main hp saat hujan

Main HP Saat Hujan Deras Berbahaya?

Mungkin sudah banyak yang tahu atau bahkan mengalaminya, di mana ketika turun hujan dan anda sedang main hp pasti akan dimarahi karena dianggap berbahaya. Salah satu alasan larangan penggunaan handphone saat hujan, adalah menghindari potensi tersambar petir.

Saran tersebut telah beredar cukup lama, dan sebagian besar dari kita mungkin sering mendengar tentang anjuran tersebut. Pertanyaannya, apakah benar bahwa menggunakan handphone saat hujan dapat meningkatkan risiko tersambar petir?

Nah untuk mengetahui jawabannya, mari kita eksplorasi penjelasan terperinci mengenai asumsi bahwa petir dapat menyambar Hp seperti yang banyak orang percayai selama ini.

Main Hp Saat Hujan Maka Tersambar Petir Adalah Mitos

Banyak orang yang percaya dan menganggap bahwa bermain handphone atau menggunakan ponsel saat hujan dapat menyebabkan tersambar petir, sayangnya kepercayaan itu ternyata hanyalah merupakan mitos.

Mitos ini mungkin muncul karena handphone sering dihubungkan dengan telepon rumah konvensional yang menggunakan kabel. Pasalnya penggunaan telepon rumah selama badai petir memang tidak aman karena terhubung dengan kabel yang bisa diikuti oleh petir, menyebabkan risiko cedera bagi pengguna.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk ponsel. Menurut Jhon Jensenius, seorang ahli keselamatan petir di National Weather Service, anggapan bahwa petir bisa menyambar ponsel hanyalah kesalahpahaman yang dibiarkan dan menjadi sebuah kepercayaan masyarakat umum hingga kini.

Jensenius menjelaskan bahwa jika seseorang terkena petir sambil membawa ponsel, ponsel tersebut mungkin mengalami kerusakan seperti meleleh atau terbakar. Namun, menjadikan ponsel sebagai penyebab sambaran petir adalah kesimpulan yang keliru.

Lebih penting lagi, daripada fokus pada penggunaan ponsel saat hujan, Jensenius menekankan bahwa lokasi atau tempat di mana pengguna berada memiliki potensi yang lebih besar dalam meningkatkan risiko tersambar petir.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko tersambar petir, yang terpenting adalah berada di tempat yang aman, tanpa memperhatikan apakah sedang menggunakan ponsel atau tidak.

BACA JUGA  Smartphone Layar Lipat Oppo Find N Dirilis, Harganya?

Menurut laman AMTA (Australian Mobile Technology Association), handphone adalah sebah benda elektronik dengan daya rendah dan tidak memiliki karakteristik cukup untuk menarik sambaran petir.

Banyak orang berspekulasi jika penggunaan handphone di luar ruangan dapat meningkatkan risiko karena petir tertarik pada logam, faktanya jumlah logam yang ada di dalam hp ini tidak cukup signifikan untuk meningkatkan risiko tersambar petir itu.

Petir memiliki potensi lebih besar untuk menyambar seseorang tergantung pada lokasi pengguna berada saat itu, seperti daerah terbuka, area dengan tanah yang tinggi, lokasi dekat air, menara seluler, bangunan logam besar, atau di sekitar pohon.

Oleh karena itu, yang benar faktor lokasi menjadi lebih penting untuk memperhatikan keselamatan dari sambaran petir ketika turun hujan daripada faktor pemakaian hp tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas menggunakan handphone saat hujan petir tidak dapat dianggap sebagai kegiatan yang berbahaya.

bahaya main hp saat hujan

Main HP Saat hujan petir berbahaya ?

Tidak bermain handphone saat hujan petir merupakan tindakan pencegahan yang bijaksana. Meskipun, berdasarkan penjelasan sebelumnya, aktivitas menggunakan handphone saat hujan petir tidak dianggap berbahaya karena handphone merupakan perangkat dengan daya rendah dan tidak memiliki karakteristik yang cukup untuk menarik sambaran petir.

Yang perlu dicatat dengan sangat penting adalah, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi dalam menjaga keselamatan diri, pengguna harus berada di lokasi yang aman dari potensi risiko sambaran petir.

Asumsi bahwa petir bisa menyambar handphone merupakan kesalahan informasi. Menurut Mary Ann Cooper, seorang profesor di Departemen Kedokteran Darurat dan Bioengineering Universitas Illinois, tidak ada bahaya petir yang terkait dengan handphone.

Cooper menegaskan bahwa laporan cedera akibat petir pada pengguna handphone sebenarnya mencerminkan kurangnya kewaspadaan terhadap kondisi cuaca, dan tidak ada hubungannya dengan handphone itu sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa risiko cedera akibat petir lebih tinggi pada penggunaan telepon rumah konvensional dengan kabel, bukan handphone. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa aktivitas menggunakan handphone saat ada petir tidak secara langsung membahayakan.

BACA JUGA  Cara Dapakan Saldo DANA gratis 2023

Bolehkan Main HP Saat Terjadi Petir ?

Dari penjelasan diatas pasti muncul pertanyaan penegasan yakni, bolehkah kita main HP saat petir? Tentu, namun, penting bagi pengguna untuk mempertimbangkan situasi sekitarnya dengan cermat. Agar terhindar dari risiko sambaran petir, beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan:

Ketika hujan badai melanda, sebaiknya pengguna tetap berada di dalam ruangan yang aman dan tertutup.

Pastikan untuk menjauhi perangkat elektronik yang terhubung dengan sumber listrik. Saat di luar ruangan, sebaiknya hindari tempat yang berisiko tinggi terkena sambaran petir, seperti daerah dengan tanah yang tinggi, lokasi di dekat pohon, dan area sekitar menara logam besar, seperti menara seluler.

Cukup sekian dulu ulasan dari kami main hp saat hujan deras, semoga penjelasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.