan jika kedua smartphone ini sebenarnya perbedaannya tidak cukup jauh, yakni pada kemampuan kamera, dapur pacu, serta kapasitas baterai yang dimiliki. Jadi bagi anda yang memiliki budget lebih bisa memilih Reno 5, namun jika budget anda terbatas maka Oppo Reno 4 pun juga tidak ada masalah.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang perbandingan OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda semua. Bagaimana, apakah sudah mantap untuk melakukan upgrade atau mungkin masih ingin berlama-lama dengan Reno 4 yang sekarang?